Home Tips Ingin Melunasi Hutang Namun Tidak Punya Uang? Begini Tipsnya

Ingin Melunasi Hutang Namun Tidak Punya Uang? Begini Tipsnya

by Greg Pascal
ingin melunasi hutang namun tidak punya uang

Setiap orang memiliki kondisi keuangan masing – masing. Ada yang berkecukupan, ada juga yang kekurangan. Bahkan, tak jarang kita melihat orang yang ingin melunasi hutang namun tidak punya uang. Jika anda merupakan salah satunya, tenang saja, karena kita ada beberapa tips untuk anda supaya bisa lebih cepat melunasi hutang. 

Kenapa Kita Berhutang?

Hidup di zaman sekarang ini memang sepertinya sulit untuk hidup tanpa hutang. Semuanya serba mahal, sedangkan gaji untuk pekerjaan rata – rata tidak tinggi juga. Jika pun gajinya naik, biasanya juga akan kalah dengan inflasi. 

Setiap orang tentu tidak ingin hidupnya terlilit dengan hutang. Namun, beberapa orang mungkin terpaksa melakukannya karena memang ada kebutuhan darurat yang tidak bisa ditoleransi lagi. Berikut ini adalah beberapa sebab yang membuat kita berhutang 

1. Tidak adanya dana cadangan

Beberapa orang sangat konsumtif dengan pengeluaran hariannya dan tidak bisa mengontrol keinginannya. Hal tersebut membuat mereka lupa untuk menyisihkan dana darurat yang mungkin akan berguna untuk kebutuhan yang lebih penting. Contoh kecilnya adalah uang kita habis duluan untuk makan enak di restoran mahal, padahal kebutuhan untuk bayar listrik bulanan belum dianggarkan 

2. Menunda Pembayaran Kartu Kredit

Kartu kredit memang memberikan kelonggaran waktu kepada nasabahnya untuk melakukan pembayaran. Namun, karena hal tersebut, pemegang kartu kredit seringnya malah menunda pembayaran. Padahal dengan menunda pembayaran tersebut akan membuat pemakaian kita yang seharusnya tidak utang malah menjadi berhutang. 

3. Tingkat Gengsi yang Terlalu Tinggi

Tidak bisa dipungkiri bahwa tingkat gengsi yang terlalu tinggi bisa mengakibatkan kita terlilit banyak hutang. Misalnya saja, ada tetangga mobil baru, lalu karena anda memiliki rasa gengsi yang terlalu tinggi, anda memaksakan diri untuk membeli mobil juga dan menggunakan angsuran untuk membayarnya.  Itu berarti, anda berhutang kepada dealer mobil untuk membayar cicilan tiap bulannya sampai beberapa tahun kedepan. 

6 Cara Melunasi Hutang Dengan Cepat

Sebenarnya boleh saja berhutang, asalkan anda mampu untuk membayar cicilannya.  Dengan adanya pengeluaran yang tinggi dan gaji yang pas – pas an. Bekerja untuk memenuhi kebutuhan pokok dan membayar hutang menjadi sangat melelahkan. 

Sedangkan membayar hutang adalah kewajiban semua orang. Tentu, anda tidak ingin gagal membayar hutang – hutang anda bukan? Berikut ini adalah tips – tips yang bisa anda pakai jika ingin hutang anda cepat lunas. 

1. Buatlah Rekapan Seluruh Hutang yang Anda Miliki

Prioritaskan untuk membayar hutang yang memiliki bunga tinggi. Idealnya, jumlah hutang yang anda miliki tidak lebih dari 30% jumlah pendapatan bulanan anda. Jika lebih dari itu, berarti kondisi keuangan anda sedang tidak sehat. J

ika ada beberapa hutang, prioritaskan hutang dengan jumlah bunga yang paling tinggi, kemudian disusul ke bunga yang lebih rendah supaya penambahan jumlah hutangmu tidak begitu besar di masa depan. 

Selain berdasarkan besaran bunganya, pertimbangkan juga jumlah nominal hutang anda. 

ingin melunasi hutang namun tidak punya uang

Baca Artikel Selanjutnya :

2. Mencari Dana Tambahan dari Aset yang Dimiliki

Perhatikan barang – barang di sekitar anda, apakah ada barang yang sebenarnya tidak terlalu berguna dan masih memiliki nilai jual? Jika ada, anda bisa menjual atau mungkin menginvestasikan barang tersebut dan menganggarkan uangnya untuk membayar hutang. 

Contohnya adalah sebagai berikut 

  1. Jika anda punya lahan kosong, anda bisa menyewakan lahan tersebut 
  2. Menyewakan motor dan mobil 
  3. Menjual barang – barang bekas yang tidak terpakai 

3. Minta Bantuan ke Kerabat Terdekat

Jika anda memilki kerabat dekat, jujurlah kepadanya dan jelaskan masalah anda terkait dengan hutang yang anda miliki. Dengan anda menceritakannya kepada kerabat anda, mungkin mereka bisa membantu anda seperti memberikan pinjaman untuk mengurangi beban hutang anda. 

4. Gunakan Sebagian Tabungan untuk Membayar Hutang

Apabila memang sudah sangat terdesak, anda bisa menggunakan tabungan anda untuk membayar hutang. Namun, jika belum pada kondisi yang sangat terdesak, sebaiknya anda memang tidak usah melakukannya. Untuk itu, gunakan saja sebagian tabungan anda untuk membayar hutang. 

5. Mencari Penghasilan Tambahan

Jika gaji bulanan anda tidak mencukupi untuk membayar hutang, maka anda wajib untuk mencari penghasilan tambahan. Cobalah untuk mencari penghasilan tambahan misalnya bekerja freelance untuk menunjang penghasilan dari pekerjaan full-time anda. 

6. Kurangi Pengeluaran

Poin terakhir adalah langkah wajib yang harus anda lakukan jika ingin hutang anda cepat lunas. Jika selama ini anda menghabiskan lebih dari 70% dari pendapatan bulanan anda, cobalah untuk menguranginya menjadi 40%- 50%  persen saja. 

7. Minta Kenaikan Gaji

Jika anda sudah mencoba melakukan ke enam poin di atas, namun masih tetap kesulitan untuk membayar hutang anda. Anda bisa mencoba untuk meminta kenaikan gaji kepada bos anda. Ceritakan baik – baik apa masalah anda kepada bos anda. Jangan lupa juga untuk beritikad baik untuk memperbaiki performa kerja anda. 

Itulah tips – tips yang bisa anda lakukan jika ingin melunasi utang tapi tidak punya uang. Semoga informasi ini bermanfaat. 

You may also like