Home Bisnis Beberapa Contoh Inovasi Bisnis

Beberapa Contoh Inovasi Bisnis

by admin

Apabila Anda mengatakan peluang bisnis di negara Indonesia saat ini sedang menunjukkan penurunan, karena dampak dari pandemi Covid19. Itu adalah salah. Sebab peluang bisnis dimana saja akan selalu ada, asal ide kreatif dapat terus diciptakan serta pemilik bisnis berani mengambil pilihan untuk mengembangkan usaha tersebut.

Inovasi bisnis dapat dilakukan dengan menerapkan ide-ide kreatif yang ada dikepala pemilik usaha, termasuk dalam urusan mencari inspirasi bisnis apa yang mau dikembangkan. Terdapat banyak sekali bisnis kreatif yang ada di luar negeri dan ternyata pola usahanya dapat ditiru serta diterapkan di tanah air. Bahkan bisnis tersebut sama sekali belum pernah ada di Indonesia.

Sejatinya, orang-orang Indonesia selalu merasa tertarik oleh hal baru serta unik, apalagi untuk hal yang sebelumnya tidak dicoba dan dilihat. Beberapa contoh inovasi bisnis yang akan dibahas pada kesempatan ini, semuanya akan dijelaskan secara rinci. Maka dari itu, simak ulasannya sampai habis.

1.       Makanan Duka Cita

Apabila umumnya sebuah ucapan duka cita dikreasikan dalam bentuk bucket atau karangan bunga, namun di luar negeri justru budaya seperti ini sudah kurang diminati. Sebuah ide kreatif dalam berbisnis muncul, alhasil terdapat produk bisnis yakni makanan duka cita yang mungkin bisa menjadi peluang bisnis baru di Indonesia.

Makanan duka cita ini nantinya dikirimkan ke mereka yang mengalami musibah dan menjadi bentuk ucapan belasungkawa serta dukungan. Dari kiriman makanan tersebut, diharapkan bisa sedikit mengurangi rasa kehilangan. Secara logika, tentu langkah tersebut akan jauh lebih berguna dibanding hanya mengirim karangan bunga saja, yang mana bunga-bunga itu akhirnya akan berujung menjadi sampah.

2.       Peluang Bisnis Cuci Mobil/Motor Panggilan

Menjadi salah satu alasan kenapa orang-orang malas mendatangi lokasi cucian motor atau mobil yakni tidak mau menghadapi antrian yang lumayan banyak sehingga waktu terbuang sia-sia. Nah, di luar negeri, kondisi ini justru dimanfaatkan mereka untuk menciptakan inovasi bisnis baru.

Pelaku bisnis membuka dan menawarkan jasa cuci motor dan mobil panggilan yang dapat dihubungi kapanpun. Anda hanya perlu menghubungi dari manapun dan setelah itu petugas akan datang dan mencuci kendaraan milik Anda. Di negara Indonesia, layanan jasa sangat diminati konsumen. Itu berarti inovasi bisnis satu ini akan cocok dijadikan peluang usaha baru yang bisa memberi keuntungan fantastis.

3.       Jasa Mempelajari Teknologi

Jenis bisnis berikut ini memperlihatkan bahwa sesuatu hal sederhana dapat menjadi sebuah inovasi usaha yang dapat menghadirkan keuntungan. Usaha tersebut tergolong bisnis layanan dan target pasarnya adalah orang lanjut usia atau orang-orang yang belum memahami sepenuhnya perkembangan teknologi masa kini.

Modal yang Anda butuhkan hanya beberapa perangkat elektronik yang dapat terkoneksi oleh internet, contohnya laptop, smartphone, internet, sosial media, serta cara paling efektif untuk mengajari orang-orang tersebut. Modal selanjutnya yaitu waktu serta kesabaran ekstra, Anda harus telaten jika ingin menjalankan inovasi bisnis tersebut.

4.       Jasa Teman Curhat

Tak dapat kita pungkiri bahwa kebutuhan agar dapat didengar begitu diperlukan sekarang ini. Mempunyai teman yang dapat menampung keluh kesah dari seluruh permasalah yang ada tentu akan sangat memuaskan. Akan tetapi, seorang sahabat atau teman juga hanya manusia biasa dimana ia memiliki waktu serta kesabaran terbatas. Karena tidak seluruh teman selalu dapat hadir ketika Anda sedang merasa sedih sebab orang-orang pasti mempunyai kesibukan dan urusannya masing-masing.

Kemudian, ide kreatif tercipta di tengah permasalahan tersebut. DI luar negeri, tersedia jasa teman curhat, dan ide satu ini dapat diterapkan di Indonesia sebagai salah satu inovasi bisnis paling unik. Anda dapat membuka bisnis jasa teman curhat dan menjadi seorang pendengar yang memiliki kesabaran serta mampu memberi masukan atau saran atas berbagai permasalahan yang dimiliki para klien Anda.

5.       Bisnis Pengisian Bahan Bakar yang Berjalan

Terakhir untuk contoh inovasi bisnis yang mungkin bisa diterapkan di Indonesia yakni usaha mendirikan sebuah pom bensin atau pengisian bahan bakar yang berjalan. Di Amerika Serikat, bisnis tersebut sudah menjadi salah satu jenis usaha yang sangat menjanjikan. Ketika ada sebuah kendaraan yang kehabisan bahan bakar, maka si pemilik kendaraan bisa langsung menghubungi penyedia jasa tersebut lewat website atau via telepon untuk mengharapkan bantuan. Nantinya sebuah truk kecil yang membawa bahan bakar akan segera datang dan mengisi tangki bensin kendaraan  tersebut.

Di negara Indonesia memang sudah banyak sekali penjual bahan bakar eceran yang biasanya ditemukan di pinggir jalan. Akan tetapi, tidak semua bensin eceran dapat ditemukan 24 jam. Maka dari itu, inovasi bisnis satu ini bisa dikatakan mempunyai potensi yang lumayan besar khususnya di Indonesia, apalagi jumlah kendaraan yang ada di tanah air begitu tinggi dan kemacetan yang sering terjadi di kota besar.

You may also like