Home Perencanaan Ini Cara Untuk Bisa Mencari Keywords Untuk Kebutuhan Blog 

Ini Cara Untuk Bisa Mencari Keywords Untuk Kebutuhan Blog 

by Mas Abadi

Melakukan riset kata kunci atau keyword adalah langkah yang sangat penting untuk dilakukan sebelum kamu menulis artikel pada blog maupun website. Riset keyword ini sangat berfungsi guna menentukan keyword apa yang cocok untuk dipakai pada blog maupun website mu. 

Memilih kata kunci dengan tepat ini penting sebab mempunyai pengaruh dalam performa blog maupun website mu pada hasil pencarian. Semua penulis blog atau website wajib mengetahui apa yang banyak dicari oleh orang pada mesin pencari supaya dapat menemukan keyword yang tepat untuk blog maupun websitenya.

Berikutnya, anggaplah kamu telah mendapatkan keyword populer yang berhubungan dengan blog. Kamu pun perlu mengetahui persaingan dari keyword tersebut, berapa tinggi kesulitannya guna berada pada urutan pertama di mesin pencarian Google. Artikel yang bagaimana yang dapat menduduki halaman pertama pada mesin pencari. 

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara untuk bisa mencari keyword untuk kebutuhan blog.

Tips Mendapatkan Keyword untuk Blog 

Biasanya ada empat komponen penting yang perlu kamu perhatikan saat melakukan research keyword yaitu volume pencarian, tingkat kesulitan, saran kata kunci dan search engine result page. 

Volume pencarian 

Volume pencarian atau search volume kata kunci merupakan seberapa banyak kata kunci tersebut dicari di mesin pencari Google dalam jangka waktu tertentu. Pada umum ya tools kata kunci akan memperlihatkan banyak pencarian kata kunci pada satu bulan terakhir.

Misalnya, volume pencarian sebuah keyword memperlihatkan angka 10.000. Yang berarti kata kunci tersebut telah dicari 10.000 kali di Google dengan waktu selama satu bulan.

Tingkat kesulitan keyword 

Tingkat kesulitan kata kunci ini tentunya memperlihatkan tingkat kesulitan dari sebuah keyword guna berada pada halaman pertama di mesin pencari. Biasanya keyword tool memakai skala 0 sampai 100. Perlu kamu ketahui, semakin besar angkanya, maka semakin sulit keyword tersebut untuk mendapatkan posisi pertama di mesin pencarian.

Umumnya tingkat kesulitan keyword pun memperlihatkan sebanyak apa backlink yang diperlukan supaya sebuah artikel dapat berada pada halaman pertama di mesin pencari. Semakin besar keyword difficulty, maka semakin banyak pula backlink yang diperlukan. Sehingga hal ini bisa menyulitkan kamu menjalani praktek untuk link building.

Saran kata kunci 

Saran kata kunci merupakan hal yang berhubungan dengan kata kunci yang ingin kamu cari. Contohnya, kamu ingin memeriksa kata kunci untuk “resep kue” Keyword tool akan memberikanmu saran keyword seperti “tips membuat kue”, “cara membuat kue sederhana” maupun “cara membuat kue yang mudah”. 

Biasanya, layanan dari keyword tools akan memberikanmu saran long tail keyword yang merupakan kata kunci dengan kandungan setidaknya tiga kata maupun lebih seperti yang telah disebutkan di atas.

Lewat fitur keyword yang satu ini, kamu dapat menemukan sangat banyak long tail keyword yang pas untuk kamu gunakan pada blog maupun website mu. Memakai long tail keyword ini dianjurkan supaya bisa menarik jauh lebih banyak pengunjung sebab 70% pencarian yang ada di Google terdiri atas long tail keyword.

Search engine result page 

Search engine result page atau SERP ini memperlihatkan laman-laman yang ada di peringkat teratas pada hasil pencarian keyword yang kamu riset. Fungsinya yaitu untuk melihat seperti apa kualitas dari laman yang dapat menduduki peringkat paling atas di mesin pencari Google. 

Rekomendasi Tools Riset Keyword 

Terdapat sejumlah tools yang dapat membantu kamu untuk meriset keyword. Sejumlah diantaranya ada yang gratis maupun berbayar, berikut tus keyword yang bisa kamu gunakan: 

1. Google related search 

Tools dari Google yang satu ini menawarkan cara mencari keyword untuk blog dan website. Setiap saat melakukan pencarian menggunakan Google, hasil yang ditampilkan bukan hanya mencakup artikel beserta kata kuncinya saja. Google pun memberikan saran long tail keyword yang berhubungan dengan keyword yang sedang dicari dengan cara real time. 

2. Keyword shitter 

Keyword tool ini bisa kamu gunakan secara gratis. Cara untuk meriset kata kunci memakai tools yang satu ini sangat sederhana. Kamu hanya harus mengetik kata kunci yang kamu inginkan dan Keyword Shitter akan menunjukkan beberapa saran long tail keyword bagi kata kunci tersebut. 

3. KWFinder 

KWFinder merupakan tools untuk mencari kata kunci yang bisa kamu gunakan, tetapi berbayar. Kamu bisa mendapatkan kata kunci yang lebih akurat jika kamu menggunakan paket berbayar. Namun, tentunya tools yang satu ini bisa lebih memudahkan mu. 

Nah, itu dia sejumlah cara untuk bisa mencari keyword untuk kebutuhan blog maupun website mu. Semoga ulasan di atas dapat membantu kamu yang ingin mencari keyword untuk blog dengan cara yang cepat dan mudah. 

 

You may also like