Home Karier Ingin Sukses Meski di Desa? Inilah 7 Usaha di Desa untuk Pemula yang Menguntungkan

Ingin Sukses Meski di Desa? Inilah 7 Usaha di Desa untuk Pemula yang Menguntungkan

by Mas Abadi
usaha di desa yang menguntungkan

Sebagian besar orang berpendapat bahwa  di kota besar lebih mudah untuk sukses berbisnis. Ternyata, pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar. Itu karena kita belum mencoba beberapa peluang usaha yang bisa dikembangkan di wilayah pedesaan.

Apalagi di era yang serba digital ini, banyak sekali peluang usaha yang dapat dikembangkan di wilayah pedesaan. Satu yang pasti, jika kita kerja keras dan ulet dalam menggeluti usaha tersebut dapat dipastikan usaha tersebut akan sukses.

Penasaran apa saja peluang usaha di desa untuk pemula yang bisa dikembangkan hingga menjadi bisnis besar? Yuk, simak penjelasan berikut ini tentang 7 usaha di desa untuk pemula yang dinilai sangat menguntungkan.

Beberapa Alasan Merintis Usaha di Pedesaan Lebih Menguntungkan daripada di Perkotaan

Jika Anda bertempat tinggal di wilayah pedesaan dan masih ragu untuk merintis usaha. Anda perlu mengetahui beberapa alasan merintis usaha di pedesaan dinilai lebih menguntungkan daripada di perkotaan. Adapun alasan tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Tidak banyak saingan karena ide usaha di wilayah pedesaan masih relatif sedikit. Jadi,  kita bisa menyesuaikan ide usaha apa saja sesuai dengan kondisi desa.
  2. Mayoritas penduduk desa membeli kebutuhannya di kota besar. Oleh karena itu, kesempatan membuka usaha lebih besar, Anda tinggal menyesuaikan kebutuhan apa saja yang dibutuhkan penduduk desa tanpa harus membelinya ke kota besar.
  3. Penduduk desa bersifat terbuka dan fleksibel menerima perubahan dan hal baru asalkan tidak meninggalkan tradisi. Oleh karena itu, disarankan bagi Anda yang ingin membuka usaha di desa disesuaikan dengan kondisi desa tersebut.

7 Usaha di Desa untuk Pemula yang Dinilai Mendatangkan Banyak Keuntungan

Salah satu alasan merintis usaha di desa dinilai lebih menguntungkan adalah sedikitnya pesaing usaha. Oleh karenanya, Anda bisa merintis usaha apa saja asalkan sesuai dengan kondisi dan tradisi desa tersebut. Adapun usaha yang cocok untuk pemula dan dinilai menguntungkan dikembangkan di wilayah pedesaan adalah sebagai berikut.

1. Usaha Kedai Makan (Warung Nasi)

Sama halnya dengan di kota besar, usaha kedai makan atau warung nasi juga diminati di wilayah pedesaan. Oleh karena itu, bagi Anda yang bertempat tinggal di wilayah pedesaan, Anda dapat merintis usaha kedai makan yang kekinian dengan menu sesuai dengan selera penduduk desa.

Tentunya, harga makanan yang Anda jual disesuaikan dengan mayoritas pendapatan penduduk desa. Pilihlah lokasi yang strategis untuk membuka usaha kedai makan Anda, seperti: dekat dengan kantor kelurahan supaya penduduk desa tertarik makan di kedai Anda.

2. Usaha Jasa Servis Khusus Alat Elektronik Rumah Tangga

Di era yang serba modern ini, pastinya setiap penduduk desa memiliki alat elektronik di rumahnya, mulai dari TV, rice cooker sampai dengan kulkas. Nah, usaha yang cocok berkaitan dengan alat elektronik tersebut adalah membuka usaha jasa servis khusus alat elektronik rumah tangga.

Hal tersebut karena sebagian besar penduduk desa masih ada yang belum mahir memperbaiki alat elektronik di rumahnya. Jadi, kemungkinan besar jasa servis khusus alat elektronik rumah tangga akan dibutuhkan di wilayah pedesaan.

3. Usaha Minimarket

Di beberapa wilayah pedesaan, penduduknya masih harus ke kota besar untuk memenuhi kebutuhan pokoknya. Nah, kebiasaan tersebut dapat Anda jadikan peluang usaha untuk membuka minimarket yang menjual kebutuhan pokok rumah tangga.

Pastikan, minimarket yang Anda kelola menjual barang-barang kebutuhan pokok yang dibutuhkan oleh penduduk desa, seperti: beras, tepung terigu, sabun, sampo hingga alat tulis. Selain itu, Anda juga bisa menjual oleh-oleh khas daerah tersebut di minimarket Anda.

4. Agen Jual Beli Token Listrik dan Pulsa

Saat ini penggunaan token listrik dan smartphone sudah sampai ke pelosok desa. Namun, penduduk desa jarang yang menggunakan aplikasi untuk beli token listrik dan pulsa. Fenomena tersebut dapat Anda jadikan peluang usaha dengan membuka agen token listrik dan pulsa.

5. Usaha di Bidang Peternakan

Mungkin usaha yang satu ini sudah umum dikembangkan di wilayah pedesaan, namun jika Anda menekuni usaha peternakan, maka keuntungan yang Anda dapatkan besar. Sebagai pemula, Anda dapat memulai usaha peternakan dengan beternak ayam.

Bisa dikatakan, usaha ternak ayam ini cukup menjanjikan. Itu karena harga telur ayam semakin hari semakin naik. Memang mengembangkan usaha peternakan membutuhkan kesabaran, namun jika Anda menekuninya dengan giat, usaha peternakan yang Anda rintis akan semakin besar.

6. Usaha Jasa Print dan Fotokopi

Satu lagi usaha di desa untuk pemula yang mudah dilakukan, yaitu usaha jasa print dan fotokopi. Tentunya, usaha yang bergerak dibidang penyalinan dokumen, tulisan dan buku ini dibutuhkan oleh para akademisi dan staf kantor yang ada di wilayah pedesaan.

Kabarnya, usaha printer dan fotokopi ini tidak terlalu besar. Apalagi jika rumah Anda dekat dengan sekolah, tentunya selain menyediakan jasa printer dan fotokopi, Anda juga dapat menjual alat tulis.

7. Usaha Sewa Tenda dan Sound System untuk Acara Khusus

Bukan rahasia lagi, di wilayah pedesaan sering mengadakan hajatan mulai dari hajatan pernikahan sampai dengan khitanan. Tradisi tersebut dapat Anda jadikan peluang usaha yaitu usaha sewa tenda dan sound system untuk acara hajatan.

Kabarnya, usaha tersebut membutuhkan modal antara 50 – 60 juta rupiah. Tentunya, sebagai pemula modal sebesar itu bukanlah sedikit. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena usaha ini bisa cepat balik modal jika Anda rajin promosi ke penduduk desa.

Bagaimana menurut pendapat Anda tentang 7 peluang usaha di desa tersebut? Pastikan Anda memilih usaha yang cocok dengan hobi dan bakat supaya Anda bisa giat dan tekun mengembangkan usaha tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat untuk mengembangkan bisnis usaha Anda. 

You may also like