Home Perencanaan Daftar NPWP Online Medan

Daftar NPWP Online Medan

by Mas Abadi

Bagi seorang pekerja maupun pengusaha yang memiliki penghasilan di atas PTKP (Penghasilan Tak Kena Pajak) yang sudah ditentukan oleh Kementrian Keuangan Republik Indonesia wajib membayar pajak. Kewajiban tersebut bisa dijalankan dengan memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Nah, sekarang untuk membuat NPWP sangat mudah karena bisa dilakukan secara online, termasuk Anda yang berdomisili di Medan. Pembuatan NPWP secara online bisa ditempuh dengan cara sebagai berikut :

  1. Langkah pertama yakni kunjungi laman resmi https://ereg.pajak.go.id . Terdapat 3 pilihan di bawah kolom login, pilihlah “daftar”
  2. Masukkan email yang akan digunakan untuk verifikasi & aktivasi. Email tersebut sekaligus juga akan dicantumkan di formulir pada proses pendaftaran. Kemudian masukkan kode captcha yang tertera dan klik “daftar”
  3. Buka email Anda dan carilah pesan masuk dari eregistration@pajak.go.id. Dalam email tersebut, Anda diberikan link untuk melakukan verifikasi permintaan pendaftaran akun. Klik link yang diberikan tersebut maksimal 1×24 jam. Setelah jangka waktu yang ditentukan, link akan dihapus dan Anda harus mengulangi proses pendaftaran dari langkah awal
  4. Anda akan dialihkan kembali ke halaman pendaftaran akun dan akan ada notifikasi jika email Anda telah terverifikasi. Selanjutnya isilah identitas yang terdiri dari Jenis Wajib Pajak, Nama lengkap sesuai KTP, Alamat email, Password, Nomor handphone, Pertanyaan dan Jawaban untuk keamanan. Lalu masukkan kode captcha yang tersedia dan klik tombol daftar
  5. Selanjutnya Anda akan dikirim link aktivasi melalui email oleh eregistration@pajak.go.id. Klik link tersebut dan akun Anda sudah terdaftar !

Setelah akun Anda terdaftar, tahap berikutnya yaitu mengisi formulir NPWP. Caranya bagaimana ? Simak penjelasan di bawah ini !

  1. Memilih kategori 

Pada kategori wajib pajak terdapat beberapa pilihan yakni :

  1. Orang Pribadi
  2. Wanita yang telah hidup berpisah atau bercerai
  3. Istri yang melakukan perjanjian pemisahan harta dan penghasilan dari suami
  4. Istri yang memilih menjalankan kewajiban membayar pajak
  5. Warisan yang belum terbagi

Kemudian Anda juga harus memilih salah satu Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pusat atau Cabang sebagai tempat layanan untuk mengurus hal-hal yang berkaitan dengan NPWP Anda.

  1. Mengisi Identitas 

Pada bagian ini Anda diminta untuk melengkapi identitas pribadi yaitu :

– Nama lengkap Wajib Pajak

– Tempat & Tanggal Lahir

– Status Pernikahan

– Kebangsaan beserta NIK atau Paspor (bagi Warga Negara Asing)

– Nomor Handphone dan alamat email yang sudah digunakan untuk mendaftar akun sebelumnya

  1. Mengisi Sumber Penghasilan

Terdapat empat kategori sumber penghasilan utama yang bisa Anda pilih yakni :

A. Pekerjaan dalam hubungan kerja

Kategori ini diperuntukan bagi Anda yang merupakan seorang karyawan atau pegawai baik PNS, Pensiunan, Pegawai BUMN/BUMD, Pegawai Swasta, dan lainnya.

B. Kegiatan usaha

Kategori ini khusus untuk Anda yang sedang menjalankan usaha kecil maupun usaha dengan skala besar. Anda wajib mengisi apa kegiatan usaha yang dijalankan, merk dagang, adakah karyawan dan metode yang digunakan apakah pembukuan atau pencatatan.

C. Pekerjaan Bebas

Anda yang memilki keahlian di bidang tertentu seperti halnya dokter maka masuk dalam kategori ini. Pengisiannya juga sama dengan yang ada di kategori kegiatan usaha dan harus dilengkapi.
D. Lainnya

Pada kategori ini ditujukan untuk Anda yang memiliki penghasilan tidak tetap seperti freelance. Terkadang ini juga digunakan sebagai pilihan yang belum memiliki pekerjaan karena untuk mengajukan NPWP tidak bisa jika belum bekerja.

  1. Mengisi Alamat Domisili

Alamat yang diisi adalah yang ditempati saat ini karena banyak yang tempat tinggalnya tidak sesuai dengan alamat di KTP. Isikan semua kolom akan tetapi apabila tidak ada bisa Anda kosongi. Pada kode wilayah, Anda bisa mencari dengan memasukkan kelurahan/desa kemudian akan muncul wilayah tempat tinggal Anda beserta kode wilayah. Anda cukup klik tombol “pilih” maka kolom berikutnya akan otomatis terisi.

  1. Mengisi Alamat Domisili sesuai KTP

Apabila alamat yang Anda tempati saat ini sesuai dengan alamat di KTP maka tinggal centang “Sama dengan alamat tempat tinggal” maka data yang sudah diisi sebelumnya akan langsung terisi.

  1. Mengisi Alamat Usaha
  2. Mengisi Info Tambahan 

Pada kategori info tambahan, Anda harus mengisi jumlah tanggungan dan kisaran penghasilan yang diperoleh perbulan.

  1. Melampirkan Persyaratan

Anda bisa melampirkan dokumen persyaratan dengan mengunggah di laman ereg atau bisa juga dikirim manual via pos. Di kota Medan terdapat 7 KPP Pratama, pilihlah yang terdekat dengan alamat tempat tinggal Anda.

Apabila semua data sudah terisi dengan benar, langkah selanjutnya yaitu klik “Minta Token”. Anda akan dikirimkan token melalui email, salinlah token tersebut. Kemudian klik tombol “Kirim Permohonan” dan masukkan token yang sudah disalin. Permohonan pun akan diproses maksimal 2 minggu atau 14 hari kerja. Proses bisa lebih cepat jika Anda langsung menghubung KPP yang bersangkutan.

You may also like