Home Belanja Hindari Penjual Nakal, Yuk Simak Tips Membeli Mobil Bekas Di Sini

Hindari Penjual Nakal, Yuk Simak Tips Membeli Mobil Bekas Di Sini

by Mas Abadi
Beli Mobil Bekas

Kendaraan roda empat menjadi salah satu kebutuhan yang akan membantu mobilisasi sehari hari. Selain membelinya secara cash, juga bisa membeli dengan cara kredit. Tapi beberapa mobil harganya masih tinggi, sehingga mobil bekas dijadikan alternatif. Untuk anda yang tertarik beli mobil bekas, anda harus menyimak beberapa tips berikut.

Kelebihan Membeli Mobil Bekas Dibanding Mobil Baru

1. Kualitas Tak Jauh Berbeda

Sekalipun mobil yang akan anda beli merupakan mobil second, anda tak perlu khawatir soal kualitasnya. Karena beberapa orang menjual mobilnya lantaran bosan atau ingin membeli yang baru. Sehingga banyak mobil second yang kondisinya masih sangatlah bagus. Bahkan jika beruntung anda bisa mendapatkan mobil yang umurnya muda dan jarak tempuhnya sedikit.

2. Harga Yang Lebih Menguntungkan

Kelebihan selanjutnya yang juga bisa dijadikan pertimbangan adalah harga yang lebih menguntungkan. Alasan ini sebenarnya menjadi alasan utama mengapa banyak yang tertarik untuk membeli mobil second. Nilai barang memang akan mengalami penyusutan jika sudah digunakan. Untuk itu biasanya mobil second akan memiliki harga yang lebih rendah.

3. Biaya Kredit Lebih Ringan

Untuk mendapatkan mobil second bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya adalah mengambil program kredit mobil bekas yang lebih ringan. Ada banyak perbankan yang menawarkan bunga rendah dan juga cicilan yang ringan. Bukan hanya itu, DP yang nantinya dibayarkan juga akan lebih rendah sehingga tidak akan membebani kondisi finansial anda.

Pembiayaan kredit mobil second ini bisa dicicil per bulan dengan jangka waktu yang beragam. Mulai dari tenor 1 tahun hingga 3 tahun juga tersedia, sehingga bisa disesuaikan dengan kondisi finansial anda. Untuk anda yang memang membutuhkan mobil, tak ada salahnya untuk mempertimbangkan opsi kredit mobil second ini.

4. Biaya Bulanan Yang Ringan

Tidak hanya biaya kredit, anda juga akan membutuhkan biaya perawatan yang lebih terjangkau. Misalnya premi asuransi, dimana mobil terbaru akan memiliki premi yang jauh lebih tinggi. Belum lagi biaya bahan bakar yang non subsidi karena mobil keluaran terbaru. Pajak kendaraan juga akan lebih mahal dibandingkan mobil second, inilah mengapa biaya bulanannya lebih ringan.

Cara Membeli Mobil Second Aman Tanpa Tertipu

Dengan beberapa kelebihan yang telah disampaikan, barangkali anda menjadi lebih yakin untuk memilih mobil second. Saat ini banyak sekali yang menyediakan mobil second, baik secara offline maupun online. Untuk itu anda perlu berhati hati dalam memperhatikan mobil yang akan dibeli. Berikut tips beli mobil bekas yang bisa anda praktekkan.

Baca Artikel Selanjutnya : Mengintip 6 Keuntungan Kredit Mobil Bekas Dan Penyedia Layanannya

1. Mencari Informasi Sebanyak-Banyaknya

Beli Mobil Bekas

Tidak afdol rasanya jika anda pergi ke showroom dan membeli mobil second tanpa memiliki informasi apapun. Minimal anda sudah memiliki angan-angan ingin membeli jenis mobil yang apa. Saat ini untuk mendapatkan informasi juga bukanlah hal yang sulit. Dengan berselancar ke dunia maya dan mengetikkan beberapa kata, hasil informasi akan langsung terpampang.

Cari tahu lebih dahulu, kira kira mobil apa yang anda butuhkan, apa saja fitur yang dimiliki hingga model dan tipe. Spesifikasi kendaraan juga tak boleh luput untuk anda cari informasinya. Anda bisa mencatat atau mengumpulkan data tersebut, sehingga ada bahan untuk konsultasi dengan pihak showroom. Harga kendaraan juga harus anda cari agar bisa menyesuaikan dengan budget.

2. Jangan Mudah Percaya

Setelah mendapatkan informasi, anda memang bisa langsung mencari showroom atau berkunjung. Pastikan anda mengandalkan logika untuk tak mudah percaya begitu saja. Terutama pada iklan ataupun harga mobil yang di bawah pasaran sangat jauh. Apalagi jika penjual terlihat mencurigakan, seperti enggan menunjukkan mobil atau kelengkapan surat.

3. Mengecek Kondisi Mobil

Langkah selanjutnya, yang harus anda lakukan demi mendapatkan mobil second yang bagus adalah mengecek secara langsung kondisi mobilnya. Dalam mengeceknya, pastikan anda memastikan kondisi mesin hingga bagian kaki kaki. Kondisi luar juga harus dicek, apakah masih bagus atau sudah lecet. Anda juga bisa menanyakan sparepart mobil, asli atau tidak.

4. Meneliti Kelengkapan Surat

Setelah kondisinya terlihat oke, kini saatnya anda melihat dengan detail kelengkapan suratnya. Dengan adanya surat yang lengkap, membuktikan jika mobil bekas tersebut memang legal. Pasukan nomor polisi, tipe, tahun, nomor mesin hingga warna sesuai dengan surat surat mobil yang ada.

5. Lakukan Test Drive

Agar semakin meyakinkan, tidak ada salahnya anda test drive kendaraan tersebut.Dengan test drive, anda bisa merasakan kenyamanan dan juga identifikasi terkait performa mobilnya. Suara mesin, asap knalpot dan juga getaran mesin penting untuk anda perhatikan. Sekalipun mobil ini masih umur muda dan belum dipakai jarak jauh, tetap saja lakukan test drive.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat anda beli mobil bekas. Terutama untuk anda yang membelinya secara online, pastikan informasi penjual anda dapatkan secara akurat. Tidak hanya untuk menghindari penipuan, langkah langkah yang ada juga akan membantu anda terhindar dari kerugian finansial ke depannya.

 

 

You may also like