Home Bisnis Fungsi Opportunity Cost: Teknik Jitu untuk Menentukan Pilihan

Fungsi Opportunity Cost: Teknik Jitu untuk Menentukan Pilihan

by Mas Abadi

Opportunity cost merupakan sebuah konsep ekonomi yang berbicara tentang pengorbanan,  Apakah maksud dari opportunity cost? Tanpa kita sadari, kita sering sekali melakukan pengorbanan akan sesuatu di kehidupan sehari-hari. Contoh dan memilih sebuah produk, kita sering menyingkirkan produk-produk lainnya untuk mendapatkan produk yang kita inginkan. Pada saat itulah kita menerapkan prinsip dari opportunity cost. Di dalam dunia bisnis dan ekonomi,  opportunity cost merupakan suatu kejadian yang sangat sering terjadi.

Definisi dari opportunity cost

Opportunity cost atau dalam bahasa Indonesia disebut biaya peluang merupakan salah satu konsep yang menjadi dasar dalam ilmu ekonomi dan bisnis. Opportunity cost merupakan sebuah teori yang muncul karena adanya kelangkaan yang diiringi oleh kebutuhan serta keinginan dari manusia yang tak terbatas. 

Secara terminologi, opportunity cost memiliki pengertian yaitu munculnya biaya atau resiko yang disebabkan oleh manusia karena telah memilih atau mengorbankan sesuatu untuk mendapatkan sesuatu yang lainnya. Dikarenakan hal tersebutlah opportunity cost sering kali terjadi ketika manusia dihadapkan dengan dua atau beberapa pilihan.

Contoh lain dari opportunity cost yang sering terjadi di kehidupan sehari-hari contohnya adalah ketika Anda diterima  kerja di  dua tempat yang berbeda,  yaitu menjadi pilot atau seorang pengusaha. Karena Anda lebih menginginkan untuk menjadi seorang pengusaha,  maka Anda pun akan kehilangan kesempatan lainnya yang hanya dapat dirasakan jika Anda menjadi pilot. Contohnya seperti memiliki kenalan dari berbagai dunia,  mendapatkan gaji dan fasilitas yang mewah, serta kesempatan untuk keliling dunia. Kesempatan-kesempatan yang hilang tersebut,  itulah yang dimaksud dengan biaya peluang atau biasa disebut opportunity cost. 

Fungsi memahami opportunity cost

Opportunity cost telah menjadi sebuah teori yang ampuh untuk membuat Anda makin memahami tentang cara  kerja dari dunia perekonomian.  Berikut merupakan beberapa fungsi dalam memahami opportunity cost

1.  Mengasah kemampuan Anda dalam mengambil keputusan 

Prinsip dari opportunity cost merupakan ilmu yang berbicara tentang pengorbanan. Karena di dunia ini memiliki sumber daya yang terbatas, namun keinginan manusia yang tidak terbatas, membuat manusia harus memilih keinginannya untuk dapat dipenuhi. Jika Anda memahami opportunity cost dengan baik, maka Anda akan lebih sadar bahwa segala hal di dunia ini membutuhkan pengorbanan. Semakin besar keinginan maka semua pengaruh pengorban yang harus dilakukan.

2. Menjadi bijaksana dalam menerima sebuah resiko

Ketika Anda paham mengenai opportunity cost, maka Anda segala dan bisa pencegahan baik. Di dalam segala hal, semua keputusan yang dilakukan oleh manusia tentunya akan memiliki sebuah konsekuensi baik dan buruknya. Contohnya jika Anda menghentikan kebiasaan untuk  pergi ke club malam. konsekuensi baik yang bisa didapatkan adalah meningkatkan spiritual serta kesehatan, sedangkan konsekuensi buruknya lebih jauh dengan teman yang ada di dalam lingkup tersebut.

3. Membentuk pikiran yang positif

Fungsi selanjutnya dalam memahami opportunity cost yaitu membentuk pikiran yang lebih positif. Dengan memahami opportunity cost, maka Anda akan menjadi lebih bijaksana dalam menghadapi opportunity cost, yang nantinya dapat membuat pikiran Anda menjadi lebih positif. Hal tersebut bisa Anda dapatkan melalui rangkaian kehidupan yang Anda lalui.

4. Memaksimalkan potensi peluang

Opportunity cost bukanlah sekedar teori yang selalu berbicara tentang pengorbanan,  namun opportunity cost juga membicarakan soal peluang. Segala pilihan yang dipilih oleh manusia memiliki sebuah konsekuensi. Selain konsekuensi buruk, tentu terdapat konsekuensi baik pula. Jika Anda memahami opportunity cost dengan baik, maka Anda akan selalu mendapatkan motivasi untuk memanfaatkan konsekuensi baik dari pilihan Anda.  Oleh karena itu, di masa yang akan datang,  Anda dapat membuat sebuah keputusan dengan konsekuensi buruk yang seminimal mungkin.

5. Membantu anda untuk membuat rencana masa depan yang lebih baik

Selain keempat fungsi diatas,  fungsi  opportunity cost  yaitu membantu Anda dalam proses perencanaan masa depan yang lebih baik. Jika Anda memahami opportunity cost dengan benar, maka hal tersebut akan membantu Anda dalam proses mitigasi risiko yang semaksimal mungkin. Sehingga dalam perencanaan masa depan Anda akan terencana lebih matang dan juga terhindar dari masalah yang tidak terduga. 

Cara menghitung opportunity cost

Opportunity cost didapatkan dengan cara mengurangkan nilai yang dikorbankan dengan nilai yang didapat. Namun rumus tersebut tidak berlaku pada segala situasi. Melainkan hanya berlaku apabila terdapat pilihan yang tersedia dan bisa dikuantifikasi. Jika Anda didapatkan dengan dua pilihan yang tidak memiliki nominal,  maka Anda mengikuti prinsip opportunity cost berdasarkan rumus tadi.

Demikianlah penjelasan mengenai fungsi opportunity cost sebagai teknik jitu dalam membuat pilihan. Dengan hadirnya rumus dari opportunity cost tersebut dapat membantu Anda untuk menentukan pilihan yang yang lebih menguntungkan untuk diri Anda kedepannya.

You may also like