Home Tabungan Ingin Beli Mobil Baru? Ini Cara Menabung Biar Tercapai

Ingin Beli Mobil Baru? Ini Cara Menabung Biar Tercapai

by Mas Abadi
menabung beli mobil

Sangat menyenangkan apabila kita bisa membeli apapun yang kita inginkan. Hanya saja tidak semua orang bisa melakukan hal itu. Bagi orang yang kaya mungkin bisa saja membeli apapun bahkan mobil dengan gampang. Tapi bagaimana dengan kita yang mempunyai penghasilan pas-pasan? Tentu saja kita bisa membeli mobil asalkan kita punya tabungan yang mencukupi untuk membeli mobil yang kita inginkan. 

Dengan fokus menabung, kita bisa memiliki mobil yang kita inginkan. Tapi harus diingat, sesuaikan targetmu dengan penghasilanmu jangan sampai target yang ditetapkan malah membuatmu menjadi menderita dalam proses perjalanannya yang pada akhirnya malah menggagalkan fokus dalam menabung. Lalu bagaimana cara yang tepat untuk menabung agar bisa membeli mobil walaupun penghasilan kita pas-pasan? Yuk mari kita simak cara menabung terbaik untuk membeli mobil. 

Cara Menabung Untuk Beli Mobil Baru 

  • Pilih target

Untuk memulai menabung, kita tentukan dulu target yang akan kita tuju. Dengan memiliki target, kita bisa memperkirakan jumlah uang yang harus kita kumpulkan untuk membeli mobil yang kita inginkan. Dari situ sebetulnya kita sudah bisa memperkirakan berapa jumlah angka yang harus kita tabungkan setiap mendapatkan pemasukan dan perkiraan waktu yang harus dilalui untuk mencapai jumlah dari target yang kita tetapkan. Target inilah yang nantinya akan menjadi motivasi dan juga tujuan kita dalam proses berjalannya menabung.

  • Sesuaikan targetmu dengan penghasilan

Kita boleh bermimpi setinggi mungkin tapi kita tetap harus bisa masuk akal dalam menjalaninya. Itu juga yang harus kita lakukan ketika meletakkan target kita. Kita juga tidak harus membeli mobil dalam kondisi baru apabila memang keuangan yang kita miliki tidak memungkinkan untuk membeli mobil baru. Kita masih bisa mendapatkan mobil bekas yang mempunyai kualitas baik asal kita bisa jeli untuk mencari. Dengan menyesuaikan target mu dengan kondisi keuangan dan penghasilan, beban yang kita tanggung setiap bulannya tidak terlalu memberatkan finansial bulanan yang tetap harus kita penuhi. Jumlah waktu yang kita butuhkan untuk mencapai target juga jauh lebih singkat apabila kita bisa menyesuaikan target dengan besaran penghasilan yang kita miliki. 

  • Membuat tabungan khusus

Kita bisa membuka rekening khusus agar kita bisa fokus dalam menabung. Dengan rekening khusus, uang tabungan kita bisa terhindar dari kemungkinan dibelanjakan. Kita bisa juga membuka rekening deposito berjangka untuk bisa lebih memfokuskan diri dalam menabung. Fokus dalam menabung inilah yang harus kita lakukan dengan konsisten untuk bisa mengejar target yang sudah kita tetapkan. 

  • Sisihkan dulu tabungan sejak menerima penghasilan

Sebelum membelanjakan uang penghasilan yang kita dapatkan, sisihkan dulu uang yang akan ditabung. Dengan terlebih dulu menyisihkan uang tabungan, kita bisa lebih mengatur keuangan kita. Dengan membalik pola penyusunan anggaran dan menyisihkan uang di awal, kita jadi lebih memungkinkan untuk menabung dalam jumlah yang lebih besar dibandingkan pola penyusunan anggaran biasa yang biasanya menempatkan tabungan di sisa dari pos-pos keuangan. Ketika menempatkan tabungan di sisa dari anggaran, maka jumlah nominal tabungan akan menjadi kecil karena itu sisa. Tapi bila kita sudah menyisihkan di awal dan menetapkan jumlahnya terlebih dulu berapa persen dari total penghasilan yang kita dapat, kita jadi lebih bisa untuk menekan pengeluaran di post-post lain untuk lebih berhemat.

  • Hidup hemat

Dengan membalik pola anggaran, kita jadi wajib untuk hidup hemat. Hindarilah perilaku konsumtif yang malah memungkinkan munculnya hutang karena anggaran yang kita miliki sudah sangat terbatas. Kita bisa mengurangi kebiasaan belanja dan menghentikan kebiasaan membeli barang-barang yang tidak perlu. Kita juga bisa menghapus budget untuk membeli pernak-pernik atau hal-hal kecil yang sebetulnya masih bisa di skip seperti aksesoris ataupun juga camilan. Kita juga bisa menghindari pengeluaran berlebihan untuk makan dengan membawa bekal dari rumah. Dengan membawa bekal dari rumah kita jadi bisa menekan pengeluaran dengan lebih baik.

  • Jadikan bonusmu menjadi tambahan tabungan 

Biasanya untuk para pekerja akan selalu ada bonus yang diberikan dari perusahaan bagi karyawannya. Minimal bonus yang kita dapatkan adalah THR. Hentikan kebiasaan foya-foya ketika mendapat bonus dan jadikan uang bonus itu menjadi tambahan tabungan supaya target yang kita kejar bisa semakin cepat untuk didapatkan. 

  • Menabung dengan cara berinvestasi

Kita bisa mendapatkan uang tambahan lebih apabila kita menabung sambil berinvestasi. Investasi termudah yang bisa kita lakukan adalah dengan investasi emas. Dengan menilik tempo yang kita butuhkan untuk mencapai target, emas sangat baik sebagai tabungan karena nilainya akan jauh lebih tinggi sehingga akan sangat menguntungkan.

  • Mencari penghasilan tambahan untuk menambah tabungan

Selain memanfaatkan penghasilan utama ketika menabung, kita bisa mencari penghasilan tambahan untuk menambah jumlah tabungan serta membantu keuangan bulanan agar lebih ringan. Tidak perlu melakukan pekerjaan berat untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Kita bisa memanfaatkan skill yang kita punya untuk bekerja freelance. Kita juga menjual pernak-pernik yang sesuai dengan hobi dan juga komunitas untuk menambah penghasilan. 

Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menabung agar bisa membeli mobil walaupun penghasilan yang kita dapatkan pas-pasan. Fokuslah dalam menabung agar bisa segera mencapai target yang diinginkan.

 

You may also like