Home keuangan Ide Berbelanja Kebutuhan Lebaran Supaya Tidak Boncos

Ide Berbelanja Kebutuhan Lebaran Supaya Tidak Boncos

by admin

Lebaran adalah momen yang sangat dinanti oleh umat Muslim di seluruh dunia. Apalagi di Indonesia tradisi lebaran sangat seru dengan berkumpul dengan keluarga. Kamu pun sudah pasti ingin menyiapkan lebaran dengan berbelanja berbagai kebutuhan yang diperlukan. Tapi, ternyata ketika ingin berbelanja kebutuhan saat lebaran ini juga tidak bisa sembarangan. 

Karena bisa jadi saat berbelanja barang kebutuhan untuk lebaran akan menghabiskan biaya yang tidak sedikit. Agar kamu bisa belanja kebutuhan lebaran tanpa boncos, maka harus mengikuti beberapa ide berbelanja yang mungkin bisa diikuti. Mari simak apa saja ide belanja kebutuhan lebaran di bawah ini. 

Ide Belanja Kebutuhan Lebaran yang Tidak Boros

Memang tidak dapat dipungkiri saat lebaran datang, kita akan menyambut tamu dan ingin menyediakan berbagai jenis camilan atau makanan yang bisa nikmati bersama. Namun, tentu saja, saat berbelanja aneka kebutuhan yang ada, kamu harus punya ide agar tidak boncos. Berikut ini adalah beberapa ide belanja kebutuhan lebaran yang bisa kamu ikuti: 

Berbelanja Jauh-jauh Hari 

Ide pertama adalah dengan berbelanja jauh-jauh hari dari waktu lebaran. Kamu bisa berbelanja beberapa kebutuhan yang punya masa expired yang lebih panjang. Contohnya seperti minyak goreng, kue kering dan lain sebagainya. Selain itu, dengan berbelanja jauh-jauh hari bisa mengatur keuangan jauh lebih baik. 

Tidak hanya itu saja, belanja sebelum waktu lebaran juga akan menghemat waktu dan menghindari keramaian. Tapi, pastikan juga kamu tidak berbelanja berlebihan agar kebutuhan juga tidak bertumpuk di rumah. Karena yang paling penting adalah kebutuhan lebaran bisa terpenuhi. 

Membuat Daftar Belanja 

Ide selanjutnya yang bisa kamu lakukan agar belanja kebutuhan lebaran tidak boncos adalah dengan membuat daftar belanja terlebih dahulu. Mulai dari kebutuhan memasak, cemilan dan lain sebagainya, lebih baik kamu buat dulu daftarnya. Dengan membuat daftar ini akan membantu kamu mengatur pengeluaran dengan jauh lebih baik. 

Gabungkan dengan ide pertama, dimana kamu bisa memilah mana daftar belanja yang bisa kamu penuhi jauh-jauh hari, mana yang tidak. Pastikan kamu sudah memasukan semua daftar belanja yang dibutuhkan satu kali saja. Jangan ditambah lagi, jadi harus kamu ketahui apa saja kebutuhan yang harus dibeli. 

Siapkan Budget yang Dibutuhkan 

Selanjutnya adalah dengan menyiapkan budget untuk membeli kebutuhan yang diperlukan dalam menyambut lebaran. Kamu harus memutuskan berapa banyak biaya yang dibutuhkan untuk bisa belanja kebutuhan lebaran. Karena jika tidak membuat budget, kemungkinan kamu belanja berlebihan bisa terjadi. 

Pengaturan budget ini pun harus kamu sesuaikan dengan daftar belanja. Sehingga saat belanja, tidak perlu menghabiskan uang dalam jumlah yang besar. Tentu saja, paling utama adalah dengan memenuhi daftar belanja yang utama terlebih dahulu supaya keuangan tidak boncos. 

Mencari Diskon Khusus Lebaran 

Salah satu ide yang bisa kamu jalani untuk berbelanja barang kebutuhan lebaran adalah dengan mencari diskon. Biasanya mendekati lebaran akan ada banyak diskon yang diberikan oleh minimarket atau supermarket. Jadi, kamu bisa menghemat beberapa barang kebutuhan yang diperlukan. 

Terutama untuk kebutuhan seperti kue kering yang biasanya akan diberikan diskon yang cukup besar. Jadi, kamu pun bisa mulai memburu barang kebutuhan yang ada diskon di toko langganan. Tapi, tetap utamakan barang kebutuhan yang paling pokok agar semua kebutuhan bisa terpenuhi. 

Belanja Online jadi Pilihan yang Tepat 

Jika kamu ingin berbelanja barang kebutuhan saat lebaran, maka bisa memilih alternatif belanja secara online. Karena belanja online bisa jadi lebih murah daripada belanja di supermarket. Terutama untuk barang yang mungkin tidak ada di toko offline. Misalnya hampers lebaran yang biasanya dijual lebih murah dari toko offline. 

Tapi, pastikan saat belanja online kamu memilih toko yang terpercaya. Selain itu, perhatikan kualitas barang yang akan dibeli. Hal ini supaya kamu tidak membeli barang yang ternyata sudah expired atau tidak layak. Kamu bisa melihat review dari toko yang diberikan oleh pembeli lain. 

Cari Alternatif Brand yang Lebih Murah 

Kamu pasti tahu bahwa ada banyak brand dengan produk yang sama terjual di toko. Sangat disarankan untuk kamu mencari brand sebuah produk yang harganya murah. Misalnya kamu membutuhkan minyak goreng, maka carilah brand yang memang dikenal murah di toko. Karena minyak goreng memiliki fungsi yang sama meski brand yang dipilih berbeda. Dengan cara ini, kamu bisa memenuhi kebutuhan lebaran jauh lebih hemat dan tidak boncos. 

Itulah beberapa ide belanja kebutuhan lebaran yang bisa membantu kamu untuk tidak boncos. Hal paling penting adalah kamu harus tahu apa saja kebutuhan yang utama. Baru berbelanja barang lain yang mungkin akan jadi pelengkap. Jadi, saat lebaran kamu bisa menyambut keluarga dengan lebih baik lagi.

You may also like