Home Bisnis Ingin Tahu Cara Daftar dan Berjualan di Tokopedia? Cek Di Sini!

Ingin Tahu Cara Daftar dan Berjualan di Tokopedia? Cek Di Sini!

by Mas Abadi
https://edufinansial.com/?p=1626&preview=true

Menjadi seorang wirausaha di era yang serba digital seperti saat ini, bukanlah hal yang cukup sulit. Anda tidak perlu lagi menyewa bangunan untuk membuka toko karena sudah terdapat platform digital yang dapat dimanfaatkan berjualan online, salah satunya Tokopedia. Lantas bagaimana cara jualan di Tokopedia? Daripada penasaran, yuk intip info lengkapnya berikut ini!

Panduan Mendaftar Menjadi Seller Di Tokopedia

1. Mendaftar Akun

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis online dengan memanfaatkan layanan e commerce ini, maka dituntut untuk mendaftar terlebih dahulu. Hal ini menjadi persyaratan utama untuk membuka akun Tokopedia. Siakan saja email dan nomor ponsel yang masih digunakan. Setelah menyiapkan persyaratan yang dibutuhkan, maka lanjutkan ke langkah berikutnya.
Sebelum membuka toko di platform e commerce yang satu ini, Anda harus memiliki akun pembeli terlebih dahulu. Langkah pertama yaitu mengunduh aplikasi Tokopedia Melalui Google Play Store atau App Store. Setelah itu, tekan tombol Gabung Sekarang yang ada di halaman utama dan klik Daftar untuk melanjutkan pembuatan akun pembeli.

2. Verifikasi

Langkah berikutnya yaitu masukkan email atau nomor ponsel yang ingin Anda gunakan untuk mendaftar akun tersebut. Jika sudah, maka Anda akan dikirimkan kode verifikasi atau OTP ke email atau nomor ponsel yang Anda input sebelumnya. Masukkan kode tersebut untuk mengaktifkan akun yang di platform Tokopedia.

3. Input Data Diri

Cara daftar Tokopedia selanjutnya, tuliskan nama lengkap sesuai dengan identitas di KTP agar memudahkan untuk penarikan saldo ke rekening pribadi. Setelah itu, klik tombol lanjut dan secara otomatis akun yang dibuat sudah jadi. Jika Anda ingin membuka toko di platform yang satu ini, maka Anda bisa membuka aplikasi dan memilih menu Buka Toko pada kolom pencarian.

4. Buat Toko

Langkah berikutnya yang wajib Anda lakukan untuk membuka akun Tokopedia seller yaitu dengan menekan tombol Buka Toko Gratis. Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke halaman buka toko dan mengisikan beberapa data. Dalam hal ini, Anda perlu menuliskan nama toko yang ingin digunakan. Pastikan untuk menyiapkan nama toko karena nama ini tidak dapat diubah.

5. Mengisi Survei Singkat

Jika sudah menentukan nama toko yang akan digunakan, isilah survery singkat pada platform Tokopedia agar bisa memberikan pengalaman terbaik. Survei ini akan menanyakan kepada Anda apakah sudah pernah berjualan tahu belum. Input yang Anda berikan pada survei ini berguna agar platform dapat memberikan dukungan yang optimal.

6. Masukkan Alamat

Masukkan alamat toko yang lengkap dan benar sesuai dengan fakta. Alamat ini penting diperhatikan, sebab akan digunakan oleh kurir untuk mengambil barang dari toko Anda. Jangan lupa lengkapi nama jalan, nomor bangunan, nomor RW dan RT, kecamatan, sampai dengan keterangan kode pos. Jika sudah, tekan tombol simpan. Secara otomatis, toko yang Anda buat sudah jadi.

Baca Juga Artikel Berikut : Yuk Intip Daftar Franchise Kopi Susu Kekinian Beserta Harga Kemitraannya

Tips Jitu Memulai Berjualan di Platform E Commerce Tokopedia

https://edufinansial.com/?p=1626&preview=true

Keberadaan platform e commerce seperti Tokopedia memudahkan banyak penjual untuk menawarkan berbagai macam produk. Agar sukses dalam berjualan, maka ada beberapa tips yang dapat Anda terapkan. Salah satunya yaitu dengan menambahkan produk melalui pengaturan toko atau halaman depan.

Jangan lupa upload foto produk dengan kualitas terbaik dari berbagai sisi agar lebih menarik. Tentukan harga bersaing atau tidak terlalu jauh dari harga pasaran yang ada, sehingga dapat bersaing dengan Tokopedia seller lainnya. Selanjutnya, lengkapi jumlah stok varian, dan deskripsi produk agar pembeli mengetahui produk apa yang Anda jual.
Sebagai saran, ada baiknya jika Anda mengkategorikan produk dan memilih etalase agar mudah ditemukan oleh para pembeli. Setelah melengkapi informasi mengenai produk yang akan Anda jual. Anda perlu menekan tombol simpan untuk upload. Sementara itu, jika menambahkan produk terbaru, maka Anda perlu mengklik Simpan & Tambah Baru.

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu dengan promosi produk agar menarik banyak pengunjung toko. Anda bisa memulainya dengan menggunakan promosi murah dan mudah melalui media sosial. Cukup dengan share produk dan ulasan dari pembeli ke sosmed, maka Anda sudah melakukan proses promosi secara cepat dan mudah.
Strategi lainnya yang dapat Anda terapkan dalam promosi yaitu dengan membuat promosi unik. Gunakan promo yang unik dan menarik seperti harga spesial pembelian paket produk, promo cashback, sampai dengan beli 1 gratis 1. Cara ini cukup ampuh untuk menarik perhatian calon pelanggan yang ingin membeli produk Anda.

Selain memperhatikan promo menarik dan lain sebagainya, penting juga untuk menjaga performa toko. Kejar minat pembeli dengan rajin membalas pesan yang diajukan para pembeli. Sebab, membalas pesan melebihi 7 jam akan mengurangi penilaian performa toko Anda. Untuk itu, tingkatkan reputasi toko dengan mengetahui cara jualan di Tokopedia yang tepat.

 

You may also like