Home Bisnis Hal-hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Quality Control

Hal-hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Quality Control

by Mas Abadi
Quality Control

Quality control (QC) merupakan bagian penting dan wajib dilalui setiap perusahaan atau usaha khususnya bila mereka membuat produk atau jasa. QC ini jelas harus dilakukan dalam software development, proses desain produk, penjualan barang yang dibuat secara massal dan sejenisnya. 

Jika tidak melewati proses ini, mungkin saja bisa terjadi kesalahan yang bisa merugikan bisnis. Tentunya Anda ingin tahu lebih jauh tentang QC ini bukan? Tidak perlu bingung, karena kita akan membahasnya. Untuk itu, simak ulasannya berikut ini. 

Apa itu Quality Control? 

Sebelum membahas lebih lanjut, pertama kita akan menjelaskan tentang definisi dari quality control. 

Quality Control merupakan proses pemeriksaan ulang yang dilakukan para perusahaan untuk memastikan kembali produk yang mereka buat sudah sesuai standar. Untuk proses ini, bisnis sangat memungkinkan untuk memperbaiki kualitas produk supaya lebih baik sebelum dipasarkan ke publik. 

Cara Kerja QC

Untuk melakukan quality control, pastinya terdapat prosedur yang wajib dilewati. Di bawah ini adalah beberapa prosedurnya. 

  • Menentukan standar

Prosedur pertama dari quality control yaitu menentukan standar. Lalu, apa saja standar yang wajib dipenuhi sebelum barang dapat dipasarkan? Apakah satu per satu barang harus diperiksa? Apa bisa memeriksa hanya beberapa persen dari jumlah produk yang dibuat? 

Ini penting sekali untuk dilaksanakan di awal, sebab menjadi sebuah penentu efektivitas produksi dan proses kelayakan layanan atau produk yang akan diberikan. 

  • Menyesuaikan visi dan misi perusahaan 

Prosedur selanjutnya yang wajib diikuti yaitu menyesuaikan visi dan misi perusahaan dengan para pegawainya. Mengapa ini menjadi hal yang penting? 

Saat melaksanakan quality control, tujuan utamanya yaitu untuk menjaga kualitas dari produk maupun layanan yang diberikan. Hal tersebut dapat tercapai dengan optimal jika manajemen dan pegawai mempunyai perspektif yang sama, jika kualitas produk harus selalu dijaga serta sesuai dengan standar yang telah ditentukan. 

Untuk menyesuaikan visi dan misi ini, perusahaan dapat melatih para pegawainya dan menetapkan standar seperti yang telah dibahas pada poin sebelumnya. 

  • Memperbaiki produk maupun layanan yang diberikan 

Setelah menetapkan standar perusahaan dan menyesuaikan visi misi serta pegawai, langkah berikutnya yaitu melaksanakan QC. 

Di prosedur quality control, ada sebuah hal yang wajib di cari tahu yakni produk-produk yang gagal. Lalu, tim yang bertanggung jawab dapat memperbaikinya supaya sesuai dengan standar. Adanya quality control ini diharapkan jumlah produk yang tidak sesuai atau gagal bisa terus berkurang.

Lalu, bagaimana bila tidak berkurang? Bagaimana bila ada banyak sekali produk yang rusak dan layanan yang diberikan tidak memuaskan untuk pelanggan? 

Jika sampai pada titik tersebut, tentu saja perusahaan wajib membuat rencana untuk memperbaiki seluruh proses produksi dan juga layanan yang diberikan. Intinya, proses ini selalu ada supaya memastikan tidak terjadi kesalahan yang dibuat atau meminimalisirnya. 

Manfaat Quality Control 

  • Produksi secara konsisten 

Manfaat pertama yang bisa didapatkan jika menjalankan quality control yaitu menjaga konsistensi produksi. Hal tersebut termasuk produksi dan kualitas yang diberikan. Saat melaksanakan quality control, pastinya terdapat standar yang sudah ditentukan di awal. 

Fungsi dari quality control yaitu memastikan jika setiap orang telah melaksanakan tugasnya, produk sesuai standar kualitas yang ditawarkan dan tidak adanya produk atau layanan yang cacat saat dipasarkan. 

  • Menjaga kepuasan customer 

Saat memproduksi produk yang telah dipasarkan maupun layanan yang telah digunakan, pastinya terdapat standar yang melekat pada customer. Nah, kepuasaan dari customer ini yang harus dijaga, sebab hal ini menjadi salah satu faktor yang berpengaruh pada customer loyalty. 

Jangan sampai terjadi kesalahan yang fatal dan tidak diketahui, lalu membuat para customer tidak ingin lagi membeli atau menggunakan produk serta layanan Anda. 

  • Meningkatkan efisiensi 

Manfaat selanjutnya yaitu meningkatkan efisiensi, mulai dari proses produksi, waktu, hingga tenaga. Karena, jika tidak melakukan QC, mungkin saja bisa terjadi kesalahan bahkan cacat di sebuah produk. Jika sudah ditemukan, Anda wajib memperbaiki dan hal ini pastinya akan memakan waktu dan tenaga. 

Untuk itu, lebih baik melakukan pengecekan di awal, lalu waktu, tenaga dan biaya yang dimiliki dapat difokuskan pada pengembangan ekspansi atau kualitas produk. 

  • Bisnis bisa lebih berkembang 

Manfaat yang terakhir yaitu bisa meningkatkan bisnis untuk semakin berkembang. Bagaimana tidak, jika proses produksi konsisten, efisien dan pelanggan merasa puas, bukankah bisa menjadi lebih mudah dalam mengembangkan bisnis? 

Perusahaan anda dapat mengoptimalkan pekerja, sebab sudah memiliki standar yang ditetapkan untuk melakukan proses produksi. Bukan hanya itu saja, perusahaan juga dapat memperbaharui sistem, produk dan hal mendetail lainnya. 

Nah, itu tadi ulasan seputar quality control yang harus Anda ketahui jika terjun dalam bidang bisnis yang membuat produk atau memberikan layanan jasa.

 

You may also like