Home Tips Contoh Bisnis Plan Sederhana dan Tips Membuatnya

Contoh Bisnis Plan Sederhana dan Tips Membuatnya

by Mas Abadi
contoh bisnis plan

Bisnis Plan adalah sebuah perencanaan yang berisi tentang rangkuman tujuan bisnis, lalu bagaimana cara untuk bisa mencapai tujuanyang diinginkan serta prosedur operasional yang akan dijalankan. Jadi, ketika anda ingin membuja sebuah bisnis, maka membuat bisnis plan sangatlah membantu. Adapun contoh bisnis plan sederhana yang bisa dijadikan acuan. 

Tips Membuat Bisnis Plan 

Namun, sebelum membuat secara terperinci bisnis plan ini, ada baiknya Anda mengetahui tips membuatnya. Hal ini sendiri akan sangat membantu Anda agar bisa menyusun proposal bisnis yang baik. berikut ini adalah tipsnya: 

  • Harus memahami bisnis yang akan dijalankan 

Hal terpenting dalam menyusun bisnis plan adalah Anda harus memahami bisnis yang akan dijalankan. Seperti bisnis dalam bidang, jenis bisnis tersebut hingga kelemahan dan kekurangan dari bisnis yang Anda jalani. Tentu saja ini sangatlah penting agar Anda bisa mengambil langkah tepat agar bisnis bisa berkembang. 

  • Visi serta misi 

Dalam membuat sebuah bisnis plan, Anda harus mencantumkan visi dan misi dari bisnis yang dijalankan. Untuk visi sendiri adalah tujuan jangka panjang, sedangkan misi adalah tujuan jangka pendek dalam rangka mencapai visi. Pembuatan visi dan misi ini sendiri akan digunakan terus menerus atau tetap dan tidak akan diganti dikemudian hari. 

  • Rencana bisnis 

Tips selanjutnya adalah dengan membuat kerangka rencana bisnis secra singkat. Tidak perlu membuat rencana bisnis yang panjang, karena orang tidak akan membacanya. Buatlah perencanaan bisnis secara singkat dan mengutamakan poin-poin penting. Di mana yang paling utama adalah membuat orang memahami bisnis apa yang dijalankan. 

contoh bisnis plan

  • Teliti saat membuatnya 

Tips terakhiryang harus Anda perhatikan adalah dengan selalu teliti saat membuat bisnis plan ini. Anda harus dapat membuat perhitungan matang. Hal ini sangatlah penting agar tidak terjadi masalah ketika bisnis sedang berjalan. Ketelitian tidak hanya saat Anda melakukan perhitungan, tapi juga harus melihat perencanaan yang dibuat sudah tepat atau belum. 

Dari tips di atas, maka Anda bisa melihat bahwa dalam membuat bisnis plan memang mudah tapi harus tetap teliti dan perlu melakukan penelitian dalam segala hal. 

Contoh Bisnis Plan Sederhana 

Setelah mengetahui apa saja tips dalam pembuatan bisnis plan, maka selanjutnya Anda harus mengetahui contoh dari perencanaan bisnis ini. Berikut ini adalah contoh dari bisnis plan: 

Latar Belakang 

Makanan sangatlah penting bagi kehidupan, di mana makanan sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu makanan berat serta makanan ringan. Untuk makanan berat sendiri adalah seperti nasi dan lauk pauk, sedangkan untuk makanan ringan adalah makanan yang bisa dinikmati kapan saja disela waktu antara makanan berat. 

Makanan ringan banyak sekali jenisnya salah satunya adalah yang gurih dan pedas seperti macaroni goreng pedas. Makanan ringan yang satu ini sangatlah popular dikalangan anak muda dan mampu menjadi teman ketika sedang mengobrol atau mengerjakan tugas. 

Macaroni pedas dower sendiri adalah produk yang sangat cocok untuk dijadikan makanan ringan karena rasanya yang pedas dan dikemas dalam bentuk yang sederhana dan lucu. 

Struktur Organisasi 

Nama bisnis: macaroni pedas 

Bidang bisnis: makanan ringan

nama produk: macaroni pedas dower 

alamat: Jalan Ginting No. 89

Visi dan Misi 

Visi: menjadikan snack macaroni pedas dower sebagai salah satu snack yang dikenal secara nasional 

Misi: mendaftarkan macaroni pedas dower ke BPOM dan mendapatkan sertifikat halal agar bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas. 

Tujuan

  • Untuk mendapatkan keuntuangan 
  • Menciptakan macaroni pedas dengen beberapa level dan harga terjangkau 
  • Target penjualan bisa tercapai

Keunggulan produk 

  • Berkualitas karena semua dibuat dengan sendiri sehingga kebersihan terjamin 
  • Mudah dibawa karena kemasan didesian apik dan sederhana 
  • Ada tingkatan pedas yang bisa dipilih oleh masyarakat 

Analisis Pasar

Analisis pasar dilakukan untuk bisa menjual produk sesuai dengan target yang dicapai. Berikut ini adalah analiasi pasar yang lebih jauh tentang produk ini

Kekuatan produk 

  • Harga terjangkau 
  • Siapa saja dapat menikmati produk ini 
  • Bahan berkualitas karena pembuatan dilakukan sendiri

Kelemahan produk 

  • Banyak produk yang sama dengan macaroni pedas dower 
  • tidak seluruh masyarakat menyukai pedas 
  • kurangnya varian rasa yang tersedia

Peluang Bisnis 

Peluangnya sendiri sangatlah luas untuk kalangan anak muda dengan harga yang terjangkau. 

Harga jual 

Harga jual dari macaroni pedas dower ini sendiri adalah 10.000 rupiah untuk kemasan seberat 350 gram. 

Promosi yang akan dilakukan 

Bentuk promosi yang dilakukan adalah dengan cara online dari marketplace, e-commerce dan media social. Sedangkan untuk offline akan mengikuti pameran UMKM atau festival makanan. Di mana produk juga akan dijual di kantin kampus ataupun sekolah. 

Detail produksi 

Macaroni pedas dower diproduksi dengan bahan-bahan: 

  • macaroni
  • bubuk cabai 
  • garam 
  • minyak goreng 
  • timbangan 
  • plastic

Cara membuat: 

Panaskan minyak secukupnya, masukan macaroni dan goreng hingga mengembang. Jika sudah matang tiriskan. Kemudian taburi garam secukupnya lalu bubuk cabai sesuai dengan level yang diinginkan. Timbang hingga 350 gram lalu masukan ke dalam plastic.

Keuntungan 

Modal seluruhnya yang diperlukan adalah 150.000 rupiah. Dengan keuntungan bersih sekitar 72.000 rupiah untuk 1,5 kilogram macaroni. 

Penutup 

Produk macaroni pedas dower sendiri diharapkan dapat menjadi sebuah snack yang dikenal secara luas oleh masyarakat. 

Demikianlah contoh bisnis plan yang bisa dijadikan acuan. Untuk bagian keuntungan sendiri, sangat disarankan agar Anda menulisnya dengan sangat detail dari biaya modal, biaya penjualan, promosi dan lain sebagainya.

You may also like