Home Perencanaan Sekilas Dampak dari Inflasi

Sekilas Dampak dari Inflasi

by admin

Inflasi merupakan suatu kejadian dimana terjadi peningkatan harga dari beberapa komoditas yang terjadi secara terus-menerus dalam beberapa waktu periode.  Nilai mata uang yang akan terus Mengalami penurunan merupakan salah satu hal yang tidak bisa dihindari dari kasus inflasi. Inflasi bisa dialami oleh semua negara baik dari negara berkembang maupun negara maju.

Masalah ekonomi ini sangat sulit untuk dihilangkan. Oleh sebab itu pemerintah dari berbagai negara selalu mengajarkan hal-hal yang dapat mengurangi atau setidaknya mengendalikan nilai dari inflasi tersebut.

Pada beberapa momen-momen tertentu akan terjadi kenaikan dari harga barang maupun jasa yang sangat cepat namun bersifat sementara pada saat lebaran atau saat Natal maupun saat hari raya lainnya. Pada saat itu tidak bisa kita katakan sebagai inflasi walaupun hal tersebut Sangat memberatkan dari masyarakat.

Mengapa demikian? Hal ini dapat terjadi karena Satu dari syarat terjadinya suatu inflasi di sebuah negara adalah meningkatnya harga suatu komoditas dalam beberapa waktu tertentu dan hampir meliputi seluruh produk barang maupun jasa.

Dampak dari inflasi

Selain itu inflasi juga akan berdampak pada perekonomian suatu negara, inflasi dapat berdampak positif dan negatif. Berikut adalah beberapa dampak inflasi terhadap kehidupan masyarakat.

  • Inflasi yang berdampak pada pendapatan

Apabila inflasi dapat dikendalikan oleh suatu negara maka hal tersebut akan berdampak positif bagi masyarakat yaitu dapat terjadi Peningkatan kegiatan perekonomian masyarakat pada suatu negara.

Seperti contohnya adalah inflasi akan memicu meningkatnya dan berkembangnya ekonomi Sebab terjadi peningkatan antara barang dan jasa yang memicu peningkatan harga pula.

Hal itu bisa mendorong para UMKM untuk memperluas produksinya barang ataupun jasa mirip mereka sehingga terciptalah suatu lapangan kerja yang baru.

Tapi untuk masyarakat yang mendapatkan penghasilan secara tetap maupun tidak mengalami peningkatan dari tahun ke tahun inflasi ini pastinya membuat rugi.

Hal ini disebabkan oleh Jumlah pendapatan tetap tersebut apabila ditukarkan dengan harga barang atau jasa yang sudah meningkat maka jumlah barang atau jasa yang mereka dapatkan akan jauh lebih sedikit.

Contohnya pada tahun 2000  uang sebesar Rp2.000 dapat membeli pakaian makanan dan lain sebagainya namun di tahun 2002 hanya dapat untuk membayar parkir saja.

  • Inflasi yang berdampak pada perekonomian nasional di Indonesia

Inflasi bisa memberikan dampak dari banyak hal melalui perekonomian nasional. Contohnya seperti akan terjadi kurangnya minat dalam berinvestasi, meningkatkan suku bunga, penanam modal yang memiliki sifat spekulatif akan banyak bermunculan, terjadi banyak kegagalan dalam pelaksanaan pembangunan,.

Terciptanya ketidakpastian pada keadaan ekonomi di era mendatang,  kemampuan bersaing dari produk lokal dibandingkan dengan produk luar akan semakin berkurang,  menciptakan defisit neraca pembayaran yang yang nantinya akan mengakibatkan menurunnya tingkat kehidupan serta kesejahteraan masyarakat di Indonesia.

  • Inflasi akan menurunkan minat menabung masyarakat

Inflasi yang terjadi di suatu negara bisa menciptakan turunnya minat menabung dari masyarakat di suatu negara. Hal ini disebabkan karena banyak sekali orang yang berpikir bahwa nilai uang di era mendatang akan mengalami penurunan secara terus-menerus.

Pada saat inflasi sedang terjadi di suatu negara maka bunga yang didapatkan dari bank tempat masyarakat menabung akan mengalami penurunan, namun masyarakat tetap harus membayar biaya administrasi seperti biasanya.

  • Inflasi terhadap kreditur serta debitur

Apabila inflasi sedang terjadi di suatu negara debitur atau istilah lainnya adalah orang yang berhutang dan memiliki bunga pinjaman yang tetap  pastinya akan diuntungkan oleh situasi ini sebab bunganya akan terus menurun seiring waktu itu yang diiringi oleh menurunnya nilai mata uang dari suatu negara.

Sementara bagi orang yang meminjamkan uang atau nama lainnya adalah kreditur pastinya akan mengalami kerugian yang cukup besar karena nantinya nilai uang yang akan dikembalikan oleh debitur tersebut lebih rendah nilainya dibandingkan dengan uang yang dipinjam oleh kreditur sebelum terjadinya inflasi di negara tersebut.

  • Inflasi bagi produsen atau pengusaha

Seringkali inflasi memberikan dampak baik untuk perusahaan besar namun memberikan dampak yang buruk untuk perusahaan kecil.

Inflasi akan memberikan dampak positif untuk pengusaha atau produsen yang mempunyai pendapatan jauh lebih tinggi dari biaya produksinya. Namun pada pengusaha atau produsen yang memiliki biaya produksi lebih besar akan terasa sangat berat dan membuatnya rugi sehingga banyak dari produsen tersebut yang memilih untuk gulung tikar.

Cara mengatasi inflasi

Terdapat tiga cara untuk mengatasi inflasi di suatu negara yaitu dengan menarik jumlah uang uang yang beredar di masyarakat,  memperbanyak kesediaan produk barang maupun jasa,   dan dan menetapkan harga paling besar dari suatu barang atau jasa agar tidak mengalami kenaikan secara terus menerus.

Demikianlah dampak inflasi yang bisa terjadi di suatu negara, semoga bermanfaat.

You may also like