Home Pinjaman Ini Cara Pinjam Modal Usaha Tanpa ada Jaminan

Ini Cara Pinjam Modal Usaha Tanpa ada Jaminan

by Mas Abadi

Setelah berakhirnya pandemi sedikit demi sedikit dampak yang dirasakan oleh masyarakat itu bukan angka kematian dan kesehatan yang menurun, ada banyak sektor yang ikut terpengaruh akibat adanya pandemi. Sektor ini adalah ekonomi, masyarakat mengalami banyak kesulitan ekonomi, mulai dari para pekerja yang memiliki gaji tetap banyak yang di PHK dan para pengusaha yang mengalami kerugian hingga bangkrut. 

Para pengusaha ini setelah mengalami penurunan hasil, mereka membutuhkan dana untuk modal usaha. Karena itu banyak masyarakat yang membutuhkan pinjaman modal, tetapi sudah tidak ingin melakukan persyaratan yang ribet. Masyarakat mulai merasakan lelahnya dampak yang diakibatkan oleh pandemi, jadi sudah tidak mau lagi dihadapi dengan permasalahan menyulitkan mereka untuk mendapatkan modal untuk usaha. 

Salah satu yang meringankan para pengusaha dalam mengajukan pinjaman modal yaitu jika ada pinjaman uang modal yang tidak memerlukan jaminan dalam persyaratannya. Karena jaminan akan sangat memberatkan sebagian orang di awal kesepakatan. Kamu harus mengetahui cara pinjam modal usaha tanpa ada jaminan, dengan begitu proses meminjam uang untuk modal usaha yang kamu jalani lebih mudah lagi. Ini dia cara pinjam modal usaha tanpa ada jaminan, yuk simak dengan baik. 

Pinjam Pada Kerabat Dekat

Jika modal usaha kamu masih membutuhkan banyak lagi dana, kamu bisa memilih untuk meminjam uang. Kerabat dekat adalah salah satu yang harus pertama coba untuk meminjam uang. Karena jika pada kerabat, kamu bisa melakukan proses peminjaman uang secara kekeluargaan. Yaitu kamu bisa meminta untuk tidak diharuskan menggunakan jaminan. Selain akan lebih mudah dibicarakan, kerabat dekat pasti akan mengerti tentang bagaimana kondisi kamu saat ini sehingga harus meminjam uang untuk modal usaha dan tidak memiliki jaminan untuk pinjam uang. 

Pastikan jika kerabat yang kamu pinjami uangnya yaitu anggota keluarga yang memang memiliki uang lebih untuk kamu pinjami, jangan sampai ada kerabat yang malah menjadi meminjamkan uang pada kamu padahal juga dia tidak memiliki simpanan. Selain itu, meskipun ini adalah pinjam pada keluarga dekat, tetap saja kamu harus bisa mengembalikan uangnya sesegera mungkin. 

Pinjam Pada Sahabat Atau Teman Dekat

Saat kamu mulai membutuhkan uang dengan cepat untuk mendapatkan modal usaha, maka saat itulah kami tidak boleh lagi merasa malu untuk meminjam uang pada siapapun. Terkecuali pada sahabat atau teman dekat. Tetapi sekarang malah banyak kasus yang membuat hubungan teman dan persahabatan malah jadi renggang karena masalah uang. Cara untuk mengatasinya yaitu pastikan saja bahwa kamu serius untuk mengembalikan uang itu. Jangan lepas dari tanggung jawab begitu saja. 

Meskipun kamu merasa sangat dekat dengan teman atau sahabat yang meminjamkan uang, kamu harus bisa menjaga kepercayaan yang diberikan. Selalu berpikir bahwa teman kamu juga butuh uang, maka sesegera balikan uang nya jika sudah ada. Jangan sampai malah kamu kabur tanpa ada tanggungjawab sama sekali. Itu malah justru akan membuat hubungan antara pertemanan dan persahabatan malah menjadi musuh. 

Menggunakan Kredit Usaha Rakyat atau KUR

Kredit usaha rakyat merupakan program yang akan membantu masyarakat yang membutuhkan modal usaha yang  memiliki usaha di bidang kehutanan, perindustrian, pertanian, kelautan dan perikanan. Maka jika kamu adalah salah satu pengusaha yang menekuni bidang ini, kamu bisa mengajukan modal pinjaman pada pihak yang menyediakan kredit usaha rakyat atau KUR ini. 

Program kredit usaha rakyat ini merupakan program yang di inisiatif kan langsung oleh pemerintah melalui berbagai pihak sesuai dengan ketentuan pemerintah. Ada beberapa bank dan para penyedia koperasi simpan pinjam ataupun lembaga resmi yang menyediakan dana kredit usaha rakyat untuk dapat memenuhi kebutuhan rakyat. Nah karena ini merupakan program pemerintah maka kamu tidak perlu lagi harus menggunakan jaminan. 

Menggunakan Pay Later dalam aplikasi E-commerce

Saat ini pengembangan teknologi yang semakin pesat membuat semua urusan menjadi lebih mudah. Salah satu yang dimudahkan adalah melakukan pinjaman. Pada cara ini, kamu bisa memilih pinjaman pada pihak yang menyediakan Pay Later. Biasanya Pay Later ini ada di dalam beberapa e-commerce. Selain tidak perlu menggunakan jaminan saat meminjam uang, pengajuan pinjaman juga hanya bisa dilakukan dengan online sehingga tidak membuat kamu ribet. 

Kelebihan lainnya dari meminjam pada Paylater yaitu bahwa pencairannya lebih cepat dan mudah, sehingga banyak sekali masyarakat yang meminjam uang dari limit Pay Later yang ditawarkan. Masyarakat banyak beragam kebutuhan nya, maka jika tidak ada salahnya kamu memakai pinjaman untuk modal usaha yang nantinya akan balik modal, bukan untuk keperluan yang konsumtif. 

Sebenarnya banyak saja cara untuk mendapatkan pinjaman dengan mudah dan tidak memerlukan jaminan, apalagi saat teknologi semakin pesat ini. Financial Technology saat ini sudah banyak mengalami peningkatan, bahkan beberapa pinjaman saat ini bukan hanya tidak memerlukan jaminan, ada juga pinjaman yang hanya memerlukan satu data saja yaitu KTP. Belum meminjam pada keluarga dan teman pasti akan lebih mudah lagi. Tetapi selalu ingat bahwa semua manusia saat ini membutuhkan uang, jadi jika uangnya sudah ada bisa kamu kembalikan sesegera mungkin. 

You may also like