Home Karier Ide Pekerjaan yang Bisa Sambil Kuliah

Ide Pekerjaan yang Bisa Sambil Kuliah

by Mas Abadi
pekerjaan yang bisa sambil kuliah

Sejak dulu melakukan sebuah pekerjaan yang bisa sambil kuliah memang telah dilakukan oleh banham orang. Alasan yang mereka miliki juga beragam, ada yang karena ingin meraih mimpi, tuntutan ekonomi, membantu orang tua, mencari pengalaman dan sebagainya.

Biasanya mahasiswa memilih untuk melakukan kerja paruh waktu, ketika jadwal kuliah mereka sedang tidak padat atau sedang libur semester. Kegiatan ini mereka pilih untuk mengisi waktu luang agar lebih produktif dan tentunya mendapatkan pengalaman kerja. Selain itu, juga bisa memiliki uang saku tambahan.

Part time atau kerja paruh waktu, merupakan kegiatan yang tidak mengharuskan pekerjanya untuk bekerja secara penuh. Biasanya pekerjaan ini waktunya lebih fleksibel, karena mereka akan dipanggil ketika sang pemilik usaha memerlukan tenaga tambahan.

Apabila Anda yang saat ini masih berkuliah dan ingin merasakan dunia kerja, namun masih bingung pekerjaan apa saja yang dapat dikerjakan? Mari simak beberapa ide kerja part time di bawah ini :

Rekomendasi pekerjaan bagi Mahasiswa

biaya kuliah BSI

Bila Anda tertarik melakukan kerja part time, hal pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan mental. Karena perlu Anda ketahui, dunia kerja sangat berbeda dengan kampus. Walau hanya sebagai pekerja paruh waktu, keprofesionalan tetap menjadi prioritas.

  • Penulis Lepas

Anda memiliki ketertarikan untuk menjadi seorang penulis? Nah, apabila memang berminat Anda dapat memilih pekerjaan sebagai penulis lepas. Untuk lowongannya sendiri, bisa dicari melalui internet. Biasanya banyak sekali perusahaan yang membutuhkan seorang freelance writer.

Pekerjaan yang satu ini terbilang fleksibel, karena biasanya tidak ditentukan oleh jam kerja. Namun, bukan berarti Anda bisa seenaknya. Tantangan terberat dari seorang penulis lepas adalah harus bisa menyelesaikan pekerjaan secepat mungkin dan sebanyak yang Anda bisa.

Penghasilan sebagai penulis lepas biasanya tidak ditentukan berapa lama Anda mengerjakannya, tetapi berapa banyak pekerjaan yang dapat diselesaikan. Jadi, semakin banyak yang dikerjakan upah Anda akan lebih besar.

  • Guru Les

Tidak ada salahnya untuk mencoba membuka sebuah usaha jasa yang satu ini. Menjadi seorang guru les merupakan pekerjaan paruh waktu yang cukup menjanjikan, sekaligus bisa melatih kesabaran dalam bidang mengajar.

Tentukan mata pelajaran yang memang Anda kuasai atau bisa juga memilih untuk membantu anak-anak sekolah dasar mengerjakan tugas-tugas rumah. Tidak perlu bingung untuk memulainya, Anda dapat menawarkan jasa sebagai guru les tersebut disekitar lingkungan rumah terlebih dahulu.

  • Cafe (Barista)

Melakukan pekerjaan sebagai pekerja cafe juga dapat menjadi pilihan yang baik. Biasanya kafe-kafe kecil yang terletak di sekitar kampus membutuhkan part time atau pekerja paruh waktu untuk membantu disana.

Lowongan pekerjaan bisa ditanyakan langsung kepada pihak cafe atau Anda dapat mencari melalui media sosial. Kegiatan atau aktivitas bagi anak part time biasanya jauh lebih ringan daripada pekerja tetap, namun tidak menutup kemungkinan bila Anda akan memegang posisi yang cukup penting apabila terbukti memiliki kinerja bagus dan mumpuni.

  • Restoran

Sama seperti di cafe, bekerja part time di restoran juga menjadi pilihan yang tepat. Apalagi jika Anda memiliki minat dibidang tersebut atau memang kuliah Anda berkaitan dengan restoran. Banyak posisi yang bisa ditempati oleh anak part time.

Misal sebagai pelayan yang memiliki tugas untuk melayani pesanan para pengunjung, bisa juga sebagai resepsionis, pembantu koki atau sebagai washer (pencuci). Jangan pernah minder dengan apapun posisi yang diberikan oleh pihak restoran.

  • Fotografer

Apabila memiliki hobi dibidang fotografi dan mungkin Anda memang berkuliah mengambil jurusan tersebut. Gunakanlah kemampuan yang Anda miliki dengan membuka jasa foto. Bisa juga mencari lowongan part timer di studio foto.

Selain itu Anda tidak ada salahnya apabila bergabung dengan sebuah komunitas fotografi yang bisa ditemukan di media sosial atau internet. Tunjukan hasil jepretan original Anda agar dapat menarik minat konsumen menggunakan jasa Anda.

Manfaat kerja paruh waktu bagi Mahasiswa

Setiap kegiatan itu pasti memiliki manfaat positif bagi pelakunya. Termasuk bekerja sambil kuliah, berikut adalah manfaat tersebut :

  1. Melatih keterampilan Anda sebelum benar-benar terjun ke dunia kerja secara penuh.
  2. Belajar tentang dunia kerja, pengalaman ini nantinya akan sangat membantu agar Anda dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan apapun pekerjaan yang diberikan.
  3. Melatih manajemen waktu, bila terkadang masih suka telat mengumpulkan tugas kuliah. Ketika mulai bekerja, Anda akan dituntut untuk menyelesaikannya tepat waktu.
  4. Peluang Networking, ketika mulai melakukan part time nantinya Anda akan mengenal banyak orang. Nah, manfaat peluang tersebut untuk melatih cara bersikap.
  5. Membuka peluang karir, tentunya apabila prestasi Anda ditempat kerja baik. Peluang untuk dapat bekerja di tempat lain pun pasti akan terbuka lebar.

Itu tadi 6 (enam) rekomendasi pekerjaan yang bisa sambil kuliah serta manfaatnya. Jika Anda memang berniat untuk melakukannya, kelolalah waktu dengan baik. Pastikan bila jadwal kuliah Anda tidak berbenturan dengan jadwal kerja, karena kuliah tetap prioritas utama. Konsultasikanlah dengan pemiliki tempat kerja, biasanya mereka akan menyesuaikan dengan kegiatan Anda sebagai seorang mahasiswa.

You may also like