Home Perencanaan Hal Sulit untuk Capai Merdeka Finansial

Hal Sulit untuk Capai Merdeka Finansial

by Mas Abadi

Setiap orang tentunya ingin merasakan yang namanya mencapai financial freedom, aliran keluar masuk ruang lancar memiliki dana darurat simpanan pensiun aman dan hal-hal yang berhubungan dengan finansial.

Namun, pada kenyataannya untuk bisa mencapai kebebasan finansial ini memanglah tidak mudah karena selalu ada saja kendalanya. Hambatannya tentu berbeda-beda misalnya dari cara hidup sampai dengan pengelolaan keuangan yang berantakan.

Alasan sulit mencapai financial freedom

Saat seseorang sudah mencapai financial freedom di mana kondisi keuangannya sangat stabil sehingga ia tidak perlu lagi merasa khawatir akan mengalami krisis. Biasanya kebebasan atau merdeka dalam hal keuangan ini dapat terwujud ketika kamu mempunyai pasif income yang dapat memenuhi kebutuhan serta biaya hidup.

Tetapi sayang, pada kenyataannya masih banyak yang belum dapat merasakan kebebasan finansial, tentu ini ada alasannya. Nah berikut ini adalah beberapa faktor penyebabnya, yaitu :

1. Pola pikir yang keliru

Hilangkan pikiran bahwa hanya orang-orang kaya saja yang dapat menikmati kebebasan finansial. Karena pada dasarnya siapapun termasuk kamu bisa mencapai financial freedom apabila sudah tahu bagaimana cara untuk memperolehnya.

2. Tidak mengerti esensi dari merdeka finansial

Faktor kedua adalah kurangnya pemahaman akan sesuatu yang kerap membuat kamu menjadi rugi. Ya, tidak memahami tentang esensi dari kesehatan secara finansial adalah penyebab kamu tidak dapat mencapai merdeka finansial. 

Kebanyakan orang pasti akan berpikir “ah, masih ada uang dan gaji jadi masih aman.” Padahal yang dimaksud dengan mandiri secara keuangan itu lebih dari “oh, aku masih punya uang.” Jadi, belajarlah untuk mencari tahu makna dari kebebasan finansial.

3. Gaya hidup yang berlebihan

Perhatikanlah gaya hidup yang saat ini kamu lakukan, apakah termasuk yang berlebihan atau masih dapat mengontrol keinginan untuk berfoya-foya bersama dengan teman-temanmu. Karena kamu harus tahu ketika kamu memiliki gaya hidup yang berlebihan hal ini tentunya akan sangat mempengaruhi kesehatan finansial yang kamu miliki.

Mulailah belajar untuk bisa menghemat dan mengontrol pengeluaran-pengeluaran yang sebenarnya tidak penting, misalnya seperti memilih satu cup kopi bermerk yang harganya mencapai puluhan ribu rupiah dan kamu menggantinya dengan kopi sachet yang diseduh sendiri. Pastinya akan terasa perbedaannya pada keuanganmu.

4. Tidak mengerti caranya

Poin ke-4 mengapa untuk mencapai kebebasan finansial terasa sulit adalah karena kamu tidak mengerti bagaimana cara untuk mendapatkannya. Seperti yang tadi sudah dikatakan sebelumnya bahwa untuk bisa ada di tingkat financial freedom kamu haruslah setelah bisa membuat passive income yang kamu miliki telah mampu memenuhi kebutuhan.

Pasif income di sini bisa di maksudkan adalah kamu memiliki sebuah properti baik yang bergerak maupun yang tidak untuk nantinya dimanfaatkan agar dapat memberikan penghasilan tanpa kamu harus bekerja keras. 

Contohnya ketika kamu memiliki sebuah hunian yang tidak digunakan bisa disewakan atau dijadikan kos-kosan. Bisa juga jika memiliki tanah lapang tawarkanlah tanahmu untuk dijadikan area parkir.

Tips mencapai financial freedom

Kamu tidak perlu merasa khawatir karena setiap orang pasti dapat meraih financial freedom asalkan mau belajar bagaimana caranya mengelola keuangan dengan benar dan meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat merusak kesehatan keuangan. Berikut ada tiga tips untuk kamu supaya bisa mencapai kebebasan finansial sehingga dapat menikmati hidupmu dengan lebih bebas dan bahagia.

1. Membangun komunikasi dengan keluarga

Tidak berdiskusi dengan keluarga mengenai hal-hal yang menyangkut dengan keuangan juga bisa dibilang kesalahan yang dianggap sepele oleh banyak orang. Padahal ketika kamu memang memiliki tujuan hidup atau target, bicarakanlah masalah ini dengan keluargamu.

Apalagi jika tujuan tersebut melibatkan uang di dalamnya. Contohnya seperti kamu ingin hidup tanpa dibebani dengan hutang. Nah, diskusikanlah hal ini baik dengan orang tuamu ataupun pasangan, bagaimana caranya untuk mendapatkan atau mencapai target tersebut.

2. Siapkan budget

Kedua adalah dengan belajar membuat pembukuan atau perencanaan keuangan. Di mana dalam buku tersebut kamu menuliskan apa saja yang wajib atau rutin harus dikeluarkan, kemudian hal-hal yang dibutuhkan dan terakhir yang ingin kamu dapatkan. 

Selain itu anggarkan pula tentang tagihan-tagihan yang bersifat konsumtif, buatlah target kapan hutang tersebut dapat kamu selesaikan. Jika sudah bisa kamu targetkan dan berhasil setelah itu jangan lagi memiliki hutang.

3. Belilah aset produktif yang dapat memberikan passive income

Pada poin di atas sudah dijelaskan bahwa ketika kamu ingin mencapai merdeka secara finansial maka harus mempunyai aset produktif baik yang bergerak maupun tidak supaya kamu mempunyai passive income. Penghasilan dengan jenis ini bisa berupa deposito, saham, properti yang disewakan keuntungan dari bisnis dan masih banyak lagi.

Demikianlah tadi ulasan mengenai faktor penyebab mengapa sulit untuk bisa mencapai merdeka finansial dan tips singkat supaya kamu dapat meraih financial freedom. Intinya adalah kamu harus memiliki tekad dan juga konsisten dalam menerapkan pola pengelolaan keuangan yang baik.

You may also like