Home Perencanaan Beberapa Contoh Inovasi Teknologi

Beberapa Contoh Inovasi Teknologi

by Mas Abadi

Di era yang semakin modern ini, sudah semakin banyak bermunculan berbagai jenis inovasi teknologi di dunia, dan bahkan hampir semua masyarakat merasakan dampak dari perubahan atau perkembangan teknologi akhir-akhir ini. Beberapa tahun terakhir perkembangan teknologi mengalami pertumbuhan yang sangat pesat.

Terdapat berbagai jenis teknologi yang sukses dilahirkan, dikembangkan serta semakin disosialisasikan. Hadirnya teknologi-teknologi baru dan canggih ini tanpa banyak orang sadari, bisa mengubah pola kehidupan masyarakat bumi sehari-hari. Nah, mengenai apa saja jenis teknologi tersebut? Simak penjelasan nya di artikel ini sampai habis.

1.       Layanan 5G

Contoh inovasi teknologi yang bisa dikatakan paling populer akhir-akhir ini yaitu layanan 5G. Saat seseorang menggunakan layanan ini, seluruh sambungan internet serta telepon nantinya akan menjadi lebih cepat serta stabil.

Sebenarnya teknologi tersebut sudah diciptakan serta disosialisasikan pada tahun 2019, namun pada tahun tersebut karena masih belum sepenuhnya siap, jadi tidak dapat digunakan langsung. Tapi di tahun 2020 kemarin, layanan 5G sudah mulai tersedia di beberapa negara yang memang sudah memiliki sarana pendukung untuk mulai mensosialisasikan 5G.

2.       Foldable smartphone

Ponsel layar lipat atau Foldable smartphone sudah mulai diciptakan dan sudah disosialisasikan beberapa tahun lalu. Anda mungkin sempat mengira bahwa produsen pertama yang berhasil merilis teknologi satu ini adalah perusahaan Samsung. Akan tetapi nyatanya perusahaan yang merilis datang dari perusahaan asal Tiongkok yaitu Royale.

Inovasi teknologi ini tentu akan menjelma sebagai tren baru di tengah kehidupan masyarakat dunia. Sampai saat ini, sudah begitu banyak para perusahaan yang turut mengembangkan ponsel layar lipat ini. Seperti Huawei, Samsung, Motorola, Apple dan Oppo. Foldable smartphone di tahun 2021 sudah mulai ramai dipasaran gadget khususnya di negara Indonesia, dan menjadi gadget favorit para kaum milenial.

3.       Spot Robot

Boston Dynamics berhasil merilis sebuah robot baru, yaitu Spot Robot. Tampilannya terlihat aneh, yakni layaknya anjing tapi tidak memiliki kepala. Teknologi ini dilahirkan untuk beberapa hal, namun yang paling utama yakni sebagai bantuan navigasi. Robot ini bisa disuruh pergi ke mana saja, menghindari berbagai rintangan dan hambatan di jalan, bahkan dapat menarik mobil yang macet. Pastinya sangat berguna dan multifungsi.

4.       Google Stadia

Stadia merupakan bentuk layanan untuk streaming game dan berhasil dirilis pada tahun 2019 tepatnya di bulan November. Bukan hanya itu saja, produk yang dimiliki perusahaan Google ini juga mempunyai tampilan dalam bentuk controller yang akan disambungkan ke laptop, smart TV, atau gadget lainnya. Lewat inovasi teknologi tersebut, Google berniat mengalihkan fitur video game menjadi layanan dengan basis clude. Dengan begitu Anda dapat melakukan streaming game kapanpun dan dimanapun tanpa harus mengunduhnya lagi lewat aplikasi lain.

5.       Biohacking pada manusia

DIY biologi atau Biohacking merupakan istilah yang dipakai sebagai penggambaran percobaan sains ke suatu organisme tertentu. Sebetulnya istilah ini sudah dipakai dari jaman dahulu. Akan tetapi mulai tahun 2019 kemarin, biohacking mulai melejit kembali sebab tidak sedikit orang-orang yang mau melakukannya ke diri mereka sendiri.

Ada beberapa contoh DIY biologi atau biohacking ini. Seperti grup dari Cyborg Nest yang pernah mencoba menanamkan kompas ke dalam kulit agar dapat memberi tahu arah mata angin. Setelah itu, ada juga bio magnet, yakni memasukkan sebuah magnet kecil berupa silinder yang ditanamkan ke dalam jari. Dengan begitu Anda akan bisa menarik benda-benda seperti logam dan sejenisnya.

6.       Komputer quantum

Contoh inovasi teknologi berikutnya yaitu komputer quantum, dimana komputer quantum ini merupakan sebuah teknologi yang sudah dikembangkan di beberapa tahun terakhir, khususnya oleh Google dan IBM. Ii adalah jenis perangkat komputer yang begitu cepat serta diprediksi bisa mengerjakan seluruh hal-hal atau pekerjaan yang kompleks. Lewat semua kecanggihan yang ditawarkannya, komputer quantum secara otomatis akan mampu mengubah berbagai macam aspek kehidupan masyarakat dunia. Karena teknologi ini sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari manusia.

7.       AR dan VR

Ar dan VR menjadi salah satu inovasi teknologi yang sedang menjadi tren di tengah masyarakat dunia, tak terkecuali di Indonesia sendiri. Anda bisa lihat dan amati bahwasannya VR dan AR sudah sangat banyak perusahaan-perusahaan ternama yang mulai mengembangkannya akhir-akhir ini. Dimana AR sendiri mulai digunakan di kehidupan sehari-hari. Misalnya, filter di aplikasi Instagram, menjadi teknologi untuk berbelanja, serta sebagai wadah atau bahan edukasi di kehidupan masyarakat luas.

Begitu juga kehadiran teknologi seperti VR. Anda dapat menggunakan V untuk permainan game, dunia medis, hingga belajar, atau bahkan untuk melakukan latihan militer. Kedua teknologi ini diprediksi akan mengalami perkembangan dari masa ke masa dan akan semakin banyak dimanfaatkan oleh masyarakat di kemudian hari.

You may also like