Home Tabungan Cari Tahu Keuntungan dan Biaya pada ATM Link dalam Ulasan Berikut Ini

Cari Tahu Keuntungan dan Biaya pada ATM Link dalam Ulasan Berikut Ini

by Mas Abadi
biaya ATM bank Himbara

Bank Himbara merupakan himpunan dari bank negara atau BUMN, yakni BRI, BNI, BTN dan Bank Mandiri. Keempatnya telah mempunya nasabah dengan jumlah banyak serta memiliki segmentasi masing-masing. Mungkin Anda juga termasuk salah satu pengguna layanan salah satu Bank Himbara.

Apa Itu Bank Himbara

Bank Himbara juga dikenal sebagai bank BUMN, mengapa? Karena memang sahamnya sebagian besar adalah milik negara. Misalnya, pada BRI yang 56% kepemilikan sahamnya dipegang oleh pemerintah, begitu pula dengan BNI, BTN dan Bank Mandiri dimana 60% sahamnya milik negara yang saat ini berada di bawah Kementerian BUMN.

Kementerian BUMN sejak 2015 lalu telah memberikan gagasan untuk melakukan kerja sama secara sektoral dan bertujuan agar lebih efisien juga memberikan keuntungan pada nasabah. Selain itu, hal ini tentu akan menjadi sebuah manfaat baik tidak hanya untuk perbankan namun juga konsumen. Dengan bersinerginya keempat bank ini merupakan suatu langkah agar dapat bersaing di dunia perbankan.

Keuntungan Menggunakan ATM Link Himbara

Sebagai salah satu dari bentuk kerja sama antara keempat bank tersebut maka diresmikan lah ATM Himbara atau dikenal pula dengan nama ATM link atau Merah Putih. Tentunya dengan hadirnya ATM tersebut akan memberikan banyak keuntungan untuk Anda sebagai nasabah ketika melakukan transaksi.

Keuntungan yang didapatkan oleh nasabah pengguna Bank Himbara yang akan melakukan transaksi menggunakan ATM Link, yakni :

  1. Tidak dikenakan biaya ketika melakukan Cash Withdrawal atau tarik tunai  di semua ATM Link.
  2. Tidak dikenakan biaya ketika Balance Inquiry atau cek saldo di semua ATM Link.
  3. Biaya transfer sesama Bank Himbara lebih murah apabila dibandingkan dengan ATM lain, yakni hanya Rp 4.000
  4. Dengan mesin ATM yang berjumlah 53 ribu unit dan tersebar di seluruh pelosok Indoneia, tentunya sangat mudah bagi nasabah untuk menemukannya.

Fitur yang Dimiliki Oleh ATM Link Himbara

Apa saja fitur pada ATM Link Himbara yang dapat digunakan atau dinikmati oleh nasabah :

  1. Tarik tunai (cash withdrawal)
  2. Cek saldo (balance inquiry)
  3. Melakukan pengiriman uang antar bank
  4. Melakukan pembayaran tagihan
  5. Top up atau isi ulang e-wallet, Brizzi, Blink dan Tapcash

Untuk pengisian uang elektronik yang tersedia hanya untuk ATM Link Bank Himbara sesuai dengan diterbitkan dari masing-masing bank. 

Biaya Transaksi ATM Link Himbara

Walau sempat menjadi kontroversi, karena rencana membebankan biaya pada nasabahnya yang awalnya gratis. Tarifnya sekitar Rp 2.500 untuk cek saldo dan Rp 5.000 penarikan tunai.  Dikenakannya beban biaya tersebut ditujukan untuk mendukung keberlanjutan bisnis dan mendorong GNNT (Gerakan Nasional Non Tunai), dengan tujuan agar masyarakat mau melakukan transaksi secara cashless. Namun, rencana ini masih ditunda.

Berikut di bawah ini adalah biaya transaksi yang dikenakan bagi nasabah Bank Himbara :

  1. Bila Anda melakukan cek saldo pada ATM Link Himbara, Anda tidak akan dikenakan biaya. Namun, bila menggunakan ATM Non Link, biayanya Rp 4.000,-
  2. Untuk penarikan dana di ATM Link Himbara adalah gratis. Namun, bila menggunakan ATM Non Link, biayanya Rp 7.500,-
  3. Untuk biaya transfer sesama Himbara melalui ATM Link adalah sebesar Rp. 4.000,- sedangkan menggunakan ATM Non Link Rp 6.500,-
  4. untuk biaya transfer antar bank (non Himbara) sebesar Rp 6.500 melalui ATM Link dan ATM Non Link.

Perbedaan Antara ATM Link dan ATM Bersama

Perlu diketahui bila ATM Link berbeda dengan ATM Bersama. Untuk ATM Bersama tentunya Anda sudah sering kali mendengarnya, ATM ini adalah sebuah program switching antar jaringan ATM yang telah ada sejak 1990 lalu.

Artajasa merupakan bagian utama dari ATM Bersama yang gunanya untuk menghubungkan antara perbankan (non bank) ke dalam jaringan ATM yang memiliki logo ATM Bersama. Sementara itu principal switching dari ATM Link milik Bank Himbara bekerja sama antara Himbara dan PT Telekomunikasi Indonesia.

Kerja sama tersebut melahirkan sebuah perusahaan atau badan usaha yang bernama PT Jalin Pembayaran Nusantara. Bila ATM Bersama sudah memiliki anggota sebanyak 90 yang berasal dari bank dan juga non bank. ATM Link hanya beranggotakan empat bank yang dikelola oleh pemerintah, yaitu Bank Mandiri, BTN, BNI dan BRI.

ATM Bersama telah terkoneksi pula dengan jaringan dari prinsipal switching yang berlokasi di luar negeri, yakni Al Rajhi berasal dari Arab Saudi  dan Paynet milik Malaysia.

Demikianlah informasi mengenai ATM Link Himbara mengenai keuntungan bagi nasabah, biaya transaksi, fitur yang tersedia, serta perbedaan antara ATM Link dan Bersama yang ternyata masih sering dipertanyakan oleh banyak orang.

Intinya, untuk biaya seperti cek saldo atau tarik tunai hingga saat ini masih belum diberlakukan oleh Kementerian BUMN terkait pro dan kontra dari banyak pihak, termasuk nasabah yang merasa keberatan apabila hal tersebut diresmikan.

You may also like