Home Uncategorized Hindari Pembobolan Rekening Bank dengan Cara Efektif Berikut Ini

Hindari Pembobolan Rekening Bank dengan Cara Efektif Berikut Ini

by Mas Abadi

Meningkatnya teknologi informasi dan internet sebanding dengan banyaknya kejahatan dalam bidang teknologi juga, dalam hal ini adalah kejahatan dalam pembobolan rekening Bank atau dalam kejahatan internasional disebut Skimming. Pembobolan rekening Bank saat ini memiliki modus berpura pura membantu nasabah Bank yang curhat di media sosial karena kesulitan mengakses rekeningnya, peluang kejahatan ini bisa menjurus dari skimming ATM, penyalahgunaan OTP dan phising email.

Modus dari pembobolan rekening Bank sering kali menggunakan seperti menaruh alat pada mulut slot pada lobang mesin atm yang sudah masuk lalu secara otomatis akan merekam setiap data yang ada pada kartu atm dari nomor kartu atm. Nomor password rekening hingga menaruh spy kamera pada sekitaran mesin atm yang mungkin Anda tidak sadari sehingga pelaku sukses mendapatkan semua akses yang biasa dilakukan dalam mesin atm. Hal tersebut membuat pihak berwajib selalu memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tetap berhati hati dalam menggunakan mesin atm, dimanapun lokasinya pasti ada saja peluang dari pelaku kejahatan ini untuk bisa menguras isi atm nasabah Bank.

Kejahatan pembobolan rekening bank merupakan suatu masalah serius di era serba teknologi pintar seperti saat ini. Anda mungkin bisa melaporkan kerugian akibat dari pembobolan rekening Bank ini kepada pihak berwajib, dalam hal ini akan diterima oleh kepolisian Cyber Crime. Akan tetapi proses pengusutan kejahatan ini sangat panjang dan tidak banyak yang terungkap. Namun jika beruntung,nasabah akan mendapatkan keadilan hingga mendapatkan uangnya kembali tapi yang lebih penting adalah untuk selalu berhati hati dan pencegahan merupakan cara paling efektif menghindari kejahatan tersebut.

Tips Melaporkan Pembobolan Rekening Bank

Pembobolan rekening Bank ini biasanya dilakukan secara acak, karena tidak semua lokasi mesin ATM berada memiliki nasabah dengan banyak nominal uang yang besar, namun nasabah tetap harus berhati hati bagaimanapun peluang kejahatan itu tetap ada.

Jika Anda terindikasi menjadi korban kejahatan pembobolan rekening bank maka langkah pertama yang bisa dilakukan menghubungi Call Centre sesuai perbankan yang Anda miliki. Lalu meminta dari Customer service untuk segera memblokir rekening sementara maka untuk sementara id internet dan juga m-banking Anda akan terblokir.

Selain itu Anda juga bisa melaporkannya ke pihak kepolisian dengan membawa dokumen atau alat bukti dari transaksi yang janggal dan juga membawa bukti rekening koran yang ada kejanggalan transaksi dalam rekening Anda.

Cara Efektif Menghindari Pembobolan Rekening

Banyaknya kasus pembobolan rekening Bank di Indonesia dikarenakan saat terjadi kesulitan dalam mesin ATM. Nasabah tersebut meminta tolong kepada orang disekitarnya untuk membantunya. Nah peluang ini merupakan modus dari pelaku kejahatan tersebut yang memang sedang mengintai Anda untuk bisa mengetahui pin ATM dan juga berapa nomor rekening Anda. Selain itu apa saja cara efektif untuk menghindari pembobolan rekening Bank? simak uraiannya dibawah ini ya

  • Jangan Memberikan Informasi ATM Kepada Orang Tidak Dikenal

Banyaknya kasus pembobolan rekening Bank di Indonesia dikarenakan saat terjadi kesulitan dalam mesin ATM. Nasabah tersebut meminta tolong kepada orang disekitarnya untuk membantunya, nah peluang ini merupakan modus dari pelaku kejahatan tersebut yang memang sedang mengintai Anda untuk bisa mengetahui pin ATM dan juga berapa nomor rekening Anda.

  • Hindari Menggunakan Jaringan Internet Bebas

Beberapa nasabah berniat menggunakan jaringan internet bebas atau Wifi gratisan di sembarangan tempat adalah salah satu kesalahan yang bisa mengundang melakukan kejahatan pembobolan rekening bank karena saat itu internet protokol (IP) pada device atau ponsel Anda akan terbuka secara bebas. Hingga bisa dibobol oleh pelaku, lalu jangan pernah menyimpan password pin ATM pada browser karena jika email Anda dibobol maka rekening dan pin akan bisa disalahgunakan oleh orang lain.

  • Menghentikan Layanan M-banking Ketika Ganti Nomor Ponsel

Jika Anda mengganti ponsel maupun nomor ponsel, pastikan Anda terlebih dulu untuk menghapus data dari M-banking di ponsel lama dan juga menghapus data kontak di ponsel lama supaya tidak ada histori OTP pada akun keuangan apapun yang masih tertinggal di ponsel lama, bisa jadi jika masih tersisa akan digunakan untuk kejahatan.

  • Mengganti Pin Rekening Bank Secara Berkala

Mengganti pin ATM secara berkala merupakan kewajiban nasabah dan juga sudah sering kali dihimbau oleh pihak perbankan untuk menghindari Skimming Cyber Crime yang kian marak akhir akhir ini. Selain itu, gunakan pin kombinasi yang Anda saja yang bisa hafal untuk mengakses rekening Bank tersebut.

  • Rajin Memantau Mutasi Rekening

Jika Anda memiliki rekening Bank, pastikan memasang aplikasi M-banking dengan tujuan selain memudahkan transaksi juga bisa memantau transaksi mencurigakan yang mungkin tidak Anda lakukan. Jika ada transaksi janggal segera menghubungi call centre untuk menutup sementara akun rekening Anda.

 

Nah itu dia cara hindari pembobolan rekening bank dengan cara efektif dan bisa Anda lakukan dari sekarang, selain itu jaga selalu data diri Anda supaya tidak disalahgunakan orang lain untuk kejahatan melalui teknologi internet.

You may also like