Home Perencanaan Contoh Dari Inovasi Produk

Contoh Dari Inovasi Produk

by Mas Abadi

Setiap bisnis diperlukan adanya inovasi produk untuk bisa lebih unggul dari pesaing. Inovasi sendiri yaitu suatu upaya untuk melakukan berbagai peningkatan serta pengembangan pada produk, yang dilakukan oleh para pelaku usaha. Tidak hanya produk yang berbentuk barang yang bisa dikembangkan namun juga pada pelayanannya atau jasa.

Inovasi produk erat kaitannya dengan teknologi karena umumnya akan memanfaatkan iptek atau ilmu pengetahuan dan teknologi. Inovasi dilakukan untuk mengikuti perkembangan yang ada di pasaran dan dalam rangka memenuhi kebutuhan serta keinginan konsumen. Dengan melakukan inovasi, paling tidak kualitas produk tersebut bisa lebih baik dari sebelumnya. Hal ini akan menjadikan bisnis yang dijalankan semakin memiliki nilai plus di mata konsumen.

Terdapat beberapa tujuan mengapa perlu dilakukan inovasi produk, di antaranya adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan Kualitas

Produk yang inovatif dapat dikatakan sebagai produk yang berkualitas. Karena produk yang dibiarkan terus menerus sama seperti sebelumnya, lama kelamaan akan ditinggalkan dan menjadi produk yang tidak menarik lagi. Beda halnya jika dilakukan inovasi maka produk tersebut bisa memenuhi kebutuhan pasar pada masa kini.

  1. Memenuhi Kebutuhan Masyarakat

Puluhan tahun lalu untuk berbelanja mau tidak mau harus mengunjungi mall, supermarket, swalayan. Padahal butuh biaya transportasi lagi jika harus belanja ke luar rumah dan pastinya akan lebih repot. Melihat masalah tersebut maka diciptakanlah inovasi pada aplikasi berbasis e-commerce yang semakin memudahkan masyarakat untuk berbelanja hingga membayar tagihan dari mana saja.

  1. Meningkatkan efisiensi

Dengan melakukan inovasi akan membantu para karyawan agar lebih efisien saat bekerja. Efisiensi sangat dibutuhkan karena dapat memperbanyak output yang dihasilkan tanpa harus mengeluarkan ongkos yang berlebihan.

Setelah memahami pentingnya sebuah inovasi, di bawah ini ada beberapa contoh inovasi produk yang sedang nge-tren saat ini.

       1. Blender/Juicer Portable

Ketika ingin membuat jus, Anda harus menggunakan blender biasa yang besar dan membutuhkan daya listrik. Kini terdapat inovasi pada produk blender yang memungkinkan Anda untuk membawanya kemana pun, misal saat berlibur atau ke tempat kerja. Benda tersebut dikenal dengan sebutan blender atau juicer portable.

Sesuai dengan namanya,blender ini sangat praktis untuk dibawa karena bentuknya yang minimalis mirip seperti botol minum sehingga jus yang dibuat langsung bisa diminum dari benda ini. Anda juga tidak perlu mencari colokan listrik karena blender portable menggunakan daya baterai atau USB.

      2. Laser Keyboard Virtual Projection

Inovasi produk berikutnya yaitu keyboard yang menggunakan cahaya laser. Terobosan dalam dunia teknologi ini sangat memudahkan penggunanya untuk bisa mengetik di mana saja. Tombol-tombol yang biasanya ada di keyboard akan muncul dalam bentuk cahaya laser pada benda apapun misalkan meja, kertas, dinding dan lain-lain.

Laser keyboard virtual projection ini dihubungkan melalui bluetooth jadi bisa diaplikasikan pada PC, laptop dan juga smartphone sehingga lebih praktis digunakan kapan pun dan di mana pun Anda berada. Bentuknya yang mungil dan ringan membuat produk inovasi ini semakin banyak diminati.

  1. Rak Koper

Anda termasuk orang yang sering berpergian ke luar kota maupun luar negeri ? Inovasi pada koper ini cocok untuk Anda. Rak koper dipelopori oleh ShelfPack yang mengalihkan fungsi koper agar seperti lemari berjalan.

Produk ini dilengkapi dengan susunan rak sebagai tempat menyimpan pakaian sehingga akan tetap rapi. Selain itu, terdapat penyimpanan yang terletak di bagian samping untuk menyimpan perlengkapan mandi, kosmetik, dan barang-barang lainnya.

  1. Air Fryer

Penerapan gaya hidup sehat di tengah masyarakat kini semakin marak. Salah satunya yaitu kesadaran masyarakat akan penggunaan minyak goreng berlebih yang bisa berdampak buruk untuk kesehatan. Kekhawatiran tersebut memunculkan adanya inovasi produk pada peralatan dapur yakni Air Fryer.

Alat ini memiliki fungsi untuk memasak tanpa perlu menambahkan minyak goreng. Masakan menjadi lebih sehat dan waktu Anda lebih efisien untuk memasak. Karena selain bisa digunakan untuk menggoreng tanpa minyak, Air Fryer bisa berfungsi untuk memanggang ikan, membuat kue, dan jenis masakan lainnya. Anda tertarik ? Produk ini sangat mudah ditemukan di toko-toko maupun e-commerce.

     5. Blogger atau Konten Kreator

Inovasi produk ini bergerak di bidang pelayanan atau jasa dan menjadi salah usaha kreatif yang menjanjikan. Bagi para blogger atau konten kreator dengan pelaku usaha yang menggunakan jasanya, sama-sama saling menguntungkan. Karena pekerjaan ini bisa menjadi salah satu strategi marketing yang efektif. Bagi Anda yang memiliki kemampuan menulis dan membuat konten, alangkah baiknya untuk mencoba pekerjaan ini.

Demikianlah kelima contoh inovasi produk yang terdiri dari berbagai bidang. Contoh-contoh tersebut mungkin bisa menjadi referensi bagi Anda yang berencana menciptakan produk yang inovatif.

You may also like