Home Perencanaan Contoh Kreatifitas dan Inovasi dalam Kewirausahaan

Contoh Kreatifitas dan Inovasi dalam Kewirausahaan

by Mas Abadi

Kreativitas adalah hal yang begitu penting ketika menjalankan usaha serta menjadi pembeda sekaligus sebagai daya tarik yang Anda punya dibanding para kompetitor. Terdapat beberapa kreativitas dan inovasi di dunia kewirausahaan yang sudah terbukti bisa bertahan untuk waktu yang lama dengan ide-ide inovatif dan juga menarik.

Apabila Anda bisa mengoptimalkan kreativitas ini dalam usaha yang Anda jalankan, hal tersebut akan menjadikan bisnis yang Anda jalankan terlihat berbeda dari beberapa usaha serupa yang dijalankan orang lain.

Apabila Anda masing bingung terkait penerapan ide kreatif dan inovatif dalam suatu bisnis, dibawah ini terdapat beberapa macam ide di dunia kewirausahaan yang kreatif serta inovatif sekaligus menjadi inspirasi bagi Anda.

1.       Kerajinan Rotan

Barang seperti furniture merupakan hal yang cukup penting di dalam sebuah rumah. Sekarang ini, tidak sedikit pasangan yang baru menikah lebih menyukai menata rumahnya sendiri dengan tampilan yang lebih estetik. Furniture berbahan rotan merupakan jenis bahan yang banyak diminati agar dapat menciptakan kesan alami.

Selain itu, bahan dari rotan mempunyai tekstur lebih lentur dibandingkan kayu biasanya sehingga gampang dibentuk menjadi apapun. Karena alasan inilah, tidak sedikit pengusaha yang memilih sektor usaha kreatif tersebut.

2.       Produk Daur Ulang

Terdapat banyak hal yang dapat dijadikan sebagai sebuah benda yang memiliki nilai, termasuk benda daur ulang. Anda dapat merubah barang-barang yang sekiranya sudah tak terpakai menjadi barang yang mempunyai nilai jual.

Seperti contoh, mengubah kertas-kertas atau koran yang sudah tak terpakai lagi menjadi barang yang masih bermanfaat. Seperti frame, tong sampah, bunga serta benda lain. Selain dapat menambah potensi bisnis, cara tersebut juga sangat ramah lingkungan.

3.       Cemilan Unik

Makanan seperti camilan merupakan teman setia ketika bekerja, santai atau menonton televisi. Tergolong mudah untuk mengkreasikan inovasi camilan seperti cimol kering, makaroni pedas, keripik kaca dan lain sebagainya. Kreasi dan inovasi camilan unik  dari makanan tradisional pun menjadi trend terbaru sekarang ini.

4.       Desain Uang Mahar

Usaha kreatif serta inovatif berikutnya yakni bisnis desain uang mahar. Agar tampak lebih berkesan serta terlihat menawan, banyak calon pengantin baru memilih untuk mengkreasikan uang maharnya menjadi sesuatu yang jauh lebih berkesan dan menarik. Untuk kreasi desain uang mahar ini umumnya dibentuk berupa bingkai atau gaya desain lainnya, yang pastinya menjadi sangat menarik.

5.       Bisnis Barang Antik

Usaha barang antik bisa menjadi peluang usaha yang bagus serta bisa bertahan cukup lama. Sebab, peminat dari barang antik ini tidak pernah surut apalagi mengingat ada saja kolektor yang selalu mencari barang-barang antik yang mereka sukai. Beberapa jenis usaha barang antik yang sering diminati para kolektor, seperti jam dinding, lemari kayu, piring dan masih banyak lagi.

6.       Kursus Musik Privat

Bila Anda mempunyai kemampuan dalam dunia musik, cobalah untuk memulai buka usaha kursus musik secara privat. Beberapa jenis alat musik yang biasanya diminati orang-orang seperti biola, drum, piano dan gitar. Anda juga dapat memberi kursus menyanyi sambil terus memperdalam keterampilan Anda pribadi.

7.       Penyewaan Kostum

Anda dapat mencoba membuka bisnis sewa berbagai kostum, seperti pakaian adat, kebaya hingga pakaian tradisional dari negara asing, misalnya Korea, Italia, dan Jepang. Umumnya, penyewaan kostum menjadi sangat laku untuk keperluan pemotretan tema. Akan tetapi, Anda harus memastikan soal kebersihan dari pakaian atau kostum yang Anda sewakan.

8.       Desainer Pakaian

Apabila Anda mempunyai minat di dunia fashion serta mempunyai ide-ide kreatif dan inovatif seputar fashion terbaru, Anda dapat menjadi pelaku atau desainer pakaian. Selain bisa dipakai untuk bisnis sendiri, Anda juga dapat menjual karya Anda serta mengelola hobi tersebut menjadi sesuatu yang memiliki manfaat dan nilai jual.

9.       Jasa Titip (Jastip)

Berikutnya inovasi usaha kreatif dan inovatif yang saat ini sudah semakin ramai dilakukan. Jenis bisnis satu ini seakan membalikkan pemikiran bahwa orang-orang yang hobi belanja hanya menghabis-habiskan uang saja. Tapi nyatanya Anda dapat menjadikan hobi berbelanja ini untuk memperoleh pendapatan. Personal shopper adalah pihak yang menawarkan jasa membelikan barang atau produk ke orang lain, atau biasa dikenal dengan istilah jastip alias jasa titip.

Biasanya, orang yang memakai jasa tersebut merupakan orang yang mau memberi produk tertentu namun terkendala dengan lokasinya yang jauh. Untuk Anda yang suka ke tempat belanja atau mall, membuka bisnis jastip bisa menjadi inovasi bisnis yang tepat untuk Anda coba.

10.   Clothing Line

Merek atau brand clothing line saat ini semakin banyak peminatnya walaupun hasil karya dari anak bangsa, khususnya para kaum milenial, selama barang yang ditawarkan memiliki kualitas terbaik dan sesuai oleh harga yang diberikan, peminatnya akan selalu ada. Anda juga dapat memasarkan barang atau produk tersebut melalui jejaring sosial, platform seperti website atau sosial media.

You may also like