Home Perencanaan Beberapa Contoh Inovasi Kebudayaan

Beberapa Contoh Inovasi Kebudayaan

by admin

Seiring berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan mampu membawa pengaruh yang sangat pesat terhadap pola kehidupan masyarakat, khususnya di Indonesia. Salah satunya yakni dengan kehadiran layanan internet yang dapat membawa pengaruh besar di sektor pendidikan. Lewat kelebihan yang ada di internet, entah itu dari kelengkapan informasi, dari segi efisiensi waktu, atau fleksibilitas pembuatan buku sudah tidak menjadi satu-satunya sebagai sumber ilmu pengetahuan.

Kondisi ini termasuk perubahan budaya namun dari sisi pendidikan yang terjadi di kehidupan masyarakat pada saat ini. Lantas, apa sebetulnya perubahan kebudayaan yang dimaksud?

Secara garis besar, inovasi kebudayaan adalah perubahan di dalam sistem yang berkaitan dengan ide-ide prinsip kehidupan masyarakat. Selain itu, inovasi kebudayaan juga bisa disebutkan sebagai sebuah kondisi ketidakcocokan unsur kebudayaan yang sudah ada dan menciptakan situasi yang tidak sesuai bagi kehidupan masyarakat yang sudah ada.

Perubahan kebudayaan sebetulnya lebih mengarah ke perubahan pada proses penataan sosial masyarakat, yang mana inovasi kebudayaan tersebut bisa berlangsung begitu cepat atau lambat serta biasanya tidak dapat disadari oleh orang-orang. Dibawah ini terdapat beberapa aspek yang mempengaruhi terjadinya inovasi kebudayaan di tengah masyarakat.

1.       Pakaian

Perubahan model pakaian yang terjadi di masyarakat dapat sewaktu-waktu terjadi. Pada jaman dulu seluruh masyarakat memakai pakaian sesuai adat mereka masing-masing. Akan tetapi, seiring perkembangan zaman yang dipengaruhi perkembangan teknologi. Masyarakat secara perlahan mulai meninggalkan model pakaian adat mereka serta menggantinya dengan pakaian baru.

Misalnya, saat ini masyarakat Indonesia sedang demam Korea. Khusus para penggemarnya, mereka akan selalu mencari serta memakai pakaian yang sering dikenakan oleh orang Korea. Akan tetapi, masyarakat pun tidak meninggalkan model pakaian adatnya dan masih mengenakannya di sebuah acara tertentu. Contoh pakaian adat Jawa atau pakaian adat Bali yang mereka gunakan ketika akan melakukan Sembahyang di pura.

2.       Kesenian

Kesenian dapat tergantikan dan berubah seiring perubahan zaman. Sekarang ini, sudah banyak kesenian asli Indonesia mulai punah sebab anak bangsa khususnya generasi milenial tidak menyukai kesenian ini. Bahkan mereka jauh lebih tertarik mengikuti kesenian dari negara asing. Akan tetapi, masih banyak juga kesenian asli Indonesia yang mampu bertahan hingga saat ini.

3.       Model Rambut

Berbicara dari segi penampilan, contoh inovasi kebudayaan yang terjadi di masyarakat yakni perubahan model rambut. Dimana masyarakat merasa perlu mengikuti trend yang sedang ramai agar tidak dikatakan culun. Pengaruh paling besar salah satunya model rambut ala kebarat-baratan, dengan cara di cat warna atau potongan rambut ala anak punk yang berhasil membuat sebagian remaja mulai mengikuti model ini serta mengikuti gaya hidup seorang anak punk. Perlu ditekankan lagi bahwa pola gaya hidup anak punk sendiri bukanlah budaya asli masyarakat Indonesia, melainkan diambil dari luar negeri.

4.       Bahasa Daerah Indonesia

Negara Indonesia dikenal dengan bangsa yang mempunyai begitu banyak jenis bahasa daerah. Tapi, tidak sedikit juga bahasa daerah yang tidak dilestarikan. Hal ini mungkin saja terjadi karena orang-orang lebih menyukai memakai bahasa Indonesia dan bahasa Inggris daripada menggunakan bahasa dari daerah mereka sendiri. Selain itu, mungkin dengan berbahasa Indonesia membuat jangkauan komunikasi jauh lebih luas, atau bahkan menggunakan bahasa Inggris justru bisa menjangkau dunia sekalipun. Bila dibandingkan dengan menggunakan bahasa daerah, yang mana hanya akan bisa dipahami oleh warga daerah di suatu wilayah tertentu saja.

5.       Masuknya Budaya Asing

Di negara Indonesia, jika kita sadari bersama sudah banyak tercampur oleh budaya barat. Hal ini bisa saja dikarenakan kebudayaan asing jauh lebih menarik daripada budaya di negara Indonesia itu sendiri. Contohnya budaya perayaan hari Valentine serta pesta ulang tahun. Sebetulnya budaya asli tanah air sudah mempunyai budaya yang hampir serupa dengan budaya asing. Akan tetapi, budaya ini kadang dianggap tidak begitu seru.

Contoh inovasi besar lainnya yakni penggunaan perangkat komputer serta berbagai alat teknologi canggih sebagai pengganti fungsi buku untuk belajar atau mencari tugas kuliah. Kondisi ini tentu dipengaruhi oleh kemudahan dalam menggunakan berbagai alat teknologi.

6.       Cara Berkomunikasi

Selanjutnya yakni perubahan dari cara berkomunikasi juga termasuk contoh inovasi kebudayaan yang terjadi di Indonesia.  Beberapa tahun silam, orang-orang masih memakai media surat untuk dapat berkomunikasi vai jarak jauh. Tapi saat ini lewat kecanggihan teknologi dan internet, dengan menggunakan gadget, seseorang dapat melakukan komunikasi dengan lebih cepat serta praktis, bahkan dilengkapi oleh fitur-fitur lainnya yang sudah sangat canggih.

Beberapa Unsur Universal Kebudayaan

Unsur-unsur kebudayaan yang mempengaruhi perubahan pada pola kehidupan masyarakat, sejatinya datang dari beberapa aspek sebagai pemicu terjadinya situasi tersebut, antara lain:

  •         Sistem peralatan hidup dan teknologi
  •         Sistem pengetahuan
  •         Sistem kemasyarakatan
  •         Sistem ekonomi dan mata pencaharian
  •         Sistem religi
  •         Kesenian

·         Bahasa

You may also like