Home Tips Contoh Daftar Riwayat Hidup yang Baik dan Benar

Contoh Daftar Riwayat Hidup yang Baik dan Benar

by Mas Abadi
contoh daftar riwayat hidup

Ketika Anda ingin melamar pekerjaan, daftar riwayat hidup atau sering disebut curriculum vitae sangatlah penting. Di mana adanya CV ini akan memudahkan perusahaan untuk mengetahui latar belakang diri Anda. Tapi, ternyata dalam penulisan CV ini masih banyak yang melakukan kesalahan, maka daripada itu Anda harus mengetahui contoh daftar riwayat hidup yang baik dan benar. 

Komponen Daftar Riwayat Hidup 

Sebelum masuk ke dalam contoh CV ini, maka ada baiknya Anda mengetahui komponen apa saja yang ada dalam daftar riwayat hidup. Hal ini sendiri sangatlah penting, karena perusahaan bisa mengetahui lebih jauh tentang diri Anda. Berikut ini adalah komponennya: 

  1. Data diri 

Komponen pertama yang harus ada dalam CV adalah data diri, di mana bagian ini sendiri sangatlah penting. Pertama yang perlu dituliskan adalah nama, alamat, nomor telepon, tanggal lahir dan data dasar lainnya. Jika memiliki akun social media pun dapat dituliskan. Sebisa mungkin data ini sesuai dengan kartu identitas diri, sehingga perusahaan yakin bahwa Anda tidak berbohong. 

  1. Pendidikan 

Komponen selanjutnya yang perlu Anda tuliskan dalam curriculum vitae ini adalah tentang pendidikan yang sudah dijalani. Dari sekolah dasar hingga pendidikan terakhir baik itu SMA ataupun jenjang yang lebih tinggi. Anda juga harus mencantumkan masa pendidikan semisalnya masuk tahun berapa hingga lulus tahun berapa pada setiap jenjangnya. Sedangkan bagi Anda yang sekolah pada jurusan tertentu baik itu SMA maupun kuliah, ada baiknya juga menuliskan jurusan yang dipilih. 

  1. Pekerjaan 

Untuk bagian ini adalah pengalaman kerja yang pernah dilalui, di mana bagi Anda yang masih baru pertama kali bekerja tidak perlu menuliskan tentang pengalaman kerja. Bagi Anda yang sudah memiliki pengalaman kerja, maka harus ditulis bekerja di perusahaan apa dengan jabatan atau posisi yang dipegang pada perusahaan tersebut. Jangan lupa juga memberikan keterangan tahun mulai bekerja hingga meninggalkan perusahaan terakhir. 

  1. Pas foto 

Komponen yang harus ada pada CV ini adalah pas foto yang berwarna. Di mana pas foto ini sendiri diletakan pada bagian atas kanan dokumen CV. Sebisa mungkin foto yang diberikan adalah yang paling baru.

  1. Tanda tangan 

Dalam CV juga harus Anda tanda tangani, dimana pemberian tanda tangan ini untuk menegaskan bahwa curriculum vitae yang dibuat secara jujur dan tidak ada kebohongan. Bagian ini sangatlah penting, jadi jangan sampai Anda melupakannya. 

Dengan memperhatikan komponen yang ada tersebut, maka Anda sudah bisa membuat CV yang baik dan benar. 

Contoh Daftar Riwayat Hidup 

ilustrasi contoh daftar riwayat hidup

Setelah mengetahui komponen yang ada, maka Anda bisa melihat contoh dari CV. Di bawah ini sendiri adalah contoh dari sebuah CV yang baik dan benar: 

Curriculum Vitae 

Nama : Bejo Suparno 

Jenis Kelamin : Laki-laki 

Tempat, tanggal lahir : Semarang, 23 Juni 1990

Alamat : Jalan Ginting No. 14, Semarang, Jawa Tengah 

Nomor Telepon : 088888338283

Email : Bejosuparno@email.com 

Pendidikan

  • SDN 01 Semarang 1996-2002
  • SMP 01 Semarang 2002-2005
  • SMA 02 Semarang 2005-2008 
  • Universitas Negeri Dipenogoro Prodi Ekonomi 2008-2012 

Pengalaman kerja

  • Staff Accounting PT. Raisin 2013-2015 
  • Head Accounting Finance PT. Manufacture 2015-2020 

Keahlian dan Minat

  • Aplikasi Microsoft office, khususnya excel 
  • Mampu berkomunikasi dengan baik 
  • Menguasai program administrasi 

Demikianlah curriculum vitae ini dibuat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih. 

Hormat saya, 

Bejo Suparno

itulah contoh dari CV yang baik dan benar dimana sebenarnya ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk membuat tampilan CV akan lebih menarik lagi. 

Tips Membuat Daftar Riwayat Hidup yang Menarik

Banyak sekali para pelamar kerja yang membuat CV ini dengan cara yang salah, padahal sangat penting sekali memberikan sebuah CV yang menarik dan enak dilihat. Berikut ini adalah tips agar bisa membuat CV yang menarik: 

  1. Jangan buat CV yang berlembar-lembar 

Pertama-tama yang perlu diperhatikan adalah jangan membuat curriculum vitae yang lebih dari satu lembar. Mengapa demikian? Karena sudah jelas perusahaan tidak akan melihat semuanya. Maka daripada itu, Anda harus membuat sesingkat mungkin sehingga CV tidak terlalu panjang. Manfaatkan juga kolom yang tersedia, agar seluruh informasi dapat masuk dengan benar. 

  1. Tata letak sangatlah penting 

Hal selanjutnya yang juga selalu dilupakan adalah dari tata letaknya. Tata letak ini adalah seperti format layout yang dibuat, di mana ini seringkali diremehkan. Buatlah CV dengan menggunakan layout rapi seperti rata kanan dan kiri lalu menggunakan font yang biasa digunakan. Jangan memilih font yang sulit dibaca. 

Dua hal tersebut adalah tips yang harus Anda perhatikan, di mana ada baiknya mengikuti format contoh daftar riwayat hidup yang sudah diberikan. Jika ingin berimprovisasi ada baiknya jangan terlalu berlebihan dan yang terpenting adalah perusahaan dapat dengan jelas membaca segala informasi yang tercantum.

You may also like