Home Tips Hindari Kerugian dengan Memilih Pinjaman Online Terpercaya, Begini Caranya!

Hindari Kerugian dengan Memilih Pinjaman Online Terpercaya, Begini Caranya!

by Greg Pascal
pinjaman online terpercaya

Saat ini, semakin banyak aplikasi pinjaman online yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan dana Anda. Animo masyarakat terhadap pinjaman uang online juga semakin tinggi. Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk menentukan pinjaman online terpercaya. Berikut pembahasan lengkapnya!

Tips Memilih Pinjaman Online Terpercaya

Dengan adanya Fintech, tentu Anda akan lebih mudah mendapatkan pendanaan. Namun, sebelum memutuskan akan memilih pinjaman online yang mana, simak dulu tips berikut ini!

1. Pilih Pinjol yang Memiliki Transparansi Pembiayaan

Dikarenakan pinjaman online dilakukan tanpa adanya tatap muka, sebaiknya pilih pilih pinjol yang mengedepankan kejelasan proses, syarat, serta pembiayaan. Sangat penting bagi Anda memilih pinjol yang transparan.

Anda harus memastikan berapa besar bunga yang perlu dibayar, biaya terkait, serta jangka waktunya. Cari tahu informasi ini pada website pinjaman. Idealnya, semua informasi bisa didapatkan bahwa pada home page website tersebut.

2. Pinjaman Online yang Memudahkan Persyaratan

Salah satu ciri khas dari pinjaman online adalah kemudahan dalam hal persyaratan. Hal ini lah yang menjadi daya tarik tersendiri dari pinjol. Sebab, banyak orang yang merasa kesulitan mengajukan pinjaman pada bank konvensional.

Beberapa pinjaman online hanya menjadikan KTP serta foto untuk syarat dokumen yang harus dipenuhi. Tentu ini sangat mudah untuk dipenuhi. Sebaiknya, jangan memilih pinjaman online dengan syarat dokumen yang terlalu ribet seperti KK, rekening listrik, dan masih banyak lagi.

3. Proses Pencairan yang Lebih Cepat

Keunggulan lain dari pinjaman online terpercaya adalah pencairan yang cenderung cepat. Ada perusahaan yang bisa mencairkan pinjaman dalam jangka waktu seminggu, ada juga yang bisa mencarikan dana dalam sehari.

Nantinya, di lapangan, Anda akan menemukan beberapa pinjol yang bisa mencairkan dana sejak syarat dipenuhi serta verifikasi sudah dilakukan. Namun, ada juga yang mempunyai jeda waktu agak lama.

4. Pengajuan Pinjaman yang Lebih Fleksibel

Cara menentukan pinjaman online terpercaya yang selanjutnya adalah dengan melihat fleksibilitas dari pengajuan pinjamannya. Seperti pinjaman yang bisa lebih rendah dari 5 juta rupiah. Bahkan, ada juga yang bisa memberi pinjaman hanya 1 juta rupiah saja.

Pilih juga yang masa pinjaman yang dapat dipilih harian, jadi tidak harus mencicilnya. Pun, ada yang bisa melunasi dana lebih cepat tanpa denda.

Nah, fleksibilitas ini perlu benar-benar dipertimbangkan. Silahkan bandingkan penyedia pinjaman dan pilih yang memiliki fleksibilitas pinjaman paling baik.

5. Perusahaan Harus Terdaftar di OJK

Hal yang sama sekali tidak boleh ditoleransi dalam memilih pinjaman online terpercaya adalah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Artinya, Anda sudah memilih pinjaman resmi sehingga bisa terlindungi dari efek negatif perusahaan pinjaman yang ilegal.

Anda bisa memeriksa perusahaan tersebut di situs resmi OJK. Selain itu, cek juga daftar pinjaman online di website AFPI yang menaungi perusahaan P2P yang sudah terdaftar pada OJK.

pinjaman online terpercaya

Baca Artikel Selanjutnya :

6. Pinjaman Online yang Memiliki Layanan Konsumen

Tips menentukan pinjaman online terpercaya yang selanjutnya adalah memeriksa layanan konsumen perusahaan tersebut. Pastikan customer service tersebut mudah dihubungi. Baik berupa nomor telepon, WhatsApp, Email, atau alamat kantor.

Jadi, ketika Anda mengalami masalah, maka akan mendapatkan solusi dengan mudah. Dengan adanya layanan konsumen juga menandakan bahwa lembaga tersebut legal. Sebab, lembaga yang tidak bertanggung jawab akan selalu menutupi identitasnya.

7. Lihat Apakah Website dan Aplikasinya Secured

Anda juga perlu memastikan apakah pinjaman dilakukan pada situs yang telah terproteksi dengan secured. Sebab, fintech yang sudah terdaftar pada OJK wajib melakukan langkah keamanan pada website serta database agar data nasabah terlindungi.

Selain itu, pinjaman online terpercaya sudah lolos audit serta sertifikasi dari ISO teknologi informasi. Sehingga, keamanan data dari nasabah akan terjaga.

Anda bisa melihat apakah website tersebut terlindungi dari logo gembok pada bagian kiri atasnya. Hal ini menjadi salah satu indikasi dari aplikasi yang aman dan benar-benar terpercaya.

8. Kontrak Pinjaman yang Jelas

Sebelum mengajukan pinjaman, Anda harus meneliti kontrak perjanjian yang sudah ditawarkan. Sebaiknya, ajukan pertanyaan jika belum jelas. Sebab, kontrak adalah dasar hukum dari proses pinjaman yang Anda lakukan. Dimana hak serta kewajiban tertera pada kontrak tersebut.

Kesimpulan

Dikarenakan saat ini ada banyak sekali pinjaman online yang hadir di tengah-tengah masyarakat. Sah-sah saja bagi Anda untuk memanfaatkannya sebagai sumber pendanaan. Namun, Anda harus paham bahwa ada resiko jika Anda tidak memilih pinjaman online terpercaya.

Untuk itu, pastikan semua tips di atas sudah Anda lakukan dengan baik. Selain itu, pinjam lah dana secara bijak, artinya, hanya meminjam uang jika Anda memang benar-benar bisa membayarnya. Pun, pinjam uang sesuai dengan kebutuhan saja. 

Semoga informasi di atas bermanfaat dan pastikan memilih pinjaman online terpercaya!

You may also like