Home Uncategorized Hal-hal Penting yang Harus Kamu Pelajari Sebelum Beli Saham IPO

Hal-hal Penting yang Harus Kamu Pelajari Sebelum Beli Saham IPO

by admin

Akhir-akhir ini Initial Public Offering (IPO) atau sebutan lainnya yaitu go public sedang ramai diperbincangkan. Seperti halnya perusahaan GoTo (Gojek dan Tokopedia) yang belum lama ini melakukan IPO dan langsung  mendapat banyak perhatian dari hampir semua kalangan masyarakat. Lalu, apa sebenarnya Initial Public Offering atau IPO itu ?

IPO adalah penawaran saham yang dilakukan sebuah perusahaan untuk pertama kalinya secara terbuka atau dijual untuk umum melalui bursa efek. Biasanya, sebelum IPO ditawarkan untuk umum, jadwal IPO perusahaan akan diumumkan melalui situs resmi Bursa Efek Indonesia (BEI). Karena saham-saham yang baru pertama kali ditawarkan di bursa efek, pasti tidak akan pernah sepi peminat. Sehingga para investor bisa mempersiapkan modal jauh-jauh hari sebelumnya dengan adanya jadwal IPO yang beredar.

Apa Tujuan Perusahaan Melakukan IPO ?

Perusahaan yang melakukan IPO adalah perusahaan-perusahaan besar yang keuangannya sudah stabil dan aktivitas bisnisnya lancar. Namun yang sering menjadi pertanyaan adalah mengapa mereka masih bersikeras untuk menawarkan saham ke publik ?

  • Mendapatkan Tambahan Modal

IPO atau go public adalah cara yang paling efektif untuk mendapatkan dana segar sebagai tambahan modal. Melalui IPO, perusahaan bisa sekaligus berinvestasi secara jangka panjang dibandingkan mengajukan dana pinjaman di bank. Modal tersebut yang nantinya akan digunakan untuk mengembangkan perusahaan.

  • Menaikkan Citra Dan Kredibilitas Perusahaan

Syarat untuk melepas saham IPO ke pasar modal tidak mudah. Banyak hal yang harus terpenuhi seperti struktur dan manajemen yang jelas, memiliki aset nyata minimal 100 miliar hingga batas minimal saham yang dilepas ke publik yaitu 150 juta lembar. Berbagai persyaratan yang cukup sulit tersebut, tentunya akan meningkatkan kredibilitas perusahaan di mata masyarakat. Dan secara tidak langsung, citra perusahaan juga semakin baik karena pasti akan terus diperbincangkan saat mereka melakukan IPO.

  • Mendapatkan Keringanan Dalam Membayar Pajak

Perusahaan yang berhasil menjadi perusahaan go public, akan memperoleh potongan pajak dari pemerintah. Pajak penghasilan yang wajib dibayarkan hanya sebesar 5%. Tentunya besaran pajak tersebut lebih rendah dari perusahaan yang belum melakukan IPO.

Tertarik Beli Saham IPO ? Simak Tips Berikut

Saham IPO yang baru dikeluarkan pertama kali oleh suatu perusahaan, pastinya akan mengundang antusiasme masyarakat karena bisa dibeli pada harga saham yang masih rendah. Dan bisa mendapatkan imbal hasil yang tinggi jika perusahaan terus berkembang. Nah, jika kamu termasuk yang ingin membeli saham IPO, simak terlebih dahulu tips-tips di bawah ini.

  • Ketahui Bisnis yang Dijalankan Perusahaan 

Sebelum membeli saham dari perusahaan yang akan go public, kamu harus mencari informasi terkait perusahaannya terlebih dahulu. Pahami sumber pendapatan utama mereka dan bagaimana prospek perusahaan tersebut kedepannya. Apakah sektor bisnis yang dijalankan perusahaan itu termasuk yang akan  bertahan lama, jika tidak maka sebaiknya jangan mencoba membeli sahamnya.

  • Pahami Keunggulan Perusahaan 

Saham IPO yang bagus dimiliki oleh perusahaan-perusahaan yang unggul di antara para kompetitornya. Carilah keunggulan perusahaan yang akan IPO, bandingkan dengan kompetitornya. Perusahaan yang lebih unggul bisa dilihat salah satunya dari kepemilikan hak cipta sehingga tidak akan bisa ditiru oleh yang lainnya.

  • Ketahui Track Record Perusahaan

Kinerja perusahaan sebelum menjadi IPO harus kamu ketahui dahulu, bagaimana track record atau rekam jejaknya hingga perusahaan itu bisa berkembang pesat. Karena jika suatu perusahaan memiliki track record yang baik, itu artinya pertumbuhan bisnisnya juga positif. Sehingga besar kemungkinan saham IPO yang ditawarkan juga akan tumbuh dengan baik.

  • Selidiki Tim Manajemen yang Ada Dalam Perusahaan

Tim manajemen yang ada di perusahaan merupakan tokoh utama dalam berjalannya aktivitas bisnis. Mereka yang akan menjadi penentu perusahaan bisa berhasil atau tidak. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk menyelidiki orang-orang yang di dalam perusahaan. Dan jika jumlah dividen yang diberikan kepada tim manajemen perushaan lebih besar daripada pemegang saham, maka saham dari perusahaan tersebut harus kamu hindari.

  • Mempelajari Prospektuk Perusahaan

Di saat perusahaan akan melakukan IPO, maka calon investor bisa membaca prospektus perusahaan. Sebuah dokumen resmi yang berisi tentang perusahaan tersebut mulai dari profil perusahaan, tujuan melakukan investasi, kinerja hingga laporan tahunan. Dari sini kamu bisa mengetahui kekuatan yang dimiliki perusahaan tersebut serta mengenali risikonya.

Itulah tadi hal-hal penting yang mesti kamu pelajari sebelum melakukan pembelian saham IPO atau go public. Dari penjabaran di atas bisa disimpulkan bahwa memahami secara detail tentang perusahaan sangat membantumu dalam menentukan saham IPO mana yang sebaiknya dibeli. Jangan hanya tergiur hanya karena banyak yang tertarik pada perusahaan yang sedang IPO tanpa melakukan analisa terlebih dahulu.

You may also like