Home Investasi Ethereum Wallet: Fungsi Dan Pilihan Terbaik 2021

Ethereum Wallet: Fungsi Dan Pilihan Terbaik 2021

by Mas Abadi
ETH terbaik

Ethereum menjadi sebuah tipe uang digital yang sudah banyak dipakai di dunia. Saat ini kapitalisasi Ethereum sekitar US$ 267,8 miliar dan menduduki posisi kedua sesudah Bitcoin. 

Ethereum sendiri adalah salah satu proyek uang digital dan sama pentingnya dengan Bitcoin. Vitalik Buterin sebagai pencipta dari Ethereum ini memakai sistem internet terdesentralisasi sehingga seluruh pengembang di dunia bisa mengembangkan aplikasi secara mandiri. Untuk proses ini, ETH asli yang akan digunakan oleh para developer. 

Sama seperti uang kripto biasanya, ETH juga memakai kunci pribadi yang sudah dilindungi dan kunci publik yang digunakan untuk transaksi. Setiap dilakukannya transaksi menggunakan uang digital pastinya berbeda dari transaksi bank yang memerlukan banyak proses. 

Lalu, terdapat software dan hardware yang bisa menyimpan dua kunci di atas, jadi memungkinkan para pemilik ETH ini melakukan proses transaksi. Perangkat software dan hardware ini yang biasa disebut dengan dompet Ethereum (Ethereum Wallet). 

Bukan hanya bisa menyimpan koin ETH saja, dompet ini juga dapat menerima maupun mengirim uang kripto dari orang lain. ETH wallet ini dapat menampilkan saldo, mengirim maupun menjual koin ETH pemiliknya dan juga menampilkan riwayat transaksi. 

Nah, apa saja dompet ETH terbaik tahun 2021? Mari simak ulasannya berikut ini. 

Pilihan dompet ETH terbaik 

  • Indodax 

Di urutan pertama ada Indodax yang sudah sering didengar untuk para pemilik uang kripto di Indonesia. Bukan hanya untuk ETH saja, Indodax pun dapat menjadi dompet cryptocurrency lainnya. Para pengguna bisa memakai aplikasi ini untuk bertransaksi ETH dengan para pengguna lainnya. 

Selain itu, Indodax sekaligus sebagai bursa aset kripto paling besar di Indonesia, dengan beberapa jenis uang digital lainnya, misal Dogecoin, Bitcoin, dan Cardano. Jika Anda tertarik untuk menyimpan ETH di Indodax, maka Anda harus mengunduh aplikasinya di App Store maupun Play Store. Proses pembuatan akunnya pun bisa dikatakan sangat mudah. 

  • eToro 

Selanjutnya ada eToro yaitu broker asing yang sudah mempunyai lisensi internasional yang menjadi dompet untuk uang kripto. eToro sendiri sudah populer di luar negeri, khususnya Inggris. Broker ini memberikan banyak aset keuangan, seperti cryptocurrency. 

Jika ingin mulai untuk berinvestasi ETH di eToro ini, maka Anda harus memberi deposit sekitar US$ 200 atau jika di rupiahkan sebanyak Rp 2,8 juta. Memang terbilang cukup mahal, namun ada jaminan keamanan yang cukup tinggi yang akan diberikan oleh eToro. 

  • Trust wallet 

Di urutan ketiga ada Trust Wallet yang merupakan dompet digital yang bisa digunakan untuk bermacam-macam jenis mata uang baik berbasis terbuka maupun komunitas. Dengan demikian, developer blockchain dapat membuat dompet lokal tanpa perincian penerapan yang menjadi dasarnya. 

Tidak hanya memberikan fasilitas untuk ETH wallet saja, Trust Wallet memberikan fasilitas dalam berbagai bentuk uang digital yang lain, seperti Litecoin, Bitcoin, TRX, Ripple Dogecoin, dan Binance. Trust Wallet juga memberikan fasilitas lainnya yaitu wallet core, yang merupakan perpustakaan antar platform yang mengimplementasikan fungsi dompet terenkripsi dalam tingkat rendah untuk banyak blockchain. 

  • Pintu 

Dompet yang satu ini berasal dari Indonesia yaitu PT. Pintu Kemana Saja memberikan platform dompet untuk cryptocurrency yang sudah terdaftar resmi dalam Bappebti. Hadirnya platform ini, investor dapat menyimpan, membeli dan menjual aset digital seperti Ethereum. 

Apabila Anda berminat untuk mencoba dompet digital Pintu ini, Aplikasi nya dapat Anda undung di App Store maupun Play Store yang ada di smartphone. Proses membuat akunnya juga sangat mudah. Dengan menggunakan teknologi Curv.co, para investor dapat mengatur uang kripto yang mereka punya dengan lebih mudah. 

  • Ledger Nano 

Tidak sama seperti dompet lain yang berbasis aplikasi, Ledger Nano ini memberikan fasilitas untuk menyimpan cryptocurrency menggunakan perangkat keras (hardware). Terdapat dua pilihan perangkat yang disediakan, yaitu Ledger Nano X dan Ledger Nano S. 

Untuk Ledger Nano S ini merupakan cold wallet Ethereum atau dompet perangkat keras yang memiliki tingkat keamanan yang baik. Untuk menggunakannya, perangkat yang satu ini dapat Anda hubungkan dengan komputer atau PC melalui USB. 

Namun, Ledger Nano X adalah jenis perangkat yang lebih canggih, cukup menambahkan bluetooth saja. Selain itu, perangkat ini menjadi satu-satunya yang dapat terhubung dengan iOS.

  • Trezor 

Hampir mirip dengan Ledger Nani, ternyata Trezor juga salah satu dompet cryptocurrency yang menggunakan perangkat keras. Sehingga memungkinkan untuk para pemiliknya melakukan transaksi selama perangkat terkoneksi dengan jaringan internet. Yang berarti, walaupun komputer terinfeksi malware, transaksi Ethereum tetap aman. 

Nah itu, tadi pembahasan mengenai fungsi dan pilihan Ethereum Wallet terbaik di tahun 2021 yang bisa menjadi referensi Anda. Selamat mencoba! 

You may also like