Home Keterampilan Godaan Finansial Berikut Harus Dihindari supaya Keuangan Kamu Sehat

Godaan Finansial Berikut Harus Dihindari supaya Keuangan Kamu Sehat

by Mas Abadi

Rencana keuangan yang baik tidak hanya memikirkan tentang masa depan anda yang lebih cerah, namun juga dengan mengurangi rasa cemas akan adanya masalah keuangan. Cobalah untuk menjaga situasi keuangan anda supaya terkendali sehingga anda dapat menghindari stres berlebih akibat finansial. 

Timbulnya rasa stres dan kecemasan tentang finansial juga bisa dicegah dengan anda menghindari beberapa kesalahan fatal dan kerap dilakukan oleh banyak orang saat mengatur keuangan mereka. Berikut dibawah ini adalah beberapa kesalahan keuangan yang fatal dan harus dihindari.

Tidak mempunyai rencana keuangan

Sama halnya dengan mencatat serta mempunyai dana darurat, membuat perencanaan keuangan dengan baik dan matang. Tentunya akan menjadi bantuan tersendiri bagi Anda dalam hal mencapai impian atau meraih keinginan yang selama ini telah diidam-idamkan. Contohnya ketika Anda memimpikan membeli satu unit mobil. 

Dengan Anda membuat perencanaan keuangan secara cermat, tentunya mobil bukan lagi menjadi mimpi semata. Karena begitu Anda tahu berapa banyak dana yang dibutuhkan setiap bulan agar bisa membeli mobil, kemudian mengalokasikannya pada tabungan khusus dan rutin dilakukan. Maka, sudah pasti bisa memperoleh mobil sesuai keinginan.

Belanja tidak pakai perhitungan

Salah satu yang menjadi kesalahan keuangan dan paling umum dilakukan orang, yaitu membelanjakan anggaran melebihi budget dan lebih dari gaji. Kebiasaan ini juga akan membuat Anda dalam masalah finansial yang serius.

Jadi, usahakan untuk tidak memakai credit card atau paylater secara berlebihan, apalagi jika sampai meminjam dari pihak lain hanya untuk memuaskan selera belanja Anda. Hitung semuanya dengan cermat dan buat budget keuangan yang lebih realistis.

Tidak mempunyai simpanan

Tidak pernah atau mau menabung merupakan kesalahan finansial yang fatal lainnya. Akibatnya, Anda kehilangan peluang untuk memperoleh hal-hal penting misalnya mobil, rumah hingga dana pensiun. 

Apabila Anda tidak memiliki tabungan, itu artinya Anda menganggap diri sendiri memang tidak memerlukan simpanan. Padahal, Anda tidak tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari. ini bukan berpikiran pesimis atau negatif. 

Tetapi mengenai kesiapan Anda dalam menghadapi setiap keadaan sekalipun yang terburuk. Jadi, supaya lebih bisa disiplin dalam hal menabung. Maka, cobalah untuk menentukan tujuan yang menjadi target. Contohnya mengumpulkan uang untuk dana darurat.

Harga sewa kost/ kontrakan lebih mahal

Hampir semua ahli keuangan menyarankan untuk tidak membelanjakan lebih dari sepertiga gaji Anda untuk membayar sewa. Tanpa disadari, tagihan perumahan akan dengan cepat membebani anggaran Anda. Jika Anda terus memaksakan diri untuk tinggal di tempat yang di luar anggaran Anda, kemudian akan kesulitan mengatur keuangan Anda dan tidak akan punya kesempatan untuk menabung.

Kurang bijak memilih instrumen investasi

Berinvestasi sangat dianjurkan bahkan jika bisa sejak dini, tetapi itu tidak berarti Anda menjadi “rakus”. Hindari membuat keputusan tergesa-gesa yang akhirnya menyakiti Anda. Perlu dipahami jika setiap instrumen investasi juga mempunyai resikonya masing-masing. Pastikan Anda memahami segala sesuatu tentang berinvestasi, termasuk dengan risikonya, sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi. 

Kemudian, Anda harus menghindari untuk berinvestasi ketika dalam keadaan putus asa serta berpikir akan memperoleh solusi cepat tentang masalah keuangan yang saat ini sedang dihadapi. Karena itu, ada baiknya sebelum Anda berinvestasi pelajarilah terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangan dari instrumen pilihan Anda. Apakah jenis investasi tersebut memang sudah tepat hingga lain sebagainya.

Dana pensiun terlalu cepat dicairkan

Jika Anda sudah mempunyai tabungan pensiun, seringkali Anda tergoda untuk segera menariknya. Perlu diingat bahwa menarik dana pensiun sebelum waktunya dapat mengakibatkan denda yang lumayan besar dan pastinya merugikan. 

Tahan godaan untuk menarik aset pensiun Anda terlalu cepat. Penting bagi Anda untuk mematuhi prinsip penggunaan dana pensiun hanya di hari tua supaya Anda dapat menjalani kehidupan yang aman dan nyaman.

Terlambat membayar asuransi

Harap dicatat jika perusahaan asuransi jiwa bukanlah badan amal, mereka tentu saja akan menetapkan nilai pertanggungan berdasarkan dari risiko pembayaran. Segera ambil asuransi jiwa untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. 

Yang terbaik adalah mendapatkan asuransi jiwa yang komprehensif dan terjangkau pada usia 30 tahun sehingga Anda dapat melindungi pasangan dan keluarga Anda sampai Anda berusia 50-an atau 60-an. Hal ini tentunya berlaku untuk jenis  asuransi disabilitas, yang bisa melindungi penghasilan Anda selama Anda bekerja.

Berutang

Utang bukanlah hal yang buruk bagi Anda yang sudah mapan secara finansial, terutama jika Anda berhutang hal-hal produktif seperti hipotek atau ekuitas bisnis, karena hal-hal ini sulit untuk  dihindari. Berbeda dengan hutang yang tidak perlu seperti hutang kartu kredit. 

Kebanyakan orang yang pada akhirnya terlilit hutang dari kartu kredit sehingga menyebabkan mereka kehilangan aset berharga. Sebenarnya, Anda bisa kehilangan rumah bila tagihan kartu kredit Anda melebihi kemampuan Anda untuk membayar. Karena itu, pikirkan matang-matang sebelum  mengajukan utang. Maka sebaiknya menyesuaikan kapasitas pembayaran dengan kebutuhan Anda.