Home Bisnis Dijamin Laris, Inilah 7 Ide Usaha Makanan yang Kekinian dan Mengikuti Tren

Dijamin Laris, Inilah 7 Ide Usaha Makanan yang Kekinian dan Mengikuti Tren

by Mas Abadi
usaha makanan mengikuti trend

Saat ini usaha makanan banyak diminati oleh berbagai kalangan. Itu karena bisnis makanan atau kuliner memiliki target pasar yang luas karena setiap orang membutuhkan makan setiap harinya. Namun, perlu diketahui tidak semua bisnis kuliner laris manis, karena bisnis ini tergantung dari inovasi yang Anda kembangkan.

Nah, bagi Anda yang berniat membuka usaha makanan dan masih bingung ingin bisnis apa? Berikut akan disajikan informasi tentang 7 ide usaha makanan yang kekinian dan mengikuti tren. Langsung saja, simak informasi berikut ini.

Rekomendasi 7 Ide Usaha Makanan yang Kekinian

Perlu diketahui, laris manis tidaknya usaha makanan tergantung dari pilihan jenis makanan yang Anda kembangkan. Tentunya, untuk menambah wawasan Anda tentang usaha makanan apa yang cocok untuk dikembangkan di Indonesia, berikut 7 ide usaha makanan kekinian yang bisa Anda rintis.

1. Usaha Ayam Geprek

Kepopuleran makanan yang satu ini tidak perlu diragukan lagi, yaitu ayam geprek. Menu makanan yang satu ini memang banyak diminati oleh berbagai kalangan dari anak-anak sampai dengan orang dewasa. Hal tersebut bukan tanpa alasan, selain rasanya yang enak, ayam geprek juga disajikan dengan kemasan yang unik.

Tentunya, kemasan ayam geprek yang mudah dikunyah dan dilengkapi dengan sambal ini membuat makanan yang satu ini tidak ada matinya. Nah, bagi Anda yang memiliki hobi memasak, ayam geprek dapat dijadikan pilihan usaha. 

2. Usaha Rice Bowl

Satu lagi makanan cepat saji yang juga tidak kalah populer, yaitu rice bowl. Bisa dibilang usaha makanan yang satu ini bisa meraup banyak keuntungan. Soal modal usaha, kabarnya usaha rice bowl tidak banyak membutuhkan modal.

Tentunya, Anda dapat membuat usaha rice bowl dengan inovasi Anda sendiri. Misalnya, Anda dapat menyajikan rice bowl yang berisi: nasi, lauk pauk dan sayur atau dapat juga membuat rice bowl dengan kemasan lauk pauk sehat.

3. Usaha Bento

Bagi Anda penggemar makanan Jepang, tentunya Anda tidak asing dengan bento. Hampir serupa dengan rice bowl, bento juga dikemas dengan paket yang lengkap. Namun, jenis masakan pada bento, umumnya memakai konsep masakan Jepang.

Kabarnya, usaha bento juga tidak kalah larisnya dengan usaha ayam geprek. Soal modal usaha bento, bisa dibilang tidak terlalu membutuhkan banyak modal. Bisnis yang satu ini memang minim modal tergantung bagaimana Anda merencanakan keuangannya.

4. Usaha Makanan Sehat (Diet)

Maraknya program diet membuat usaha makanan sehat banyak diminati orang. Peluang tersebut dapat Anda jadikan untuk memulai bisnis kuliner. Tentunya, untuk memulai usaha makanan sehat ini, Anda harus memahami menu sehat yang bisa mendukung program diet.

5. Usaha Croffle

Selain usaha makanan berat, Anda juga dapat membuka usaha makanan kudapan, seperti: croffle. Bisa dibilang, akhir-akhir ini kudapan yang satu ini banyak digemari di kalangan remaja. Selain rasanya yang manis, kudapan ini bisa disajikan dengan beragam topping. Tentunya, kudapan yang satu ini enak dimakan di sore hari sambil menikmati kopi panas.

6. Usaha Tahu Crispy

Perlu diketahui, memulai usaha makanan dapat dimulai dari usaha makanan ringan tetapi mengenyangkan, seperti: tahu crispy. Tentunya, tahu yang satu ini banyak digemari oleh pecinta gorengan. Nah, bagi Anda yang ingin membuka usaha tahu crispy, Anda dapat melakukan inovasi yang berbeda dengan pedagang tahu lainnya, seperti: membuat tahu crispy aneka rasa.

7. Usaha Dimsum

Satu lagi kudapan kekinian yang cocok dijadikan usaha makanan adalah dimsum. Kabarnya, makanan asal negeri Panda ini banyak disukai oleh berbagai kalangan. Selain rasanya yang enak, dimsum juga dinilai termasuk dalam makanan yang bergizi tinggi.

Selain itu, dimsum dapat dimakan dikonsumsi dengan berbagai jenis saus. Tentunya, dengan mengembangkan usaha dimsum, Anda dapat meraup keuntungan. Namun, perlu diingat, Anda harus rajin promosi untuk mengembangkan bisnis yang satu ini.

Tips Merintis Usaha Makanan Supaya Tidak Mudah Redup

Mengelola usaha makanan dibutuhkan tips tertentu supaya usaha yang Anda rintis lari manis. Ada tips tertentu yang perlu diperhatikan untuk memulai usaha makanan. Adapun tips tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Buatlah rencana anggaran dan rencana promosi yang matang.
  2. Pilihlah lokasi yang strategis untuk mengembangkan usaha makanan yang Anda rintis.
  3. Tawarkan menu makanan yang inovatif supaya pelanggan suka. Tentunya, cita rasa yang enak harus diutamakan.
  4. Pilihlah supplier bahan makanan yang sesuai dengan kebutuhan usaha Anda.
  5. Tetapkan target pasar sebelum memulai usaha makanan Anda.
  6. Rajin melakukan promosi di media sosial.
  7. Berikan pelayanan terbaik kepada konsumen.
  8. Rutin melakukan evaluasi untuk usaha makanan Anda setiap bulannya.

 

Tersebut adalah tips merintis usaha makanan yang perlu Anda terapkan untuk memulai bisnis kuliner. Tentunya, sebelum memulai usaha makanan, tetapkan jenis usaha kuliner apa yang akan Anda kembangkan. 

 

Jika Anda ingin merintis usaha ayam geprek, pastikan wawasan Anda cukup untuk membuat cita rasa sambal yang enak. Semoga informasi tentang ide usaha makanan ini bermanfaat dan menginspirasi bisnis Anda.

You may also like