Home Bisnis Contoh Hewan Ternak Serta Manfaatnya Bagi Kehidupan

Contoh Hewan Ternak Serta Manfaatnya Bagi Kehidupan

by Mas Abadi
ternak sapi bagi pemula

Ternak merupakan sebuah tindakan yang memang sengaja guna mendapatkan tujuan, yakni untuk konsumsi, industri, bahan baku dan membantu aktivitas manusia. Karena itu ada banyak sekali hewan yang bisa diternakkan dan dimanfaatkan daging, tenaga, telur dan masih banyak lagi.

Contoh hewan yang bisa diternak

Berikut di bawah ini adalah contoh dari jenis binatang ternak yang sering ditemui pada kehidupan masyarakat, yaitu :

1. Kambing

Hewan yang satu in termasuk yang paling banyak dijadikan sebagai hewan ternak oleh masyarakat Indonesia terutama di pedesaan. Karena memang karena bisa dimanfaatkan daging serta kulitnya.

Harga kambing relatif lebih murah dibandingkan domba atau sapi. Selain itu dalam hal reproduksi, hewan ini juga cepat dan mudah perawatannya. Belum lagi, kambing bisa melahirkan hingga 4 ekor.

Kemudian, banyak orang yang percaya bila daging kambing bisa menambah darah untuk penderita darah rendah. Selain daging untuk dijadikan olahan makanan, hal lain yang bisa dimanfaatkan dari kambing adalah susu juga kulitnya.

2. Sapi

Sama seperti kambing, sapi juga memiliki manfaat tersendiri bagi manusia. Seperti dagingnya yang bisa diolah menjadi banyak jenis makanan, seperti rendang, sosis, bakso dan lain-lain. Bahkan kaldu sapi kemasan yang sering Anda gunakan ketika memasak , juga diambil dari dagingnya.

Kemudian untuk kulitnya, biasanya dijadikan sebagai bahan baku untuk jaket, sepatu, tas, dompet, jok motor/mobil, hingga bedug. Selanjutnya ada susu dengan segala olahannya, misalnya keju, yogurt, mentega dan sebagainya.

Untuk tenaganya sendiri, seperti yang Anda ketahui. Tenaga sapi biasa digunakan untuk menarik alat pembajak sawah, menarik gerobak barang. Harga hewan ini memang tinggi dan tentunya membutuhkan perawatan yang baik hingga bisa beranak pinak.

3. Ayam

Anda pasti sudah biasa dan sering melihat hewan yang satu ini, karena memang banyak sekali yang suka memelihara ayam dengan tujuan yang berbeda-beda. Ada yang memeliharanya karena dijadikan sebagai hewan ternak dan dimanfaatkan daging juga telurnya.

Ada juga yang sekedar menjadikannya hewan peliharaan untuk disayang. Karena memang ayam sendiri memiliki banyak jenis dan bagus-bagus. Biasanya untuk ayam ternak, para peternak akan mengambil telur, daging serta bulunya.

Untuk bulu sendiri biasanya sudah ada orang yang memang mengumpulkan dan nantinya akan dijadikan sebagai salah satu alat dari cabang olahraga bulutangkis, apalagi jika bukan shuttlecock. Selain itu bisa juga dijadikan sebagai bahan baku kerajinan tangan lainnya, misalnya kipas tangan.

4. Burung Puyuh

Bagian dari burung puyuh yang paling sering Anda jumpai sudah pasti telurnya. Namun, ada juga yang menjual daging dari unggas kecil ini. Dalam satu minggu puyuh bisa bertelur sebanyak 6 sampai 7 butir. Nah, Anda bisa memilih ingin menetaskannya atau langsung menjualnya.

Walau memiliki ukuran yang kecil, namun burung puyuh ternyata tidak bisa terbang. Kelebihan dari burung ini adalah larinya yang cepat dan mudah untuk dibudidayakan. Bila di alam liar, Anda bisa menemukannya di sekitar sawah, semak belukar dan hutan.

5. Ikan Lele

Siapa yang tidak suka ikan lele? Dagingnya yang gurih dan enak ini nyatanya banyak sekali peminatnya. Harga bibit lele sangatlah terjangkau bila memang Anda ingin mulai menernak ikan ini.

Lele tidak perlu dirawat dengan ekstra, pemberian pakan sendiri juga mudah karena lele akan memakan apapun. Selain itu daya tahan ikan ini terbilang kuat dalam segala kondisi. Untuk kolamnya, Anda bisa menggunakan kolam terpal atau drum, bahkan belakan juga ada yang menggunakan ember plastik.

Anda hanya harus memastikan bila dalam satu kolam tersebut, ukurannya sama. Karena bila ada yang berukuran lebih kecil, dikhawatirkan akan dijadikan makanan oleh yang lain. Karena lele memang memiliki sifat kanibal. Kemudian, saat pemberian makan juga jangan sampai telat.

Manfaat yang bisa didapatkan dari hewan ternak

Binatang yang diklasifikasikan sebagai ternak, maka tentu dapat menghasilkan sesuatu yang bisa dimanfaatkan dan berguna bagi manusia untuk memenuhi kebutuhan harian, seperti :

  1. Sebagai sumber bahan pangan, seperti dikonsumsi daging, telur, susu serta madu (bila Anda beternak serangga lebah).
  2. Sebagai sumber bahan sandang, seperti diambil kulit dan bulunya guna dijadikan sebagai benang wol, sepatu, jaket kulit atau ulat sutera yang di ternak agar peternak memperoleh benang sutra sebagai kebutuhan sandang.
  3. Sebagai sumber tenaga, contohnya seperti kerbau yang digunakan tenaganya untuk membajak pesawahan, menarik gerobak atau kuda untuk menarik delman.
  4. Dimanfaatkan sebagai dijadikan alat pendukung dalam kehidupan, contohnya saja bulu ayam yang dijadikan shuttlecock atau kulit kerbau, sapi, kambing atau kelinci digunakan sebagai alat musik tradisional, contohnya kendang.

Demikianlah contoh hewan ternak yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia dan manfaatnya bagi manusia.

You may also like