Home Investasi Gak Seribet Bitcoin, Ini Cara Mining Dogecoin

Gak Seribet Bitcoin, Ini Cara Mining Dogecoin

by Mas Abadi
Degocoin adalah

Saat ini investasi cryptocurrency atau mata uang kripto semakin populer dan menjamur. Bahkan harga untuk mata uang kripto sendiri naik drastis di setahun terakhir ini, sehingga menarik minat para masyarakat untuk mulai mencoba menyuntikkan modalnya menggunakan instrumen yang satu ini. 

Dari banyaknya kategori uang kripto yang ada di dunia, Dogecoin menjadi salah satu jenisnya. Biasa disebut dengan Doge, mata uang ini juga masuk dalam salah satu mata uang kripto yang telah diakui oleh Bappebti (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi). 

Namun, perlu Anda ingat jika mata uang kripto bukan alat tugas yang sah. Anda dapat mempunyai mata uang kripto hanya sebagai aset yang dapat diperjualbelikan saja. Lalu, untuk Anda yang baru ingin terjun dalam dunia ini, harus paham jika terdapat dua cara untuk mendapatkan uang kripto ini. 

Pertama, Anda bisa membeli dari perusahaan aset kripto dan kedua, Anda bisa menggunakan cara mining (menambang). Mining di Dogecoin ini terbilang sangat menggiurkan. Dengan bekal perangkat komputer yang canggih, Anda sebagai penambang bisa mengumpulkan ratusan juta hanya dalam seminggu saja. Berikut penjelasan mengenai mining Dogecoin yang harus Anda ketahui. 

Apa itu mining Dogecoin? 

Pembahasan tentang cara kerja dari Doge ini sangatlah teknis. Dilihat dari prinsipnya, mining Dogecoin memiliki definisi harfiah menambang Dogecoin. Sebab sudah jelas, mining memiliki arti menambang, dan pihak yang akan menambang disebut dengan miner, atau penambang. 

Untuk kegiatan Dogecoin mining ini, para penambang akan mencari dan mengumpulkan uang kripto, khususnya Dogecoin. Pada proses ini, para penambang akan memakai perangkat komputer yang canggih agar bisa menjawab masalah matematika yang rumit. 

Uniknya, proses penambangan ini bisa dilaksanakan secara bersama-sama dengan banyak orang yang ada di seluruh belahan dunia. Sehingga mining Dogecoin ini menjadi ajang rebutan dengan para penambang sedunia. 

Cara kerja mining Dogecoin 

Seperti yang sudah kita ketahui, mata uang digital ini hanya bisa diperjualbelikan secara langsung karena tidak boleh ada pihak ketiga seperti perbankan. Cara kerja blockchain yaitu mencatat serta memverifikasi seluruh transaksi yang dilakukan. 

Di satu waktu yang sama, dapat Anda bayangkan terdapat lebih dari jutaan transaksi mata uang digital, untuk hal tersebut kita berbicara Dogecoin. Seluruh transaksi tersebut akan dikelompokkan ke grup blockchain lalu harus diverifikasi oleh para miner Dogecoin. 

Proses mining ini diibaratkan menjadi penyegelan untuk setiap transaksi Dogecoin yang dilakukan di seluruh dunia. Sehingga, untuk imbalan dari verifikasi yang dilakukan oleh setiap miners akan memperoleh Dogecoin maupun uang digital lainnya. 

Cara mining Dogecoin 

Pada umumnya, cara untuk mining Dogecoin ini bisa dilakukan dengan dua pilihan yaitu solo mining dan pool mining. Mari simak ulasannya berikut ini. 

  • Cara solo mining 

Harus Anda ketahui jika uang kripto Dogecoin ini bikin dengan algoritma scrypt yang dianggap menghemat energi dibandingkan mining Bitcoin. Jika menggunakan cara solo mining ini, Anda harus memakai satu unit komputer dengan CPU berkecepatan 100 hingga 200 kH/s agar dapat menambang Dogecoin. 

Ada hal menarik lainnya yaitu Dogecoin dapat diperoleh tanpa memerlukan kartu grafis sehingga jadi sudah pasti menghemat listrik. Jika tidak menggunakan kartu grafis, Anda harus memakai prosesor Intel i7 yang bisa mengoptimalkan saat proses penambangkan dilakukan. Namun sudah pasti, mining lebih cepat bila memakai kartu grafis. 

Cara pertama, Anda harus mengunduh Dogecoin Core di website resmi Dogecoin. Dogecoin core merupakan fitur wallet atau dompet yang sama dengan dompet kripto lainnya. Untuk proses penambangan ini, wallet core akan mendownload seluruh blok yang telah ada secara langsung ke CPU dan proses untuk mensinkronkan nya akan memakan waktu berhari-hari. 

  • Cara pool mining 

Tidak sama dengan solo mining, cara menambang pool mining ini Anda tidak perlu mendownload core, sehingga tak membutuhkan ruang penyimpanan yang besar. Salah satu cara untuk memperoleh Dogecoin yaitu dengan pool mining di Aikapool. 

Pertama, Anda harus daftar dahulu ke pool tersebut dan mendownload software CPU Mining multi versi 1.3.1 Windows 64 bit dari Github. Lalu, pastikan Anda mengekstrak pada satu folder dan atur antivirus dikecualikan untuk folder yang ini. 

Pastinya supaya tidak terdeteksi sebagai virus. Selanjutnya Anda bisa membuka folder dan mengedit file batch menggunakan notepad dan edit kode seperti berikut ini: 

cpuminer-gw64-corei7.exe -a x11 -o stratum.aikapool.com:7915 -u UserName.WorkerName -p WorkerPassword pause

Harus Anda ingat jangan pernah mengubah setiap file nama yang ada di folder ini. Anda bisa memakai kode cpuminer-gw64-corei7.exe yang sesuai dengan prosesor i7 yang terhubung di CPU. Jika Anda menggunakan CPU dual core, ubah kode dengan cpuminer-gw64-core2.exe. Untuk mulai mining, Anda dapat klik file batch yang sudah diubah kodenya. 

 

You may also like