Home Tips Hal-hal yang Bisa Kamu Lakukan kalau Uang tidak Keluar dari ATM

Hal-hal yang Bisa Kamu Lakukan kalau Uang tidak Keluar dari ATM

by admin

Saat ini, untuk bisa mengambil uang tunai dari rekening sudah sangatlah mudah. Dimana sudah ATM yang memang memberikan banyak kemudahan untuk masyarakat. Tapi, ternyata ketika menggunakan ATM ada saja kendala yang muncul. Salah satunya adalah ketika uang tidak keluar. Kondisi yang satu ini sendiri kerap kali membuat Anda panik. Apalagi jika ternyata jumlah yang ditarik juga besar. 

Namun, jika Anda mengalami kejadian tersebut, lebih baik tenang terlebih dahulu. Karena ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Apa saja hal yang dapat dilakukan ketika uang tidak keluar dari mesin ATM? Simak ulasannya di bawah ini. 

Penyebab Uang Tidak Keluar dari ATM

Banyak sekali hal yang yang menyebabkan kenapa uang yang ditarik tidak keluar dari mesin ATM. Namun, sebelum Anda tahu apa yang harus dilakukan, maka lebih baik memahami terlebih dahulu penyebabnya. Berikut ini adalah penyebab uang tidak keluar dari ATM:

ATM sedang mengalami gangguan 

Penyebab pertama uang di ATM tidak bisa keluar adalah karena mesinnya mengalami gangguan. Tapi, ketika hal ini memang terjadi biasanya ada keterangan pada layar ATM. Namun, jika memang tidak ada keterangan apapun, bisa jadi ada masalah pada server pusat. 

Pemadaman listrik 

Penyebab selanjutnya adalah adanya pemadaman listrik disaat Anda sedang bertransaksi di mesin ATM. Sehingga uang pun tidak keluar dari ATM. Walaupun penyebab yang satu ini sendiri jarang terjadi, tapi kemungkinan bisa Anda alami juga ada. 

Ada yang menahan 

Untuk kasus ini sendiri biasanya dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Dimana mereka sengaja menahan bagian tempat uang keluar. Sehingga ketika Anda menarik uang tunai, uang pun tidak akan keluar dari mesin. Pada dalam transaksi sendiri pun sudah dipastikan semua berhasil. 

Hal yang Harus Dilakukan Ketika Uang Tidak Keluar dari ATM

Dengan adanya penyebab di atas, maka Anda bisa melakukan beberapa hal jika memang mesin ATM tidak mengeluarkan uang yang Anda tarik. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan jika uang tidak keluar dari mesin ATM: 

Jangan panik 

Hal pertama yang harus Anda lakukan jelas jangan merasa panik. Jika Anda terlalu panik, akan membuat Anda tidak bisa menemukan solusi yang tepat. Tetap tenang adalah jalan yang paling baik. Ketika uang memang benar-benar tidak keluar, maka lebih baik pastikan bahwa ATM sudah keluar. Karena jika ATM tertelan, maka Anda mau tidak mau harus menelepon Customer service. 

Pastikan listrik tidak mati 

Hal selanjutnya, Anda bisa mengecek keadaan sekitar. Bisa jadi memang ada pemadaman listrik yang menyebabkan uang tidak keluar dari ATM. Bila ini terjadi, maka Anda lebih baik menghubungi penjaga lokasi ATM. Sehingga bisa mendapatkan informasi apakah pemadaman akan memakan waktu lama atau tidak. 

Cek apakah ada yang menahan uang 

Ketika Anda sudah tarik tunai dan ternyata proses ini sudah sukses dan uang tidak keluar sama sekali, maka Anda lebih baik cek bagian tempat uang keluar. Amati baik-baik apakah ada yang menahannya atau tidak. Jika Anda merasa curiga, segera laporkan saja kepada penjaga atau satpam di lokasi ATM berada. 

Karena hal ini adalah salah satu tindak kriminal, lebih baik Anda mencari bantuan orang lain agar ada saksi yang tahu betul bahwa memang ATM telah dimanipulasi oleh orang yang tidak bertanggung jawab. 

Cek mutasi 

Apabila ketika Anda di ATM untuk tarik tunai, tapi uang tidak keluar. Maka pastikan bahwa kartu ATM sudah keluar. Ketika ATM sudah keluar, maka masukkan kembali kartu ATM dan kemudian Anda bisa cek bagian mutasi atau cek saldo. Jika memang mesin yang mengalami gangguan, maka secara otomatis transaksi Anda akan decline. Sehingga saldo pun tidak akan berkurang. 

Menghubungi bank 

Cara selanjutnya jika memang uang tidak keluar dari ATM dan ternyata kartu juga tertelan, maka lebih baik segera menghubungi bank. Laporkan secara terperinci kejadian yang Anda alami ini. Beri tahu lokasi ATM, kapan waktu mengambil uangnya dan lain sebagainya. Nantinya petugas akan dengan senang hati membantu permasalahan Anda. 

Jika memang ada gangguan Anda pun akan dikabari dan saldo dalam rekening tidak akan berkurang. Tapi, jika ada masalah lain, maka pihak customer service akan melakukan pengecekan lebih jauh. 

Demikianlah beberapa hal yang harus Anda lakukan ketika tarik tunai di ATM, namun uang tidak keluar. Dengan mengikuti langkah tersebut, Anda pun tidak usah panik lagi. Karena jika memang ada kendala pada mesin, maka secara otomatis uang dalam rekening pun tidak akan berkurang. Apabila uang berkurang, maka laporkan langsung ke bank, sehingga Anda bisa mendapatkan jawaban terkait uang uang tidak keluar dari ATM.

You may also like