Home Bisnis Ide Peluang Usaha Yang Baik Di Desa

Ide Peluang Usaha Yang Baik Di Desa

by Mas Abadi
ide bisnis menjanjikan

Pada dasarnya area pedesaan juga mempunyai potensi yang tinggi untuk menjadi pusat perekonomian. Karena sebenarnya ekosistem bisnisnya pun dapat lebih beragam bila Anda bandingkan dengan kota besar. Berikut ini di bawah ini adalah beberapa ide usaha yang bisa dilakukan di desa dan tentunya menjanjikan keuntungan besar.

Ide Usaha di Desa

sumber daya dan kultur alam yang ada pada wilayah pedesaan dapat membuat ekosistem usaha di sana dapat lebih beragam. Berikut ini di bawah ini adalah beberapa ide usaha yang bisa dilakukan di desa :

Konter Pulsa

Usaha yang satu ini memiliki prospek yang menjanjikan bila Anda membukanya di wilayah pedesaan, ya benar sekali konter pulsa dan kuota. Karena tentunya disana akan sangat sulit untuk menemukan penjual pulsa, bahkan di beberapa tempat mereka harus pergi agak jauh untuk bisa mendapatkan pulsa.

Kunci utama dari usaha ini adalah lokasi berjualan, pastikan jika lokasi tempat Anda berjualan berada di area yang banyak dilalui atau didatangi banyak orang. Misal pasar tradisional, persimpangan jalan atau di pusat kegiatan dari desa tersebut. Untuk harganya tentu bisa menyesuaikan dengan tarif dari operator, jangan karena langka Anda menjualnya dengan harga yang tidak masuk akal.

Ternak Ayam

Membuat peternakan ayam atau unggas lainnya. Di pedesaan sudah pasti akan banyak sekali lahan yang dapat digunakan. Modal awalnya tergantung dengan Anda, apakah lahan yang akan digunakan adalah milik pribadi atau menyewa.

Bila menyewa, tentu modal awalnya akan terasa besar. Namun, apabila milik pribadi tentu jauh lebih ringan. Tetapi bila dibandingkan dengan binatang ternak lainnya, ayam memang lebih murah.

Akan lebih baik bila ayam yang Anda pilih untuk di ternak adalah ayam kampung. Karena jenis ini dapat dimanfaatkan tidak hanya dagingnya saja, tetapi juga telurnya. Selain itu ayam kampung juga memiliki harga yang terbilang tinggi dan tentunya akan memberikan Anda keuntungan besar.

Pom Bensin Mini

Tidak semua desa di Indonesia telah dijamah oleh SPBU. Karena itu bila Anda ingin, Anda dapat membuka usaha pom mini. Usaha ini pasti akan memberikan keuntungan besar, apalagi bila desa tempat tinggal Anda memang jauh dari SPBU tentu akan sangat membantu penduduk desa yang membutuhkan.

Biasanya bisnis ini bisa berkembang karena memang ada orang yang membuka jasa kemitraan pom mini. Harganya sendiri bervariasi, tergantung tangki dari pom mini itu sendiri.

Usaha peternakan lele

Seperti yang Anda ketahui, bila di desa pasti masih banyak masyarakat yang memiliki lahan luas. Nah, lahan ini sebaiknya dimanfaatkan untuk dijadikan kolam lele. Anda bisa menggunakan kolam terpal atau drum. Ikan ini terbilang mudah dalam pembudidayaannya, modalnya juga kecil tetapi keuntungan yang diraup sangat menjanjikan.

Kuncinya hanya satu, yaitu Anda harus bisa fokus ketika menjalankan usaha ini. Kemudian, Anda bisa memilih ingin fokus pada pembibitan atau pembesaran. Bila hanya pada pembibitan, artinya hasil yang didapat berasal dari burayak lele.

Namun, bila pembesaran. Anda harus membeli terlebih dahulu burayak lele dari petani lele lainnya kemudian membesarkannya di kolam Anda hingga lele-lele tersebut siap untuk di panen. Selain itu, Anda juga wajib memperhatikan perputaran uang yang berjalan dari usaha ternak lele.

Agen pengiriman

Biasanya Anda hanya akan menemukan di area kota besar. Padahal bila membuka usaha ekspedisi di pedesaan juga akan memiliki peluang besar. Apalagi bila desa tersebut termasuk desa wisata dan mempunyai makanan khas serta hasil kerajinan yang dikenal banyak orang.

Karena itu pergunakanlah kesempatan tersebut sebagai sebuah peluang usaha sekaligus dapat membantu banyak orang di desa agar lebih mudah mengirimkan barang-barang atau produk yang dimiliki.

Prosesnya juga cukup mudah karena Anda tidak akan menjadi pengirimnya, Anda hanya sebagai perantara saja antara pelanggan dan ekspedisi. Nantinya barang-barang yang akan dikirim tersebut akan diambil oleh petugas dan disortir baru setelahnya di kirim ke alamat masing-masing sesuai dengan alamat tertera.

Membuka Fotocopy / Warnet 

Siapa yang mengira bila membuka usaha fotokopi maupun warnet (warung internet) akan memberikan Anda pendapatan yang cukup banyak. Apalagi jika di desa tempat Anda tinggal masih belum ada yang membuka bisnis ini.

Anda bisa memanfaatkan rumah Anda atau menyewa tempat, kemudian pergunakan bagian depan dari lokasi tersebut untuk usaha fotokopi dan di bagian dalam untuk warnet. Tapi kendala terbesar untuk warung internet adalah jaringannya.

Demikianlah beberapa jenis ide usaha yang bisa dibuka di pedesaan dan tentu akan memberikan Anda keuntungan, karena belum banyak saingannya. Ingat, karena mungkin Anda adalah satu-satunya disana. Jangan sampai memberikan harga yang terlalu tinggi, nanti bisa-bisa pelanggan Anda kabur semua.

You may also like