Home Karier Contoh Soal Tes Psikotes dan Cara Menjawabnya

Contoh Soal Tes Psikotes dan Cara Menjawabnya

by Mas Abadi
tes psikotes

Sudah pasti Anda tidak asing lagi dengan tes psikotes yang mana sering kali dijalani ketika ingin melamar pekerjaan. Psikotes menjadi salah satu test yang paling banyak ditakuti. Karena ketika tidak lolos test ini, sudah pasti tidak akan bisa melanjutkan seleksi penerimaan karyawan. Salah satu cara agar Anda bisa lolos tes ini adalah dengan mempelajari contoh serta cara menjawabnya, seperti yang akan dijelaskan dalam artikel ini.

Macam-macam Psikotest

Sebelum mempelajari contoh soal psikotes beserta cara menjawabnya, lebih baik Anda mengetahui tentang macam-macam psikotest. Test ini memang melibatkan beberapa kategori untuk bisa mengukur kemampuan seseorang. Berikut ini adalah macam-macam dari psikotest:

Psikotes Kecerdasan

Test pertama yang sangat umum dan paling utama dilakukan adalah test kecerdasan. Seperti namanya, test yang satu ini ditujukan untuk mengukur tingkat kecerdasan seseorang. Dalam test ini pun dibagi lagi menjadi beberapa jenis, berikut ini adalah testnya:

  • Verbal

Test pertama pada psikotes kecerdasan adalah test verbal. Dalam test ini akan mengukur bagaimana kemampuan verbal seseorang. Test yang diberikan adalah tentang kosa kata, menyusun kalimat dan lain sebagainya. Bahkan beberapa kosa kata yang ada pada test ini jarang digunakan pada kehidupan sehari-hari.

  • Kuantitatif

Selanjutnya, Anda juga akan menghadapi yang namanya test kuantitatif. Test ini sendiri bisa dikatakan yang paling sulit karena Anda harus bisa menyelesaikan soal dalam bentuk aljabar, logika matematika dan lain sebagainya. Anda harus memahami soal dengan baik serta menjawab dengan benar. Hal yang menyulitkan bukan pada soal, tapi waktu yang diberikan terbatas. Sehingga Anda harus benar-benar teliti dalam menjawabnya.

  • Penalaran

Test kecerdasan yang terakhir adalah tentang penalaran. Anda harus mengerjakan soal-soal yang membutuhkan analisa detail. Sehingga ketika menjawab akan menemukan jawaban yang logis dan paling tepat. Test penalaran sendiri ditujukan untuk mengukur kemampuan Anda dalam menganalisa masalah dan mendapatkan solusi paling efektif dan juga logis.

Ketika Anda mengerjakan psikotes kecerdasan ini, Anda tidak hanya menghadapi ketiga test di atas. Masih ada beberapa test lain yang juga perlu Anda pelajari, seperti test spasial atau angka berkolom. Seluruh test pun diberikan waktu yang terbatas.

Psikotest Kepribadian

prospek kerja psikologi

Perusahaan tidak hanya membutuhkan seorang karyawan yang cerdas saja. Kepribadian pun juga akan dinilai melalui psikotest. Dalam test ini akan mengukur kepribadian seperti kepemimpinan, mudah beradaptasi, sanggup bekerja dalam tim dan lain sebagainya. Sama dengan test kecerdasan, test ini pun dibagi menjadi beberapa jenis lagi seperti berikut:

  • Quisioner

Dalam test ini nantinya Anda akan diberikan beberapa pernyataan dan Anda hanya perlu menjawab tidak setuju atau setuju. Pernyataan-pernyataan ini ditujukan untuk mengetahui tentang kepribadian Anda. Hal paling utama ketika mengerjakan soal ini adalah menjawab dengan jujur. Dengan menjawab jujur, maka kesempatan Anda diterima pun juga besar.

  • Wartegg

Meski mempunyai nama yang unik, tapi Wartegg test pun sering diikut sertakan dalam psikotest. Dalam test ini, Anda akan diminta untuk menyusun satu titik dengan lainnya hingga membentuk pola. Tujuan dari test ini adalah untuk mengetahui karakter yang tersemat dalam diri Anda. Jadi, kerjakan test ini sesuai dengan arahan yang diminta oleh penguji.

Tidak hanya dua test itu saja yang masuk psikotest kepribadian, masih ada beberapa test lagi seperti menggambar pohon yang juga sering ada. Dalam test ini yang paling penting adalah menjawab dengan jujur dan sesuai dengan hati Anda. Karena yang dinilai bukanlah kecerdasan tapi karakteristik Anda.

Contoh Soal Psikotes dan Cara Menjawabnya

Setelah mengetahui test apa saja yang diberikan pada psikotest, maka selanjutnya adalah mempelajari contoh soal dan juga cara menjawabnya. Berikut ini adalah contoh soal dalam psikotest:

Test Verbal

Untuk contoh soal verbal adalah sebagai berikut:

  • Anemia = …
  1. Kekurangan oksigen.
  2. Kelebihan oksigen.
  3. Kekurangan darah merah.
  4. Kelebihan darah merah.
  5. Kekurangan zat besi

Jawabannya adalah C. kekurangan darah merah, di mana jawaban tersebut adalah persamaan kata dari anemia.

  • Nista >< …
  1. Jijik
  2. Agung
  3. Cela
  4. Baik
  5. Hina

Jawabannya adalah b. Agung, di mana kata tersebut adalah lawan kata dari nista yang memiliki arti noda, aib, buruk dan lain sebagainya.

Test Analogi

Berikut ini adalah contoh test analogi:

  • Kepala = pusing, perut  = …
  1. Kenyang
  2. Mulas
  3. Lapar
  4. Kembung

Jawaban yang benar adalah b. mulas. Perhatikan pada penjelasan sebelumnya di mana jika kepala sakit maka pusing, sehingga ketika perut sakit sudah pasti mulas.

Demikianlah contoh soal tes psikotest, di mana masih banyak lagi contoh soal lainnya yang bisa Anda temukan. Semakin banyak Anda berlatih soal psikotest, maka akan semakin mudah juga bagi Anda untuk menjawab soal-soal tersebut.

 

You may also like