Home Bisnis Daftar Marketplace yang Bisa Dimanfaatkan Untuk Jualan Online

Daftar Marketplace yang Bisa Dimanfaatkan Untuk Jualan Online

by Mas Abadi

Di era digital yang sudah semakin canggih, berbelanja online memang sudah menjadi aktivitas yang lazim biasa dilakukan banyak orang. Sudah banyak situs berbelanja online yang tersedia dimana kamu dapat mencari barang keperluan kamu dengan mudah.

Mudahnya Berbelanja Secara Online

Proses berbelanja secara online pun sangat mudah. Mulai dari memilih barang keperluan kamu, proses pembayaran hingga proses pengiriman barang pesanan kamu semuanya dapat dilakukan dengan beberapa langkah singkat lewat smartphone kamu tanpa kamu harus repot.

Jika dulu para pelaku usaha hanya menggunakan platform media sosial untuk berjualan secara online, kini dengan semakin canggihnya teknologi digital, opsi berjualan semakin banyak dengan kehadiran online shop dan marketplace.

Marketplace Pilihan Utama Berbelanja

Dari banyaknya platform untuk para pelaku usaha berjualan, marketplace saat ini masih menjadi salah satu pilihan utama untuk para pelaku usaha berjualan. Dan untuk para konsumen, marketplace merupakan salah satu tempat favorit buat konsumen untuk berbelanja.

Marketplace adalah salah satu platform untuk berjualan secara online yang bisa kamu gunakan jika ingin memulai usaha online. Marketplace banyak digunakan oleh para pelaku usaha mulai dari UMKM hingga peritel besar sebagai tempat mereka memasarkan produk mereka secara online.

Mengenal Marketplace

Marketplace secara sederhana bisa diartikan sebagai pasar online, atau tempat dimana penjual dan pembeli bertemu secara daring atau online. Fungsi marketplace sendiri adalah sebagai pihak ketiga sebagai penyedia tempat berjualan dan memfasilitasi proses pembayaran.

Beda Marketplace Dengan Online Shop

Kalau begitu, apakah yang membedakan marketplace dengan platform lain seperti online shop? Marketplace dan online shop sama-sama bergerak dalam bidang digital dan teknologi tetapi keduanya mempunyai model usaha yang berbeda. Yang membedakan adalah perantaranya.

Marketplace adalah penghubung yang mempertemukan penjual dan pembeli secara online. Sementara itu online shop atau toko online tidak memerlukan perantara untuk melakukan kegiatan jual beli online nya. Kamu bisa menjual langsung lewat platform mandiri seperti website yang kamu bangun sendiri kepada pembeli.

Daftar Marketplace Terbaik Untuk Berjualan Online

Platform marketplace di Indonesia semakin beragam dengan semakin berkembangnya teknologi digital. Masing-masing marketplace saling berlomba dengan memberikan penawaran yang menarik untuk para penggunannya.

Berikut beberapa marketplace terbaik yang bisa kamu manfaatkan untuk kamu berjualan secara online:

1. Tokopedia

Tokopedia memudahkan kamu untuk berjualan maupun berbelanja secara online. Aplikasi marketplace ini merupakan salah satu yang terpopuler di masyarakat karena sistem pembayarannya yang sangat aman.

Resmi berdiri tahun 2009, perusahaan asli Indonesia yang mendapat status sebagai startup unicorn ini didirikan oleh William Tanujaya dan sahabatnya Leontinus Alpha Edison yang saat ini menjabat sebagai vice chairman Tokopedia.

2. Shopee

Biasa disebut “toko oren” dalam bahasa slang oleh banyak anak muda karena ciri khas warna aplikasinya, Shopee sangat disukai oleh para pengguna muda terutama para wanita. Tidak mengherankan karena shopee banyak menjual kosmetik dan barang khusus untuk wanita dengan harga murah. 

Yang membuatnya makin menjadi favorite para wanita adalah karena shopee berhasil menjalin kerjasama dengan perusahaan entertainment asal korea, YG Entertainment yang banyak menaungi band-band KPOP besar.

Salah satu fitur unggulan Shopee adalah fitur shopee live, dimana kamu bisa berjualan dan berjejaring dengan pelanggan kamu lewat fitur tatap muka secara live. Jadi kamu tetap bisa terhubung dengan pelanggan kamu walaupun pelanggan kamu ada di pelosok daerah sekalipun.

3. Bukalapak

Salah satu startup lokal yang juga menyandang status unicorn yang menjadi pesaing Tokopedia dan Shopee. Bukalapak didirikan oleh Achmad Zaky menjadi salah satu marketplace yang bisa digunakan untuk berjualan online.

“Menciptakan ekonomi yang adil bagi semua” adalah visi dari bukalapak. Bukalapak berfokus pada pelaku usaha UMKM agar dapat bersaing dengan mendigitalisasi usaha mereka.

Dengan kehadiran secara online, pelaku umkm dapat menambah nilai usaha mereka dan tetap bersaing ditengah pasar global digital. Mereka dapat lebih menjangkau pelanggan dengan adanya marketplace seperti bukalapak.

Banyak prestasi yang sudah di torehkan oleh startup ini selama dari sejak berdiri hingga sekarang seperti mendapatkan status unicorn, hingga salah satu penghargaan paling bergengsi yang di dapat dari presiden RI, Joko Widodo yang menganugerahkan tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya.

4. Lazada

Kamu bisa menemukan barang kebutuhan apapun di lazada dengan mudah. Berbeda dengan marketplace lainnya seperti  tokopedia ataupun shopee, lazada sangat selektif dalam memilih penjual yang akan menjual barangnya di platform mereka. 

Jadi kamu yang berbelanja di lazada, tidak perlu kuatir akan tertipu dengan produk palsu karena lazada memperhatikan dan memeriksa setiap penjual yang menjual produknya. Lazada mengedepankan kualitas produk di platformnya. 

Pernah menyabet award dalam best online shop, lazada mempunyai fitur unggulan yang menawarkan jaminan uang kembali jika produk yang kamu beli tidak sesuai dengan harapan kamu atau mengalami kerusakan.

Demikianlah beberapa marketplace yang bisa kamu manfaatkan untuk kamu yang ingin memulai usaha berjualan secara online. Bandingkan fitur setiap marketplace keuntungan dan kerugiannya dan pilih yang paling cocok dengan kamu. Selamat berjualan online. Semoga sukses!

 

You may also like