Home Tips Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Menjalani Tes Wawancara

Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Menjalani Tes Wawancara

by Mas Abadi

Tes wawancara atau interview merupakan tahapan penting yang harus dilalui seseorang ketika melamar pekerjaan. Pada tahap ini kamu akan diberikan kesempatan untuk menjelaskan secara singkat pengalaman, kemampuan, serta kelebihan yang kamu miliki. Biasanya pewawancara juga mengajukan pertanyaan seputar pekerjaan yang dilamar dan pengetahuanmu mengenai perusahaan terkait. 

Wawancara terlihat seperti halnya tanya jawab biasa namun nyatanya tidak bisa dianggap sepele. Karena umumnya, tes wawancaralah yang akan menentukan apakah kamu layak diterima atau tidak. Maka tak heran, jika sebagian besar orang masih beranggapan bahwa tes wawancara merupakan tahapan yang paling sulit dan menegangkan.

5 Persiapan untuk Tes Wawancara 

Untuk mempersiapkan diri, kamu bisa mempelajari pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul di tahap wawancara. Namun tak hanya cukup sampai disitu, masih ada banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum kamu menjalani tes wawancara kerja. Apa saja itu? Simak enam persiapan di bawah ini sebelum jalani tes wawancara!

  • Cari Informasi Mengenai Perusahaan dan Posisi yang Dilamar 

Hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu menggali sebanyak-banyaknya informasi tentang perusahaan dan posisi yang dilamar. Seperti yang sudah disebutkan di atas, seringkali pengetahuanmu mengenai perusahaan dan posisi yang dilamar akan diuji. 

Maka, jangan biarkan dirimu datang dengan kepala kosong agar tidak kebingungan dalam menjawab pertanyaan nantinya. Pahami posisi yang kamu lamar, mulai dari apa saja yang akan dikerjakan bahkan perkiraan gajinya. Pelajari juga visi dan misi, latar belakang hingga budaya kerja di perusahaan tersebut.

  • Menyiapkan Perlengkapan yang Perlu Dibawa

Untuk berjaga-jaga, ada beberapa perlengkapan yang perlu kamu bawa saat akan menjalani interview. Disarankan kamu menyiapkan dokumen untuk dibawa saat wawancara seperti salinan CV, portofolio, dan dokumen pendukung lainnya. 

Karena seringkali pewawancara akan meminta beberapa dokumen milikmu pada saat wawancara sedang berlangsung. Dan bisa jadi kamu diwawancara oleh lebih dari satu orang. Maka, sebaiknya siapkan dokumen-dokumen terutama CV dengan salinan yang cukup banyak. Perlengkapan lainnya yang perlu kamu bawa adalah alat tulis, paling tidak pulpen. Ada kemungkinan selain tes wawancara, kamu juga harus menjalani tes tertulis seperti psikotes. 

  • Siapkan Jawaban-Jawaban untuk Menanggapi Pertanyaan 

Pelajari pertanyaan-pertanyaan yang kemungkinan akan ditanyakan oleh pewawancara. Ini penting agar kamu selalu siap untuk menjawab setiap pertanyaan yang muncul saat tes wawancara berlangsung. Perbanyak pengetahuanmu mengenai hal ini karena kadang kala ada beberapa pertanyaan jebakan yang harus kamu jawab dengan hati-hati. 

Memang tak ada jawaban benar atau salah, tetapi sangat disarankan agar kamu menyiapkan terlebih dahulu jawaban-jawaban atas pertanyaan yang diajukan pewawancara. Sebagai gambaran, biasanya pewawancara akan menanyakan beberapa hal diantaranya adalah :

  • Pengalaman kerjamu selama ini
  • Kemampuan yang kamu miliki terkait posisi yang dilamar
  • Kontribusi yang bisa diberikan ke perusahaan 
  • Kelebihan serta kekuranganmu
  • dan masih banyak lagi
  • Melatih Body Language

Sebelum menjalani tes wawancara, sebaiknya persiapkan dirimu sebaik mungkin. Nah, salah satu yang harus diperhatikan yakni body language atau gestur tubuh. Hal ini juga menjadi faktor penting yang akan dinilai oleh pewawancara. Dan terkadang ketika kamu gugup, gestur tubuh jadi sulit terkendali. Gestur tubuh memang perlu dilatih terus menerus sampai kamu terbiasa. 

Idealnya, kamu harus menunjukkan sikap percaya diri ketika sedang menjalani tes wawancara. Dan kepercayaan diri hanya bisa ditunjukkan melalui gestur tubuh. Lantas, seperti apa sih gestur yang baik saat wawancara? 

Pastikan untuk selalu menjaga kontak mata ketika kamu atau pewawancara sedang berbicara. Duduklah dengan posisi tegak dan hindari terlalu banyak gerak. Karena ini akan menunjukkan bahwa kamu sedang merasa gelisah. Selain itu, kamu bisa sesekali menggerakan tangan saat menjawab pertanyaan namun jangan terlalu berlebihan.

  • Datanglah Tepat Waktu dan Gunakan Pakaian yang Rapi

Berikan kesan pertama yang baik dan positif. Caranya yaitu dengan datang tepat waktu sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Namun, alangkah lebih baiknya jika kamu datang sekitar 15-30 menit sebelum jadwal wawancara berlangsung. Hal ini bisa menunjukkan kedisiplinanmu dan sikap menghargai waktu. Jeda waktu tersebut bisa kamu gunakan untuk menyiapkan perlengkapan wawancara dan merapikan penampilan. 

Selain datang tepat waktu, penampilanmu saat menghadiri wawancara juga harus diperhatikan. Penampilanmu adalah hal yang tak luput untuk dinilai pewawancara. Sebaiknya, gunakan pakaian yang rapi dan sopan saat wawancara. Sesuaikan penampilan dengan perusahaan yang kamu lamar. Misal kamu melamar di bank, maka kamu bisa berpenampilan lebih formal. Namun jika perusahaan yang kamu lamar bergerak di bidang industri kreatif, penampilan casual bisa jadi pilihan. 

Nah, itu dia 5 hal yang perlu dipersiapkan sebelum kamu menjalani tes wawancara. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu, ya! 

 

 

 

You may also like