Home Bisnis Ide Usaha Makanan Diet Sehat, Ini Tips Memulainya

Ide Usaha Makanan Diet Sehat, Ini Tips Memulainya

by admin

Saat ini, semakin banyak orang ingin menerapkan gaya hidup sehat. Membuat permintaan akan makanan sehat kian tinggi, terutama di kota-kota besar. Perubahan gaya hidup ini telah membuka peluang bisnis katering makanan sehat yang mulai digemari beberapa tahun terakhir. Tentu kamu juga memiliki kesempatan besar melakukannya.

Selain menjanjikan, bisnis tersebut pun dapat dijadikan sebagai sumber pemasukan tambahan. Tapi untuk memulainya tentu tidak semudah mengedipkan mata. Ada banyak cara dan proses yang harus dilalui, serta perlu persiapan matang agar berhasil. Mari simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Ide Usaha Makanan Diet Sehat yang Mendatangkan Uang

Sebelum memulai usaha, kamu perlu menentukan makanan atau minuman sehat yang hendak dijual. Kemudian pastikan siapa yang menjadi targetnya. Nah, berikut ada beberapa referensinya.

Makanan Organik

Merupakan salah satu makanan sehat yang menjadi solusi bagi konsumen yang tidak terbiasa pesan makan di luar. Para ibu rumah tangga adalah target market paling tepat dalam usaha ini. Agar lebih efektif, kamu dapat menyediakan jasa pengantaran atau bekerjasama dengan penyedia ojek online.

Makanan Diet Sehat

Seperti makanan yang rendah garam, gula, dan kalori. Makanan diet sehat dipilih masyarakat yang ingin meningkatkan metabolisme tubuh serta menjaga berat badan tetap ideal. Kalau begitu, kamu harus memperhatikan target market yang terjangkau untuk bisnis makanan diet sehat. Misalnya penggiat hidup sehat, ibu rumah tangga atau pekerja kantoran.

Makanan Vegetarian

Ide usaha makanan diet selanjutnya cocok bagi orang-orang yang tidak mengkonsumsi daging. Makanan vegetarian bisa dikonsumsi oleh anak-anak hingga orang tua. Untuk modal cukup terjangkau dan kamu tak harus mengkhawatirkan soal rasa. Asal makanan tersebut tetap renyah, gurih, dan kaya akan nutrisi.

Salad Buah

Salad buah mudah dibuat dan praktis, selain itu mengandung banyak vitamin dan serat yang melancarkan pencernaan. Ketika menjual salad buah, kamu bisa bekerjasama dengan supplier terpercaya. Baik dalam hal harga maupun kualitas buahnya harus konsisten. Untuk target pasar bisnis ini menyeluruh.

Fitness Food Prep

Khusus bisnis satu ini, kamu dapat bekerjasama dengan personal trainer atau ahli gizi. Buatlah menu makanan sehat sesuai dengan kebutuhan penggiat olahraga.

Meal prep

Meal prep biasanya untuk bekal makanan sehat anak sekolah atau pekerja kantoran. Menu yang disajikan harus lengkap, mulai dari sumber protein, sayur, karbohidrat, serta buah-buahan.

Tips Memulai Usaha Makanan Diet Sehat

Bisnis kuliner yang sehat dan bergizi pasti slalu dibutuhkan, sehingga berpotensi besar. Kamu bisa memulainya dengan tips-tips berikut.  

Menemukan Pengalaman

Dalam kehidupan setiap orang, pengalaman menjadi guru terbaik. Sehingga kamu dapat melakukan semua hal dengan lebih sempurna. Termasuk dalam memulai bisnis makanan diet sehat, sebaiknya dari menjadi karyawan. Kamu dapat memperoleh ilmu dari tempat catering yang sudah ada. Amati dan pelajari bagaimana cara melayani pelanggan, membuat laporan keuangan, dan sebagainya. Kamu tentu tidak akan keteteran ketika menjalankan usaha sendiri.

Membuat Merek

Nama merek menjadi salah satu hal penting yang perlu ada dalam usaha, termasuk catering. Tentukan nama yang akan dipakai, harus unik dan gampang diingat orang-orang. Tujuannya supaya konsumen dapat terus teringat pada katering diet sehat-mu.

Mempromosikan Usaha

Tips selanjutnya adalah mempromosikan usaha secara online dan offline agar semua orang mengetahui bisnis-mu. Promosi diperlukan untuk memperluas jangkauan. Kalau pakai cara offline berarti dari mulut ke mulut, menggunakan pamflet, memasang papan iklan, dan sebagainya. Sementara itu, ada alternatif promosi online dengan memanfaatkan sosial media atau website. Promosi yang efektif akan mendatangkan lebih banyak pembeli.

Mempekerjakan Orang

Pada usaha makanan diet sehat, kamu akan membutuhkan bantuan tambahan. Coba cari karyawan yang bekerja dengan baik, serta dapat diandalkan. Mulailah merekrut orang-orang yang ahli dibidangnya. Minimal satu orang, dengan kriteria berikut ini:

  •       Sopan, jujur, dan ramah
  •       Giat melakukan semua hal
  •       Pandai membuat kreasi masakan dan memahami usaha katering makanan diet sehat
  •       Paham tentang pembukuan keuangan

Memperluas Usaha

Nah, jika usaha makanan diet sehat semakin membaik dan sukses, kamu dapat mempertimbangkan cabang baru di luar kota. Langkah ini akan memperluas jangkauan usaha. Tapi, kamu pun perlu mencermati lokasi strategis untuk membuka cabang tersebut. Pastikan lokasi berada di tempat yang ramai pengunjung, seperti di pusat kota.

Menentukan Tujuan Usaha

Kamu perlu membuat tujuan jelas dalam menjalankan usaha apapun itu, termasuk katering diet sehat. Tujuan inilah yang akan membuat bisnis lebih mudah dilakukan. Jadi, potensi sukses akan semakin tinggi.

Nah, itulah beberapa tips memulai usaha makanan diet sehat bagi kamu yang tertarik melakukannya. Silahkan pilih salah satu ide di atas atau mungkin kamu punya ide sendiri? Jangan menyerah sebelum mencoba. Semoga sukses.

 

You may also like