Home Investasi Ingin Cuan? Begini Caranya Menabung Emas Di Shopee

Ingin Cuan? Begini Caranya Menabung Emas Di Shopee

by Mas Abadi
nabung emas lewat shopee

Emas adalah salah satu bentuk aset yang dijadikan pilihan instrumen investasi. Selain karena mudah dibeli,  sebuah emas juga sangat mudah untuk Anda jual kembali. Hadirnya kemudahan ini yang menjadikan sebuah emas sangat populer sebagai instrumen investasi di kalangan masyarakat luas, apalagi yang mempunyai profil risiko yang konservatif atau yang tidak mau sering rugi.

Anda bisa melihat langsung toko emas yang ada di daerah-daerah, pasti setiap harinya akan dipenuhi oleh ibu-ibu yang akan membeli ataupun menjual emas mereka. Emas yang dimiliki oleh masyarakat tersebut dapat berupa emas sebagai perhiasan hingga jenis emas batangan. Walaupun begitu, jenis emas batangan merupakan pilihan yang tepat untuk dijadikan instrumen investasi karena tidak perlu memperhitungkan biaya cetak atau biaya produksinya.

Investasi emas adalah salah satu investasi paling aman dan risiko paling rendah jika dibanding dengan instrumen investasi lainnya. Hal ini dikarenakan harga emas justru selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya serta dapat bertahan ditengah krisis ekonomi.

Dari awal pandemi Covid19, pasar modal mengalami penurunan yang signifikan serta harga saham dalam kondisi anjlok. Akan tetapi sebaliknya, nilai jual emas justru mengalami kenaikan sampai menyentuh titik paling tinggi. Meski kondisi pasar modal telah berangsur pulih seperti sekarang ini, nilai jual emas memang sempat mengalami penurunan, namun tidak anjlok harga sebelum pandemi. Awal agustus tahun 2021, nilai jual emas dipatok mulai harga 950 ribu untuk per gramnya.

Nilai jual emas sendiri sudah melonjak sebesar 23% pada tahun 2020 saja, akibat tingginya minat para investor menjadikan sebuah emas sebagai investasi lindung nilai. Akan tetapi, di tahun 2021 ini, situasinya dapat berbeda, dan peningkatan yang dialami tahun lalu tidak dapat dijadikan patokan untuk tahun setelahnya.

Nah, sekarang ini melakukan investasi emas begitu mudah. Beberapa perbankan syariah telah menawarkan fasilitas untuk menabung emas. Tidak hanya itu saja, beberapa marketplace besar juga menyediakan fasilitas untuk menabung , marketplace tersebut yaitu Shopee. Pastinya sudah tidak asing lagi ditelinga banyak orang tentang salah satu marketplace terbesar di Indonesia ini.

Shopee melakukan kerja dengan PT Pegadaian merilis layanan menabung emas. Kondisi ini tentunya memudahkan para masyarakat yang akan menabung emas tanpa perlu repot, sebab seluruhnya dilakukan secara online.

Syarat Menabung Emas di Shopee

Apabila Anda tertarik untuk memiliki tabungan emas di Shopee, tidak perlu khawatir akan syarat-syaratnya. Dapat dikatakan ketentuan yang ada sangatlah mudah. Nah, berikut ini merupakan syarat yang wajib dipenuhi  nasabah apabila ingin memiliki tabungan emas di Shopee, antara lain:

  •         Investasi minimal 500 rupiah. Berikutnya, nasabah dapat membeli emas seharga 5 ribu
  •         Transfer emas pengguna sesama shopee minimum 0,01 gram serta maksimum 100 gram.
  •         Harus mempunyai saldo yang tidak dapat ditarik minimal sebesar 0,05 gram
  •         Memperoleh buku sesudah Anda atau nasabah pergi ke cabang Pegadaian

Cara untuk Membuka Tabungan Emas di Shopee

Para calon nasabah harus melakukan beberapa langkah berikut ini untuk memperoleh layanan tabungan emas di Shopee, seperti:

  •         Kunjungi laman tabungan pada aplikasi Shopee. Dimana opsi tersebut dapat ditemukan pada menu Pulsa, Hiburan dan Tagihan.
  •         Klik Beli
  •         Kemudian tentukan berapa jumlah berat dan harga emas yang mau dibeli. Satuannya garam dan rupiah. Apabila membeli dalam satuan gram, minimal 0.0006 gram. Apabila dibeli dalam satuan rupiah minimal 500 rupiah
  •         Pengguna aplikasi harus melengkapi data supaya verifikasi KTP dapat dilakukan
  •         Di tahap akhir registrasi, nasabah akan diminta melakukan pembayaran
  •         Apabila proses pembayaran berhasil, maka dengan otomatis emas yang telah dibeli segera tercatat di fitur tabungan emas di Shopee yang ada pada akun pengguna. Bobot emas yang diterima berdasarkan dengan nilai emas ketika transaksi.
  •         Para nasabah akan diberi waktu selama 6 bulan, dihitung dari pertama membuka rekening tabungan emas tersebut untuk melakukan tahap registrasi di Cabang Pegadaian.

Cara untuk Menjual Emas Tabungan Shopee

Sebuah investasi pasti akan ada namanya jual beli aset. Seperti halnya trading, membelinya disaat harga sedang turun dan lekas menjual ketika harganya sudah menjadi lebih besar. Selisih harga merupakan margin keuntungan yang diperoleh. Lalu bagaimana bila para nasabah mau menjual lagi emas yang dimilikinya. Sangat mudah, caranya sebagai berikut:

  •         Pilihlah opsi “Jual”
  •         Tentukan berapa jumlah berat dan harga emas yang mau dijual. Menggunakan opsi satuan gram dan juga rupiah
  •         Mengisi nama serta nomor rekening bank. Tentukan nama pemilik nomor rekening sama oleh nama yang sudah didaftarkan pada program tabungan emas di Shopee. Perlu diketahui, penjualan emas tersebut hanya dapat dilayani dengan penggunaan rekening BNI, BRI, Mandiri, dan BCA.
  •         Apabila proses berhasil dilakukan, maka nominal uang berdasarkan harga atau berat yang Anda jualan segera masuk ke rekening bank

 

 

You may also like