Home Pinjaman Ingin Mengajukan Pinjaman di Bank Syariah Indonesia? Cek Dulu Persyaratannya

Ingin Mengajukan Pinjaman di Bank Syariah Indonesia? Cek Dulu Persyaratannya

by Mas Abadi
pinjaman bank syariah

Saat ini, bagi masyarakat yang ingin mengajukan pinjaman memang tidaklah sulit. Karena seluruh bank yang ada di Indonesia telah menyediakan jenis-jenis pinjaman yang bisa dipilih. Tidak hanya bank konvensional, Bank Syariah Indonesia pun menawarkan produk pinjaman dengan sistem yang sesuai dengan syariat Islam. Jika Anda ingin mengajukan pinjaman di BSI, cek dulu produk dan syaratnya berikut ini. 

Jenis Produk Pinjaman BSI 

BSI sebagai salah satu bank syariah yang ada di Indonesia pun mempunyai beberapa produk pinjaman yang dapat dipilih masyarakat. Berikut ini adalah jenis pinjaman yang ditawarkan BSI: 

  1. KUR Kecil 

Pinjaman pertama adalah KUR Kecil yang cocok bagi bagi pelaku UMKM. Jika Anda memang ingin mengembangkan usaha dan membutuhkan dana pinjaman, maka bisa mengajukan KUR Kecil. Debitur bisa mendapatkan pinjaman dana mulai dari 50 juta rupiah hingga 500 juta rupiah. Syarat pengajuan sangatlah mudah dan masa tenor pun terbilang panjang. 

  1. KUR Mikro 

Untuk KUR kecil biasanya memang diperuntukan untuk pelaku usaha UMKM memiliki skala besar. Sedangkan bagi Anda yang masih menjalankan UMKM kecil, dapat mengajukan KUR Mikro ini. Total pinjaman dana yang bisa diberikan dimulai dari 10 juta rupiah hingga 50 juta rupiah. Kelebihan dari pinjaman ini adalah angsurannya terbilang ringan dan juga cepat cair. 

  1. KUR Super Mikro 

Sedangkan untuk pinjaman yang satu ini, cocok sekali bagi Anda yang menjalankan UMKM lebih kecil. Maksimal pinjaman dana yang akan diberikan adalah 10 juta rupiah saja. Mungkin jenis pinjaman ini cocok bagi Anda yang ingin membuka warung kelontong atau warung makan kecil-kecilan. 

  1. KPR Besejahtera 

Seperti namanya, pinjaman KPR Bersejahtera dari BSI ini diperuntukan bagi Anda yang ingin membeli rumah bersubsidi. Jenis pinjaman ini adalah solusi tepat bagi Anda yang ingin memiliki hunian dengan prinsip syariah. Syaratnya sendiri sangatlah mudah dan cicilan yang harus dibayarkan terbilang rendah. 

  1. KPR Griya Hasanah 

Jenis pinjaman yang satu ini sebenarnya masuk pembiayaan untuk memiliki properti. Tidak hanya pembiayaan rumah baru saja, Anda juga bisa menggunakan layanan ini untuk membeli rumah second, apartemen, ruko dan lain sebagainya. Anda pun bisa mengajukan pinjaman untuk pembangunan rumah atau renovasi. 

Bila Anda sudah meminjam di bank lain untuk keperluan yang sudah disebutkan tadi, Anda bisa juga mengajukan take over atau pengambilalihan pembayaran. Di mana nantinya sisa pembayaran akan menggunakan prinsip syariat Islam. 

  1. KPR Griya Mabrur 

Untuk jenis KPR yang satu ini sendiri memberikan bonus sebesar 25 juta rupiah dalam bentuk dana haji. Anda bisa mengajukan pinjaman KPR dan mendapatkan bonus tersebut bila selama 2 tahun tidak ada keterlambatan pembayaran. Dana yang bisa diberikan bisa mencapai 300 juta rupiah dengan masa tenor hingga 15 tahun. 

  1. KPR Griya Simuda

Sedangkan untuk jenis pinjaman ini adalah kesempatan bagi Anda yang masih berusia muda untuk bisa memiliki hunian. Penawaran plafon yang diberikan dari jenis pinjaman ini mencapai 120%. Masa tenor yang diberikan cukup panjang yaitu 30 tahun dengan cicilan rendah. Jadi, Anda bisa memanfaatkan pinjaman ini untuk memiliki sebuah rumah disaat usia muda. 

Selain jenis yang sudah disebutkan, masih ada beberapa jenis pinjaman lain yang bisa Anda pilih seperti BSI Oto. Jenis pinjaman ini adalah untuk membantu Anda yang membutuhkan kendaraan untuk menjunjang kegiatan sehari-hari. 

Syarat Pengajuan Pinjaman di Bank Syariah Mandiri 

Bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman KUR baik itu Kecil, Mikro dan Super Mikro, berikut ini adalah syaratnya:

  • WNI atau Warga Negara Indonesia. 
  • Minimal telah berusia 21 tahun atau sudah menikah. 
  • Memiliki sebuah usaha, minimal sudah berjalan 6 bulan lamanya. 
  • Sektor usaha yang dijalankan adalah industry pengolahah, jasa dan perdagangan. 
  • Riwayat perkreditan lancar atau tidak pernah ada catatan kredit macet. 

Sedangkan untuk dokumen yang harus disiapkan adalah: 

  • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk baik miliki sendiri dan juga suami/istri. 
  • Fotocopy KK atau Kartu Keluarga. 
  • Apabila sudah menikah harus menyertakan fotocopy Surat Nikah. 
  • Membawa fotocopy SKU atau Surat Keterangan Usaha. 
  • Fotocopy surat yang jadi agunan seperti BPKB atau SHM. 
  • Membawa fotocopy sewa tempat yang digunakan usaha. 
  • Bila mengajukan pembiayaan di atas 50 juta, maka harus menyerahkan fotocopy NPWP. 
  • Membawa bukti pembayaran PBB selama satu tahun terakhir. 
  • Menyerahkan catatan usaha atau belanja barang. 
  • Menyerahkan pas foto suami serta istri dengan ukuran 4×6. 

Sedangkan untuk Anda yang ingin mengajukan pinjaman KPR di BSI, syaratnya tidak terlalu berbeda. Berikut ini adalah syaratnya: 

  • WNI atau Warga Negara Indonesia 
  • Minimal usia adalah 21 tahun dan maksimal 60 tahun saat pengajuan. 
  • Memiliki penghasilan tetap. 
  • Bagi karyawan minimal sudah bekerja 1 tahun, sedangkan untuk pelaku usaha atau professional minimal 2 tahun. 
  • Domisili ada di daerah jangkauan BSI. 
  • Membuka rekening BSI

Demikianlah penjelasan tentang produk pinjaman dari BSI serta syaratnya. Dalam mengajukan pinjaman, Anda harus tahu terlebih dahulu tujuannya. Jangan sampai mengajukan pinjaman, tapi tidak bisa membayar di kemudian hari. 

You may also like