Home Tips Hal yang Harus Dihindari Ketika Belanja Menggunakan Kartu Kredit

Hal yang Harus Dihindari Ketika Belanja Menggunakan Kartu Kredit

by Mas Abadi

Belanja merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan, mulai dari belanja kebutuhan pokok, baju, tas, makanan bulan dan yang lainnya memang hal yang tidak akan membosankan. Lebih mudah lagi saat ini ada transaksi non tunai dengan menggunakan kartu kredit. Kartu kredit merupakan jenis pembayaran yang menggunakan kartu, kamu bisa belanja terlebih dahulu dengan bayaran nya nanti. Setelah itu pelunasan akan dicicil dengan periode waktu tertentu. 

Dengan berbagai kemudahan bertransaksi ini, menyebabkan belanja jadi tidak terkontrol. Dampaknya yaitu tagihan makin membengkak sehingga kamu kesulitan untuk membayarnya. Ternyata menggunakan kartu kredit juga tidak boleh sembarangan, harus ada beberapa hal yang dihindari terutama saat menggunakan kartu kredit untuk belanja. Maka dari itu, hal yang harus dihindari ketika belanja menggunakan kartu kredit. 

Tidak Memiliki Kartu Kredit Lebih Dari satu

Hal yang yang harus dihindari sebelum memilih untuk menggunakan kartu kredit adalah yang pertama, pastikan bahwa kamu tidak memiliki lebih dari satu kredit untuk dipakai. Menggunakan kartu kredit yang banyak juga akan berpengaruh pada banyaknya kemungkinan kamu melakukan belanja dengan boros. Kamu cenderung memiliki kesempatan untuk terus bertransaksi tanpa memikirkan dampak yang akan terjadi setelahnya. 

Dampak yang akan terjadi bila kamu memiliki kartu kredit lebih dari satu, yaitu membuat tagihan pembayaran cicilan setiap bulannya semakin banyak. Sehingga akan menyulitkan kamu untuk membayar semua tagihan tersebut. Maka mulai dari sebelum kamu memiliki kartu kredit, tahan keinginan kamu untuk tidak memilikinya lebih dari satu. Karena, jika keuangan sedang tidak stabil, jangankan membayar tagihan dua atau tiga kartu kredit, satu pun akan sulit. 

Menyesuaikan Belanja dengan Kemampuan Financial

Meskipun menggunakan kredit merupakan suatu cara transaksi yang mudah dan praktis untuk dilakukan, tetap saja kamu harus menjaga keinginan belanja agar tidak berlebihan. Jika kemampuan financial kamu tidak cukup untuk belanja hal-hal yang tidak penting, maka sebaiknya uang kamu belanjakan untuk kebutuhan pokok saja. Sehingga tidak akan mengeluarkan sana yang lebih untuk kebutuhan yang lainnya. 

Kemampuan finansial bisa kamu ukur dari berapa pendapat kamu selama kurang lebih sebulan. Jika kamu memiliki gaji atau pendapat di bawah rata-rata maka kamu bisa menyesuaikan nya dengan kebutuhan belanja sehari-hari. Mulailah bet hemat agar kondisi financial kamu tidak memburuk, sehingga kamu bisa gunakan kartu kredit hanya untuk kebutuhan yang mendesak saja. 

Menghindari Pembayaran Minimum

Mungkin pembayaran minimum bagi sebagian orang adalah bentuk pembayaran yang dapat meringankan tagihan. Karena kamu bisa membayarkan cicilan dengan nominal uang yang sedikit. Padahal kenyataannya tidak seperti itu, biasanya segala jenis pembayaran disertai dengan bunga, yang harus kamu ketahui bahwa pembayaran minimum ini disertai dengan bunga yang lumayan besar. Sehingga meskipun bayaran pokoknya kecil, tetapi bunga yang harus dibayarkan malah bisa jadi lebih besar dari pokoknya. 

Dalam prosesnya, pihak bank akan menawarkan beberapa jenis pembayaran yang akan digunakan customer sebagai cara membayar tagihan. Salah satunya pembayaran minimum ini. Jadi jika kamu sudah tahu mengenai ini, sebaiknya dihindari. Karena dampaknya akan sangat besar dan merugikan kamu sebagai pemakai kartu kredit. Apalagi jika kamu sering menggunakannya. 

Menggunakan Kartu Kredit Untuk Belanja Setiap Saat

Masyarakat yang memiliki kartu kredit biasanya menggunakannya sebagai bagian dari gaya hidup. Sehingga segala apapun kebutuhan dan keinginan, berbelanja dengan menggunakan kartu kredit adalah hal yanh sudah biasa dilakukan. Tanpa berpikir panjang tentang berapa banyak pembengkakan hutang yang akan kamu temui di kemudian hari. 

Alangkah lebih baiknya, jika kamu tidak menggunakan kartu kredit setiap saat. Menggunakan kartu kredit untuk belanja yang penting  saja agar tidak banyak membebankan pembayaran. Misalnya untuk membeli barang yang harganya lumayan mahal dan hanya beli sekali. Bukan menggunakan kartu kredit untuk membeli hal-hal yang tidak penting dan terus menerus. Belanjaan yang bisa kamu beli langsung sebaiknya dibeli saja di pasar agar lebih murah. 

Melebihi Limit Transaksi

Setiap kartu kredit memiliki limit nominal transaksi yang sudah ditetapkan pada setiap bank san kemampuan finansial kamu di awal pembuatan kartu. Dari poin diatas hall yang pastinya harus sangat dihindari dalam belanja menggunakan kartu kredit yaitu tidak boleh transaksi melebihi limit yang sudah ditetapkan. Karena jika kamu menggunakan kartu kredit melebihi limit resiko yang akan kamu dapati yaitu denda yang besar. 

Nah itu dia beberapa hal yang harus kamu hindari ketika belanja menggunakan kartu kredit. Kamu bisa mulai menghindari hal-hal yang mudah untuk dilakukan, agar setelahnya bisa menghindari hal yang sulit untuk ditinggalkan. Selalu ingat bahwa kartu kredit bukan lah  gaya hidup yang bisa kamu pakai setiap saat, akan ada tagihan pembayaran di setiap transaksi yang dilakukan. 

You may also like