Home Belanja Fungsi Samsung Pay dan Cara Mengaktifkannya

Fungsi Samsung Pay dan Cara Mengaktifkannya

by Mas Abadi
Samsung Pay

Apabila selama ini Anda cuma familiar dengan Samsung yang menjadi perusahaan pembuat alat elektronik misalnya smartphone. Nyatanya saat ini samsung juga memiliki aplikasi untuk melakukan transaksi yaitu Samsung Pay. Lalu, apa pengertian Samsung Pay? 

Samsung Pay adalah sebuah aplikasi di dalam smartphone yang sudah menggabungkan lebih banyak opsi uang elektronik. Sehingga Anda bisa melakukan pembayaran apapun hanya dengan menggunakan aplikasi saja. Untuk lebih detailnya, silahkan simak pembahasan di bawah ini. 

Fungsi Samsung Pay 

Samsung Pay mempunyai fungsi dan tujuan untuk mempermudah transaksi yang sifatnya non tunai atau cashless. Walaupun begitu, aplikasi ini tidaklah sama seperti aplikasi uang elektronik maupun dompet digital (e-wallet).

Aplikasi pembayaran dari Samsung ini memiliki fungsi untuk memotong atau meringkas proses transaksi yang biasanya banyak, dan menyatukan sejumlah e-wallet atau dompet digital. Hal tersebut tentu saja menjadi user tidak membutuhkan lagi membuka banyak aplikasi untuk proses transaksi. Dengan menggunakan Samsung Pay, para user jadi dapat melakukan banyak proses transaksi pembayaran hanya dengan menggunakan satu aplikasi saja. 

Dan, apa saja fitur yang dimiliki dari Samsung Pay? 

Fitur Samsung Pay 

Terdapat sejumlah fitur unggulan yang Samsung Pay miliki, kira-kira apa saja? Yuk, intip fiturnya di bawah ini? 

  1. Fitur pertama yang Samsung Pay miliki yaitu para user nya bisa melakukan transaksi secara langsung atau live transaction dengan memakai QR Scan. 
  2. Fitur kedua, user yang menggunakan smartphone Samsung ini bisa mengaktifkan aplikasi transaksi Samsung di Quick Accesnya. Hal tersebut bisa memudahkan Anda untuk melakukan proses transaksi, cukup dengan swiper up saja, otomatis transaksi ini bisa langsung dilakukan. 
  3. Penggunaan aplikasi Samsung Pay ini dapat menikmati banyak voucher potongan harga yang terdapat pada aplikasi Samsung Pay. Tidak hanya untuk membantu memudahkan untuk transaksi saja, menggunakan Samsung Pay ini juga Anda bisa lebih hemat sebab mempunyai banyak sekali voucher yang dapat digunakan. 

Keuntungan Memakai Samsung Pay 

Aplikasi Samsung Pay ini memberikan banyak keuntungan yang menarik yaitu transaksi yang menjadi lebih efisien. Apabila umumnya untuk membayar sebuah barang Anda harus membuka smartphone dulu, lalu mencari aplikasi nya. Nah, lain halnya dengan Samsung Pay yang bisa memotong seluruh proses tadi. Untuk user yang ingin bertransaksi, caranya sangat mudah. Anda hanya perlu men-swipe up bahkan dengan posisi layar ponsel sedang terkunci. 

kredit mobil syariah

Selain itu, dengan memakai aplikasi ini bisa mempermudah Anda untuk banyak menyimpan uang dengan lebih aman. Sebelum mempunyai dompet digital, para user terlebih dahulu harus melakukan verifikasi data dengan benar. Adanya fitur keamanan yang diberikan ini, user juga bisa menggunakan aplikasi Samsung Pay dengan verifikasi sidik jari atau PIN. 

Jika suatu waktu, handphone Anda hilang, Anda bisa langsung memblokir dompet digital ini dan memakai fitur dompet digital di handphone yang baru. Tentunya transaksi menggunakan dompet digital ini aman dan praktis. Selain itu, Anda juga tidak perlu repot-repot untuk mencari ATM saat ingin membayar atau membeli sesuatu. Samsung Pay ini bisa Anda gunakan kapan saja dan dimana saja selagi Anda masih memiliki sinyal dan kuota data. 

Cara Aktifkan Samsung Pay

Tentu saja Anda menjadi penasaran bagaimana cara mengaktifkan Samsung Pay ini bukan? Berikut ini adalah caranya. 

  1. Cara pertama yang harus Anda lakukan yaitu mengunduh aplikasi Samsung Pay yang tersedia di Play Store. 
  2. Kedua, setelah mengunduhnya, pilih “Get Started” di Aplikasi ini, dan buatkan PIN untuk aplikasi Samsung Pay ini.
  3. Terakhir yaitu tambahkan metode transaksi, dan juga tambahkan keamanan menggunakan teknologi pemindaian iris atau sidik jari. 

Cara Menambahkan Metode Transaksi 

Untuk metode transaksi, Anda dapat menambahkan metodenya dengan cara menambahkan dompet digital yang sudah bekerja sama dengan Samsung Pay ini, misalnya DANA. Lalu, bagaimana caranya untuk menambahkan dompet digital DANA di Samsung Pay? Simak caranya berikut ini. 

  1. Anda harus masuk ke Wallet lalu pilih Setup. 
  2. Masukkan nomor handphone yang sudah terhubung dengan akun DANA, lalu masukkan nomor verifikasi yang dikirim melalui SMS oleh DANA. 
  3. Lalu, kembali lagi ke aplikasi Samsung Pay dan tunggu sampai proses tersebut berhasil. 

Cara Memakai Samsung Pay 

Apabila dompet digital atau e wallet yang Anda sudah tambahkan ini berhasil terpasang, lalu di bawah ini cara untuk memakai aplikasi transaksi Samsung Pay yang harus Anda ketahui.

  1. Cara pertama yaitu Anda men-swipe up layar smartphone bila ingin melakukan proses pembayaran. 
  2. Lalu, Anda masuk ke dalam aplikasi pembayaran Samsung, dan klik dompet digital yang ingin dipakai. 
  3. Setelahnya Anda hanya perlu men-scan di QR code yang ada di merchant. Sangat mudah, bukan? 

You may also like