Home Karier Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Punya Skill Public Speaking

Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Punya Skill Public Speaking

by Mas Abadi

Buat sebagian kamu, berbicara di depan orang banyak bisa menjadi suatu hal yang amat menakutkan. Tidak mengherankan, karena menurut riset dan survei tentang hal-hal menakutkan, 75% responden menjawab bahwa hal yang paling ditakuti adalah berbicara di depan orang banyak atau public speaking.

Apa Itu Public Speaking

Public speaking atau berbicara di depan umum, adalah suatu kegiatan atau aktivitas berbicara di depan banyak orang secara langsung untuk menyampaikan sebuah informasi, membujuk ataupun menghibur audiens. 

Manfaat Menguasai Skill Public Speaking

Ada banyak hal yang harus kamu persiapkan agar materi yang kamu bawakan di depan orang menarik untuk disimak. Memilih topik dan kosa kata yang baik, menulis catatan kecil untuk membantu kamu pada poin-poin penting, atau pun menjawab dengan baik setiap pertanyaan yang diajukan oleh audiens adalah beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan ketika berbicara di depan umum.

Berikut beberapa alasan kenapa kamu harus menguasai skill public speaking:

1. Bikin Kamu Lebih Pede

Berbicara di depan orang banyak, akan membantumu meningkatkan rasa percaya diri kamu. Kamu akan lebih pede ketika diminta untuk melakukan hal apapun karena kamu sudah terbiasa melatih skill kamu dalam berbicara di depan umum.

Ambil waktu sejenak untuk melatih skill public speaking kamu di depan cermin, dengan berlatih didepan cermin kamu bisa mengamati gesture badan kamu, mimik ekspresi wajah ataupun posisi yang baik ketika berbicara di depan umum.

2. Kamu Jadi Orang yang Supel

Menguasai skill public speaking, secara tidak langsung akan menjadikan kamu menjadi orang yang mudah untuk bergaul dengan banyak orang di sekitar kamu. Karena skill public speaking, kamu jadi pandai dalam memilih topik yang menarik untuk memulai pembicaraan sehingga orang-orang tidak pernah bosan ketika berbicara dengan kamu.

Kamu yang berkepribadian introvert, skill public speaking akan membuat kamu menjadi lebih aktif dan lebih mudah terbuka untuk bergaul dan bersosialisasi dengan banyak orang.

3. Membangun Leadership Skill

Pandai dalam public speaking juga akan membuat kamu menjadi seorang pemimpin. Menjadi seorang pemimpin atau leader dibutuhkan tanggung jawab besar, sebab seorang pemimpin yang baik harus bisa untuk memimpin tim atau anggotanya. Salah satu soft skill paling penting yang dibutuhkan untuk menjadi seorang pemimpin adalah skill public speaking.

Skill public speaking sangat dibutuhkan sebagai seorang pemimpin. Kamu akan banyak diminta untuk berbicara didepan umum, dalam memimpin sebuah rapat atau sekedar mempresentasikan sesuatu. Juga dalam memberi arahan kepada tim atau rekan kerja, kemampuan untuk berbicara di depan umum sangat dibutuhkan agar kamu dapat menyampaikan informasi dengan baik dan jelas yang bisa dimengerti oleh tim kamu.

4. Menjamin Kesuksesan Karir

Skill public speaking termasuk dalam salah satu soft skill yang sangat penting untuk dikuasai sedari dini. Di masa sekarang, dimana persaingan antar individu dalam dunia kerja begitu ketat, menguasai skill public speaking akan menambahkan nilai plus pada resume kamu. 

Apalagi dalam dunia kerja, dimana skill berbicara di depan umum sangat dibutuhkan. Melakukan presentasi di depan para atasan dan rekan kerja, menyuarakan ide dan pendapat kamu yang bisa membantu perusahaan menjadi lebih baik, semuanya dibutuhkan skill public speaking. 

5. Membuat Kamu Lebih Kreatif Dan Cerdas

Semakin sering kamu berbicara di depan orang banyak, akan membuat kamu secara tidak langsung harus mengupdate diri kamu dengan berbagai situasi dan keadaan.

Skill public speaking akan membuat kamu terlihat cerdas, karena kamu memperkaya diri kamu dengan materi dan kosa kata ketika berbicara, kamu harus update dengan informasi terkini, entah itu ekonomi , teknologi maupun olahraga dan entertainment.

Bukan hanya itu saja, selain update dengan informasi terkini, kamu juga akan belajar bagaimana membawakan topik-topik tersebut secara kreatif ke dalam materi public speaking kamu nanti. bagaimana membuat orang bisa menangkap maksud pembicaraan kamu dengan jelas tanpa menimbulkan perbedaan persepsi membuat kamu terlatih berpikir kreatif dan kritis.

6. Menjadikan Kamu Lebih Persuasif

Skill public speaking atau berbicara di depan orang banyak juga akan membuat kamu menjadi orang yang persuasif. Skill ini akan sangat berguna ketika kamu sedang mempresentasikan kepada klien proyek kamu, atau kamu sedang memasarkan suatu produk kepada pelanggan kamu, kemampuan public speaking akan membuat kamu mudah untuk mempengaruhi orang lain. 

Kamu bisa memilih kosa kata yang tepat untuk mempengaruhi audiens kamu, bukan hanya mempengaruhi mereka tetapi juga terhadap keputusan mereka yang dapat menguntungkan kamu.

Demikianlah beberapa alasan kenapa kamu harus mulai menguasai skill public speaking sejak dini. Teruslah melatih skill public speaking kamu karena itu akan menjadi modal yang sangat bermanfaat untuk kehidupan kamu di masa depan.

 

You may also like