Home Belanja Harga Ivermectin dan Faktanya Terkait Pengobatan Covid-19

Harga Ivermectin dan Faktanya Terkait Pengobatan Covid-19

by Mas Abadi
Harga Ivermectin

Belakangan ini obat cacing ivermectin muncul kembali di pasaran sebab digadang-gadang dapat membantu proses penyembuhan Covid-19. Tetapi, pada kenyataannya keberadaan ivermectin ini masih menjadi pro dan kontra khususnya pada kalangan ahli. Lalu, berapa harga ivermectin yang diperjualbelikan di pasaran serta benarkan obat ini manjur untuk mengobat Covid-19? 

Ivermectin merupakan obat anti parasit yang dipakai untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh infeksi cacing, oleh sebab itu, Ivermectin selalu dikenal sebagai obat cacing. Sejumlah infeksi maupun penyakit yang disebabkan oleh jenis cacing onchocerciasis dan strongyloidiasis bisa diobati dengan Ivermectin ini. 

Cara kerja dari obat yang satu ini bisa melumpuhkan bahkan membunuh larva cacing yang terdapat dalam tubuh manusia. Ivermectin ini juga dapat menekan dihasilkannya mikrofilaria. Alhasil, infeksi cacing didalam tubuh bisa berkurang. 

Menurut WHO, Ivermectin ini tak dianjurkan untuk membantu pengobatan Covid-19 sebab belum ada uji klinisnya. Supaya tidak memberikan informasi yang salah, berikut ini ulasan mengenai fakta dan harda dari obat Ivermectin. 

Definisi Ivermectin 

Ivermectin sendiri merupakan kategori obat antiparasit. Manfaat umumnya yaitu bisa mengatasi infeksi cacing di dalam tubuh. Ivermectin bagus untuk dikonsumsi oleh anak-anak dan orang dewasa. Di dunia farmasi, Ivermectin termasuk kategori C. Studi di hewan menunjukkan terjadinya efek janin dalam janin, walaupun belum terdapat studi lanjutannya untuk resiko di ibu hamil dan menyusui. 

Tetapi, ada baiknya untuk ibu hamil dan menyusui melakukan konsultasi ke dokter saat ingin mengkonsumsi Ivermectin ini. Selanjutnya, Ivermectin diprediksi mempunyai kemampuan untuk meminimalisir protein tertentu yang dibutuhkan virus untuk menyerang tubuh dan mempunyai efek anti radang. 

Harga Ivermectin 

Belum lama ini, Ivermectin menjadi perbincangan masyarakat di Indonesia sebab dirasa dapat menyembuhkan Covid-19. Tetapi pada kenyataanya kehadiran obat tersebut masih menjadi pro dan kontra. Banyak dari kalangan para ahli yang tidak menyarankan obat Ivermectin sebab belum ada uji klinis. 

Sampai sekarang, obat Ivermectin masih aman dikonsumsi untuk mengobat infeksi cacing dan membantu menyembuhkan infeksi kutu di penyakit kudis. Jika Anda mengalami infeksi cacing, Anda dapat mengkonsumsi obat Ivermectin ini. Berikut ini adalah daftar harga obat Ivermectin yang ada dipasaran. 

  • Tokopedia: Merk Ivermax 12 mg = Rp 425 ribu per setrip. Rata-rata harga obat Ivermectin ini mulai dari Rp 250 ribu sampai Rp 350 ribu per setripnya. Tentu saja produk seharga Rp 250 ribu yang lebih laris dibeli masyarakat. 
  • Shopee: Merk dagang Ivermax 12 mg Rp 200 ribu sampai Rp 350 ribu. Bahkan ada juga yang menjual di harga Rp 530 ribu per setripnya. 
  • Bukalapak: Merk Ivermax dijual seharga Rp 260 ribu hingga Rp 400 ribu per setrip. 
  • Halodoc: obat Ivermectin dijual seharga Rp 197 ribu untuk 20 tablet, berarti per tabletnya dijual seharga Rp 9 ribu. 

Tetapi jika Anda ingin mengkonsumsi obat ini Anda harus mendapatkan resep dari dokter. Karena Ivermectin masuk dalam kategori obat keras dan wajib mendapatkan rekomendasi surat dari dokter. 

Peringatan sebelum mengkonsumsi Ivermectin 

Sebelum digunakan, Anda harus mengetahui hal berikut: 

  • Jangan gunakan ivermectin jika Anda alergi pada obat ini. Beritahu dokter Anda mengenai riwayat alergi Anda. 
  • Hindari minum minuman keras saat mengambil ivermectin. 
  • Beritahu dokter Anda jika Anda pernah atau pernah menderita  kanker, ginjal, hati, HIV / AIDS, sistem kekebalan yang lemah, meningitis atau penyakit tidur.
  • Jangan mengemudi maupun melakukan aktivitas yang membutuhkan kewaspadaan setelah mengkonsumsi ivermectin. 
  • Jika Anda hamil, sedang menyusui, atau berencana hamil, beritahu dokter Anda mengenai pemakaian ivermectin. 
  • Beritahu dokter Anda bila Anda sedang mengkonsumsi obat, vitamin atau produk herbal apa pun.
  • Jika Anda memiliki reaksi alergi terhadap obat, overdosis, bahkan adanya efek samping serius selepas mengkonsumsi ivermectin, segera temui dokter Anda.

Aturan pakai dan dosis Ivermectin 

Dosis ivermectin tergantung pada keadaan yang akan diobati dan usia dari pasien tersebut: 

  • Keadaan: strongyloidiasis 

anak-anak maupun dewasa yang memiliki berat badan 15 kg: 200 mcg per harinya. 

  • Keadaan : Terjadi infeksi cacing Onchocerca volvulus

Anak-anak dan dewasa dengan berat badan 15 kg : 150 mcg sebagai dosis tunggal. Pengobatan diulang setiap 3-12 bulan hingga gejala hilang. 

  • Keadaan: Rosacea 

Dewasa: Sebagai krim 1%, oleskan jumlah yang cukup ke area bermasalah sekali sehari max 4 bulan. Pengobatan bisa diulang bila dibutuhkan. 

  • Keadaan: Kutu rambut

Anak-anak usia > 6 bulan maupun dewasa: losion 0,5%, dioleskan dalam dosis tunggal di kulit kepala dan rambut. Biarkan selama 10 menit sebelum membilasnya.

Nah, itu tadi ulasan tentang fakta dan harga dari obat Ivermectin yang harus Anda ketahui sebelum menggunakannya. Semoga artikel ini membantu Anda. 

You may also like