Home Pinjaman Daftar Lembaga Penyedia Pinjaman dengan Agunan 

Daftar Lembaga Penyedia Pinjaman dengan Agunan 

by Mas Abadi
pinjaman agunan

Produk pinjaman agunan yang dimiliki oleh Bank selalu dibutuhkan oleh masyarakat yang sedang membutuhkan dana cepat. Sehingga tidak heran jika setiap Bank yang menyediakan produk pinjaman dengan agunan ini menawarkan produk mereka. Sekarang sudah menjamur pinjaman yang disediakan oleh bank maupun lembaga keuangan non-bank.

Beberapa diantara pinjaman tersebut ada yang tidak mewajibkan adanya agunan dan ada yang mewajibkan. Tergantung kepada kebijakan dari masing-masing Bank atau lembaga itu sendiri. Sejak dahulu pinjaman ini sudah ada dan populer sekali di kalangan masyarakat. Agunan yang bisa diberikan seperti surat-surat kendaraan, sertifikat rumah, tanah, gedung dan yang lainnya.

Biasanya calon peminjam lebih mudah memberikan agunan berupa sertifikat rumah. Mereka lebih sering mengajukan pinjaman di Bank dibanding ke lembaga non-bank apabila diharuskan untuk menjaminkan sertifikat rumah sebab mereka lebih percaya kepada Bank. Berikut ini daftar Bank dan lembaga yang menyediakan pinjaman dengan agunan yang bisa Anda pilih saat membutuhkan dana.

5 Pilihan Bank Penyedia Pinjaman

Jumlah yang biasa dipinjam sangat variatif. Umumnya Bank akan menawarkan dana pinjaman dari ratusan juta hingga milyaran rupiah. Jadi, nilai dari masing-masing sertifikat bisa berbeda, tergantung dari besar rumah tersebut. Hal ini yang membuat dana pinjaman bisa diberikan hingga milyaran. Pinjaman dana akan semakin besar jika nilai dari rumah yang akan menjadi agunan juga besar.

pinjaman Bank BRI

Lalu, Bank dan lembaga apa saja yang menyediakan pinjaman dengan agunan? Simak ulasannya di bawah ini.

  • Bank BCA

Di urutan pertama ada Bank BCA yang memiliki produk pinjaman dengan agunan berupa sertifikat rumah. Produk tersebut bernama KPR Refinancing yang dapat menerima agunan berbentuk sertifikat rumah. Produk pinjaman ini bisa Anda gunakan untuk keperluan pribadi. Untuk saat ini Anda bisa mengajukan pinjaman melalui online.

Plafon pinjaman yang diberikan mulai dari Rp 250 juta hingga Rp 5 miliar. Tenornya mulai dari 1 tahun hingga 20 tahun dan suku bunga nya terbilang stabil dan rendah. Bank BCA juga memiliki beberapa syarat yang mudah untuk calon pelanggannya yang ingin mengajukan pinjaman.

  • Bank Mandiri

Bank Mandiri juga masuk dalam urutan dari Bank penyedia pinjaman yang banyak diminati oleh masyarakat. Produknya adalah KPR Multiguna dengan agunan berupa sertifikat rumah. Suku bunga yang diberikan cukup kompetitif. Proses pengajuan pinjamannya juga mudah, fleksibel dan cepat dengan pilihan tenor hingga 10 tahun.

  • Bank BNI

Selanjutnya ada Bank BNI yang menyediakan pinjaman dengan sertifikat rumah sebagai jaminannya. Bank BNI juga sudah sejak lama menjadi andalan masyarakat karena sangat terpercaya. Produk pinjaman yang disediakan Bank BNI yaitu BNI Griya Multiguna. Produk tersebut bisa Anda gunakan untuk renovasi rumah, modal kerja maupun kebutuhan konsumtif lainnya.

Plafon yang diberikan mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2,5 miliar. Tenor yang diberikan sama dengan Bank Mandiri yaitu 1-10 tahun. Selain itu, ada keunggulan lain di produk pinjaman ini seperti limit kredit yang bisa ditambahkan tergantung pada pendapatan kotor Anda dengan pasangan.

  • Bank BTN

Bank penyedia pinjaman berikut nya adalah Bank Tabungan Negara (BTN). Tidak hanya KPR saja, Bank BTN juga menyediakan pinjaman lainnya dengan agunan. Keunggulan lain yang bisa Anda dapatkan yaitu bisa mendapatkan plafon kredit yang bebas dengan tenor 10 tahun serta bunga yang kompetitif.

Selain itu, produk pinjaman dari Bank BTN ini menyediakan suku bunga yang berbeda tergantung pada skema pengajuan. Untuk masyarakat umum Kredit Agunan Rumah (KAR) akan diberikan bunga sebesar 11,50% di tahun pertama. Namun, KAR untuk karyawan, BUMD/N, atau TNI/Polri di tahun pertama akan mendapatkan bunga 9,50%

  • Bank Mega

Yang terakhir ada Bank Mega yang juga ikut menyediakan pinjaman dengan agunan rumah. Produk pinjamannya adalah Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah Mega Guna. Anda bisa mendapatkan jaminan dari Rp 500 juta hingga Rp 2 miliar dengan memberikan jaminan sertifikat rumah. Dana tersebut bisa Anda gunakan untuk kebutuhan konsumtif.

Lembaga Non-bank Penyedia Pinjaman

  • Pegadaian

Tentunya pegadaian sudah tak asing di telinga Anda. Pegadaian memiliki produk pinjaman dengan agunan berupa emas, kendaraan, rumah dan lainnya. Terdapat agunan yang harus diberikan untuk setiap pinjaman. Pegadaian sendiri lebih menyasar ke masyarakat kalangan menengah ke bawah.

  • Koperasi

Koperasi simpan pinjam merupakan lembaga keuangan yang bisa memberikan pinjaman kepada anggotanya. Sehingga, untuk mendapatkan pinjaman, Anda harus menjadi anggota terlebih dahulu. Biasanya koperasi ini ada di kabupaten atau kecamatan serta menyasar ke kalangan masyarakat menengah ke bawah.

Demikianlah produk pinjaman agunan yang bisa menjadi pilihan Anda jika ingin mengajukan pinjaman ke Bank maupun lembaga non-bank. Semoga bermanfaat!

You may also like