Home Perencanaan Ide Bisnis Kuliner untuk Tambahan Keuangan

Ide Bisnis Kuliner untuk Tambahan Keuangan

by Mas Abadi

Untuk kamu yang memiliki keinginan untuk membuka sebuah bisnis pribadi, namun bingung harus terjun pada sektor usaha apa? Mengapa tidak mencoba untuk menjalankan bisnis di bidang kuliner, sebab seperti yang kamu ketahui bila makanan merupakan kebutuhan primer yang sudah pasti dibutuhkan oleh setiap orang.

Namun, memang akan lebih baik sebelum kamu memulai bisnis di bidang ini, cari tahulah terlebih dahulu apa yang sekarang ini sedang banyak diminati oleh pasar. Sehingga bisa lebih mudah untuk kamu menentukan jenis bisnis kuliner apa yang nantinya akan dibuka.

Ide usaha kuliner yang sedang trend

Apabila kamu masih merasa kesulitan untuk menentukan jenis kuliner apa yang ingin dijual, mungkin beberapa ide usaha dibawah ini dapat menjadi alternatif memulai bisnismu. Pilih saja yang sekiranya memang kamu inginkan dan mampu menjalankannya.

  • Keripik

Kedua adalah keripik, bila dulu kita hanya tahu keripik kentang saja. Maka di zaman ini, variasi keripik sangatlah banyak. Bahkan jenis bahan apapun dapat dijadikan keripik, misalnya keripik buah, sayur dan masih banyak lagi.

Selain variasi bahan utama, kamu juga bisa memberikan rasa pada keripik yang diproduksi. Misalnya barbeque, pedas manis, keju, asin atau buatlah level pedas dari mulai level satu hingga lima atau sesuaikan dengan pesanan konsumen.

  • Roti Bakar

Walaupun camilan yang satu ini sudah banyak ditemui, tetapi karena peminat dari kuliner ini juga banyak maka tidak masalah bila kamu memilih roti bakar sebagai bisnis pribadimu. Kamu dapat memberi variasi pada isian dan topping. Karena sebagaimana yang kita tahu, bila masyarakat Indonesia itu menyukai makanan yang mempunyai banyak pilihan.

  • Bakso

Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini, yaitu bakso. Hampir di semua daerah di Indonesia ada kudapan yang satu ini. Bahkan sekarang, bakso tidak hanya disajikan seperti yang kita tahu, namun ada pula yang digoreng menjadi keripik atau dicampur dengan jenis masakan lain.

Nah, disini kamu bisa berinovasi seperti halnya bakso lobster, bakso pedas, bakso mercon dan lain sebagainya. Untuk harganya sendiri, tentunya disesuaikan dengan lokasi berjualan dan bahan pokoknya.

  • Seblak

Berikutnya adalah seblak, makanan khas Jawa Barat ini beberapa tahun belakangan memang sedang digandrungi oleh banyak orang. Bahan utama dari seblak juga mudah ditemukan, seperti mie instan, kerupuk, bakso, sosis dan lainnya.

Kamu bisa menyesuaikan harga per porsinya dengan isian yang diinginkan konsumen. Sehingga harga jualnya sendiri dapat dimulai dari paling murah hingga mahal. Karena semakin banyak dan mahal yang dipilih tentu harganya akan mengikuti.

  • Kopi

Kamu tentunya tahu bila para kaum muda di zaman milenial ini sangat suka dengan kopi, baik yang hangat atau dingin serta camilan. Jadi, apabila modal yang kamu miliki cukup banyak, kamu bisa membuka cafe coffee kecil-kecilan.

  • Minuman kekinian

Pilihan terakhir adalah bisnis minuman kekinian. Misalnya seperti boba, es kepal, jus dan masih banyak lagi. Tentu kamu akan banyak menemukan jenis minuman seperti ini di banyak tempat, baik mall, sekolah-sekolah dan kawasan wisata.

Untuk memulai bisnis minuman kekinian juga mudah dan tidak perlu modal besar. Kamu bisa menjualnya di depan rumah. Gunakan saja peralatan yang sudah ada, misalnya meja, blender, gunting dan lainnya.

Kemasannya sendiri, kamu bisa memakai gelas plastik yang saat ini sudah banyak sekali jenis dan ukurannya. Jangan lupa dengan topping untuk minuman, serta variasi/ jenis dari minuman yang akan dijual.

Tips untuk memilih usaha kuliner yang tepat

Mulai tertarik untuk menjalankan bisnis di bidang kuliner, namun belum tahu harus melakukan apa dan bagaimana? Berikut ini adalah tips bagi kamu untuk memilih usaha kuliner yang tepat, diantaranya :

Pilihlah produk yang bisa tahan lama

Ketika kamu sudah memutuskan untuk terjun dalam bidang kuliner, maka kamu tidak bisa selalu mengikuti tren. Namun, kamu wajib mempertimbangkan bagaimana eksistensi dari produk tersebut. Karena ketika kamu selalu berfokus pada hal-hal yang viral atau trend, maka usaha tersebut apapun itu tidak akan bisa bertahan lama.

Jual dengan harga murah

Kamu harus tahu bila sudah ada begitu banyak toko baik online atau offline yang mulai melirik bisnis kuliner. Sehingga, jika kamu ingin menarik minat pembeli, usahakan untuk membuat promo dengan harga ramah kantong.

Prioritaskan rasa dan kebersihan

Hal utama yang harus selalu di prioritaskan oleh mereka yang berbisnis di bidang kuliner adalah rasa dan juga kebersihan. Untuk rasa sendiri, kamu bisa meminta beberapa orang mencicipinya terlebih dahulu dan mintalah mereka memberikan pendapat.

Dijual secara online dan juga offline

Tips terakhir dengan melakukan penjualan secara online dan offline. Kedua metode ini pastinya akan memberikan keuntungan maksimal bagi bisnismu, kamu dapat menjual produk kamu melalui aplikasi, seperti ojek online maupun media sosial.

You may also like