Home Tips Contoh Inovasi yang Dapat Dilakukan Seorang Guru

Contoh Inovasi yang Dapat Dilakukan Seorang Guru

by admin

Menurut KBBI, arti kata inovasi sendiri yakni penemuan baru dan berbeda dari yang telah ada sebelumnya. Selain itu, inovasi mempunyai hubungan yang sangat erat oleh teknologi, pengetahuan dan ide. Teknologi pada dasarnya dilahirkan atau diciptakan agar dapat mempermudah kehidupan manusia di bumi dari segi pendidikan hingga komunikasi.

Kolaborasi teknologi dan inovasi bisa sangat membantu Anda agar belajar lebih baik dan lebih banyak mengenai hal-hal, seperti dalam sistem pendidikan di perkuliahan. Adanya bantuan teknologi ini, Anda dapat belajar lebih praktis namun tetap efektif. Nah, berbicara mengenai inovasi yang dapat dilakukan seorang guru, dibawah ini terdapat 5 inovasi model pembelajaran terbaik yang sudah banyak diterapkan di Indonesia.

1.       Meningkatkan Keterlibatan Para Peserta Didik

Di dalam kelas, keterlibatan mahasiswa menjadi sebuah masalah besar di dunia pendidikan. Dalam ruang kelas biasa, dianggap cukup sulit membuat para siswa bisa tetap fokus pada materi pengajaran yang disampaikan. Hal tersebut dikarenakan pihak pengajar tidak tahu apa yang sebetulnya membuat siswa dikelas tetap tertarik oleh materi yang diberikan.

Saat mahasiswa terdistraksi, mereka pun tidak dapat mengulang lagi materi yang sudah terlewatkan. Dengan inovasi pengajaran seperti webinar, siswa bisa belajar dimana manapun yang penting terkoneksi internet. Selain itu siswa juga bisa bebas menyampaikan pertanyaan tanpa merasa malu oleh teman sekelasnya.

2.       Pembelajaran dengan Metode Permainan

Hampir semua orang suka bermain video game. Bermain game dapatdilakukan agar bisa mengurangi stress setelah belajar. Dengan begitu, bagaimana bila belajar tapi sambil memainkan game? Sebuah pendekatan baru dimana para siswa dapat belajar lewat permainan, atau biasa dikenal dengan istilah game based learning atau pembelajaran dengan metode permainan. Dimana materi akan disampaikan dengan kemasan permainan supaya menjadi lebih menyenangkan dan menarik.

Supaya dapat memberikan motivasi ke siswa, GBL bukan hanya bermain, namun juga memberikan penghargaan agar para siswa terpacu untuk mau belajar lebih giat. Penghargaan bisa berupa lencana, hadiah, atau level yang diperoleh siswa saat menyelesaikan tugas yang diberikan.

3.       Pembelajaran Multimodal

Untuk sebagian orang, aktivitas membaca merupakan hal yang begitu menyenangkan serta bisa menjadi cara paling ampuh mempelajari bahasa asing. Akan tetapi, tidak seluruh orang mempunyai kemampuan membaca serta membayangkan materi pengajaran.

Nah, pembelajaran multimodal ini bisa membantu para siswa dengan mengkombinasikan gambar, tulisan, tindakan, suara, gerakan dan lain sebagainya. Pembelajaran pun akan lebih efektif khususnya untuk mempelajari bahasa asing. Teknik ini bisa dipakai untuk membantu para siswa mengingat kosakata bahasa Jepang, Inggris, Arab, Mandarin dan jenis bahasa lainnya.

Bukan hanya sebatas untuk dapat membantu siswa mengingat kosakata, teknik tersebut juga bisa membantu siswa mengingat, memahami huruf, dan mempelajari bahasa Mandarin, Korea, Jepang, Arab, Rusia dan jenis bahasa asing lainnya yang tidak memakai huruf latin.

4.       Pembelajaran Jarak Jauh

Berada di zaman modern saat ini dimana teknologi semakin maju dan semuanya sudah serba digital, membuat sebuah jarak sudah tidak lagi menjadi masalah khususnya di dunia pendidikan itu sendiri. Lewat teknologi berupa koneksi internet yang tersambung ke gadget canggih, Anda bisa belajar dimanapun dan oleh siapapun.

Saat ini beberapa universitas sudah menyediakan pembelajaran via online atau daring. Kehadiran secara tatap muka sudah tidak menjadi masalah yang begitu berarti. Banyak aspek batasan yang semakin lenyap sehingga Anda dapat belajar apa saja yang Anda inginkan dimanapun dan kapanpun itu.

Jarak tidak dijadikan sebagai penghalang lagi. Akan tetapi, semudah apapun Anda memperoleh akses pendidikan melalui internet, jika tak ada komitmen dalam belajar, kehadiran teknologi super canggih ini tidak akan berarti apa-apa. Kesimpulannya, semua hal yang dilakukan ujung-ujungnya kembali ke seberapa niat dan kuat keinginan Anda untuk melakukannya.

5.       Pembelajaran Berbasis Komunitas

Manfaat jejaring sosial sekarang ini bukan hanya tentang Anda terkoneksi oleh teman-teman atau sanak saudara yang berada jauh dari tempat tinggal Anda saat ini. Anda juga dapat memanfaatkan jejaring sosial agar dapat bergabung ke komunitas belajar, yang merupakan inovasi pembelajaran yang sudah tersedia di beberapa sekolah atau perguruan tinggi di Indonesia. Tidak sedikit para guru yang menerapkan metode tersebut sebagai inovasi baru dalam dunia pendidikan.

Misalnya Anda sedang berada di masa peningkatan kemampuan berbahasa Inggris, Anda bisa gabung ke grup atau komunitas yang memang khusus belajar bahasa Inggris di jejaring sosial. Pada komunitas tersebut Anda dapat berbagi banyak tips belajar dan bahkan dapat langsung latihan berbahasa Inggris disana.

Itulah beberapa contoh inovasi yang dapat dilakukan seorang guru dan bisa diterima dengan baik oleh para siswa agar dunia pendidikan tidak monoton serta dapat memanfaatkan perkembangan zaman.

You may also like