Home Belanja Hati-hati Kena Tipu! Berikut 3 Cara Belanja yang Aman di Media Sosial

Hati-hati Kena Tipu! Berikut 3 Cara Belanja yang Aman di Media Sosial

by Mas Abadi
tips belanja online

Saat ini, berbelanja bisa dilakukan dengan berbagai macam cara salah satunya dengan online. Belanja secara online lebih diminati lantaran anda tak perlu susah susah untuk keluar rumah, cukup dengan scroll produk yang ada di media sosial, anda pun telah bisa mendapatkan barang yang diinginkan. Namun, anda pun perlu berhati hati, berikut tips belanja online yang harus anda tahu.

Keuntungan Berbelanja Secara Online

1. Lebih Nyaman

Keuntungan belanja secara online ini adalah lebih nyaman. Bagaimana tidak, anda hanya perlu untuk duduk manis di kasur maupun sofa rumah saja. sehingga, anda tidak perlu untuk memikirkan akan menggunakan pakaian apa untuk pergi ke toko. Tidak hanya itu saja, ketika anda sedang sibuk dan tak ada waktu, dengan belanja secara online akan membuat anda tetap bisa membeli barang yang diinginkan.

2. Memiliki Diskon yang Lebih Besar

Ketika anda berbelanja secara online, anda akan memiliki kesempatan besar untuk memperoleh harga yang miring atau diskon. Hal ini dikarenakan bisnis online kerap kali menawarkan harga yang jauh lebih murah dibanding ketika anda datang ke toko offline seara langsung.

Pasalnya, barang barang yang dijual secara online memiliki harga yang cenderung lebih murah lantaran tidak adanya pajak bangunan seperti ketika anda membuka toko di store. Itulah yang melatarbelakangi banyak store offline yang juga memiliki toko online untuk mengembangkan bisnisnya.

3. Memiliki Barang yang Lebih Bervariasi

Salah satu keuntungan belanja online lainnya adalah memiliki variasi yang lebih banyak. Hal ini dikarenakan ketika anda belanja secara online, anda pun akan lebih bisa untuk menemukan barang yang tidak bisa anda temukan di store offline. Karena itu, barang yang anda inginkan akan tersedia lebih banyak dan lebih bervariasi.

Tips Berbelanja Secara Online yang Aman

1. Melihat Ulasan Dari Pembeli dan Cek Reputasi Toko

Meskipun berbelanja secara online memberikan banyak sekali kemudahan akan tetapi anda tak boleh sembarangan. Hal ini lantaran anda harus berhati hati ketika ingin belanja di internet ataupun media sosial. Sebab, banyak ratusan toko online yang menawarkan produk sama dengan harga yang bermacam macam dan variatif.

Oleh karena itu, anda tak hanya memilih harga yang sesuai dengan budget anda. Namun anda juga perlu untuk mengecek bagaimana reputasi dari toko tersebut. Hal ini sebagai salah satu acuan apakah toko tersebut terpercaya atau tidak. Selain mengecek reputasi dari toko tersebut, anda juga perlu melihat ulasan dari konsumen yang pernah membeli di toko itu.

Dengan melihat ulasan dari pelanggan, nilai toko yang didapatkan, persentase dari seberapa sering chat tersebut dibalas, anda pun bisa menghindari untuk terkena penipuan belanja online yang biasa terjadi. Untuk itu, sebagai pelanggan yang cerdas anda harus melihat ulasan dari pelanggan dan juga mengecek reputasi dari toko tersebut.

Baca Artikel Selanjutnya : Pilihan Aplikasi Belanja Sayur Online Nggak Pakai Ribet

2. Pilih Kurir Cepat Untuk Makanan

tips belanja online

Ketika anda berbelanja di toko online, sekarang banyak sekali jenis produk yang bisa anda beli. Mulai dari pakaian hingga makanan bisa anda dapatkan secara online. Namun, ketika anda ingin membeli makanan secara online, ada baiknya anda memilih kurir yang cepat sampai.

Hal ini bertujuan agar nantinya makanan tersebut tidak basi ketika datang ke lokasi anda. Pasalnya, saat ini tidak hanya keripik atau makanan lama saja yang bisa dijual di media sosial. Melainkan anda juga akan menemukan makanan basah seperti cake, sambal maupun lauk dengan bumbu basah.

Oleh karena itu, apabila anda tertarik untuk membeli makanan tersebut lebih baik anda mencari lokasi penjual yang masih satu kota dengan anda. Kemudian, anda juga bisa mencari kurir yang sehari sampai. Selain itu, anda pun perlu menambahkan ekstra bubble wrap agar produk tersebut tetap aman hingga sampai ke tangan anda.

3. Pilihlah Official Store

Salah satu tips untuk belanja online agar anda tidak tertipu adalah berbelanja di official store. Terutama make up, skincare dan suplemen. Hal ini dikarenakan produk skincare maupun suplemen yang populer dari luar negeri akan menarik minat konsumen untuk membelinya.

Namun, karena dijual secara online anda pun tidak bisa memastikan apakah produk tersebut asli atau kw. Untuk menghindari penipuan, anda pun bisa membelinya di store official. Selain itu, sebagai pembeli yang cerdas anda jangan gampang tergoda dengan harga yang terjangkau. Anda perlu mengecek apakah toko tersebut memang menjual barang asli atau kw.

Beberapa tips belanja online tersebut, anda pun bisa menghindari untuk mendapatkan barang yang palsu dan tertipu dari penjual abal abal. Oleh karena itu, meskipun belanja secara online dinilai lebih nyaman karena tak perlu keluar rumah, tapi ada banyak hal yang perlu untuk anda perhatikan. Sehingga anda pun bisa memperhatikan tips tersebut untuk mendapatkan barang dengan kualitas terbaik.

You may also like