Home Perencanaan Cara Proses Perubahan BPJS Kesehatan Perusahaan ke Mandiri

Cara Proses Perubahan BPJS Kesehatan Perusahaan ke Mandiri

by Mas Abadi
BPJS

Untuk Anda yang ingin mengaktifkan status BPJS dari perusahaan ke mandiri dilakukan oleh karyawan yang sedang tidak bekerja atau pindah tempat kerja. Jika Anda sudah pindah atau berhenti bekerja pada perusahaan, maka status pembayaran akan dihentikan oleh pihak perusahaan, sehingga harus benar-benar bisa Anda pahami secara menyeluruh. 

Apabila tidak Anda urus dan pahami, maka status BPJS yang Anda miliki akan mendapatkan status nonaktif dan tidak bisa digunakan jika ada beberapa permasalahan. Untuk itu, jika Anda sedang tidak bekerja dalam perusahaan yang lama dan statusnya pindah atau berhenti bekerja, langsung saja untuk segera mungkin membuat statusnya kembali menjadi aktif lagi. 

Bagaimana Proses Pindah BPJS Perusahaan ke Mandiri? 

1. Metode Online Mobile JKN 

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk proses pengajuan tersebut bisa Anda lakukan menggunakan aplikasi mobile JKN. Dalam tahapan ini, prosesnya tinggal menggunakan aplikasinya saja, pastikan Anda donwload terlebih dahulu aplikasi apabila belum mempunyai dan lakukan login dahulu untuk memasukkan nomor BPJS dan KTP. 

Untuk proses perubahannya sendiri dari perusahaan ke mandiri, ada beberapa tahapan atau langkah yang bisa Anda lakukan, prosesnya pun sangat mudah untuk dilakukan. Langsung saja masuk ke login, pilih segmen peserta, dan mengikuti beberapa proses hingga semuanya telah selesai melalui aplikasi mobile JKN tersebut. 

2. Metode Online PANDAWA

Tidak hanya melalui aplikasi JKN saja, BPJS juga memberikan beberapa aplikasi inovasi lainnya yang bisa Anda pilih untuk proses perpindahan dari perusahaan ke mandiri. Proses ini termasuk baru dan tahapannya melakukan proses tersebut menggunakan layanan dengan Whatsapp (WA) Pandawa yang jauh lebih mudah untuk melalui beberapa tahapan yang ada. 

Melalui kanal yang dibuat oleh pihak BPJS tersebut adalah untuk memberikan layanan administrasi yang biasa terjadi pada beberapa kantor cabang yang ada. Untuk melakukannya melalui Pandawa tersebut ada beberapa bagian yang harus Anda lihat. Berikut ini beberapa tahapan yang bisa Anda lihat, simak yuk penjelasannya. 

  • Akses Layanan CHIKA 

Pada tahap ini Anda akan diminta untuk melakukan chatting ke nomor 08118750400 untuk status perubahan tersebut. 

  • Menunggu Respon

Selang beberapa menit sesuai dengan layanan yang ada, maka CHIKA akan langsung merespon dari beberapa layanan yang dilakukan. 

  • Pilih Jenis Layanan 

Setelah Anda mendapatkan balasan dari CHIKA, maka langkah berikutnya Anda harus memilih jenis layanan yang ingin Anda gunakan dan pastikan pilih satu jenis layanan saja. 

  • Memilih Domisili dan Kantor Cabang 

Apabila sudah mengikuti beberapa proses yang ada, maka langkah berikutnya Anda tinggal melakukan proses memilih kantor cabang yang sesuai dengan domisili Anda berada sekarang. 

  • Formulir Laporan 

Tahapan selanjutnya Anda tinggal mengisi formulir yang diberikan oleh CHIKA dan mendapatkan nomor WA dari kantor cabang kota atau wilayah dari tempat Anda tinggal tersebut. 

  • Melengkapi Formulir 

Semuanya harus Anda isi secara lengkap dan apabila sudah selesai, langsung saja mengirimkan kembali ke nomor Whatsapp yang dikirimkan oleh CHIKA tersebut. 

  • Mengikuti Langkah Berikutnya 

Jika semuanya telah dilakukan, maka tahapan berikutnya tinggal langsung mengikuti beberapa langkah yang bisa Anda ikuti dari nomor PANDAWA tersebut sampai selesai. 

3. Metode Offline 

Apabila Anda tidak ingin menggunakan aplikasi online untuk proses mengaktifkan BPJS dari perusahaan ke mandiri dapat dengan melakukan dengan metode offline. Tahapan yang bisa Anda lakukan dengan langsung datang ke kantor cabang BPJS kesehatan yang terdekat dari wilayah tempat Anda tinggal tersebut. 

Pastikan Anda datang pagi hari saja untuk menunggu prosesnya secara keseluruhan, sehingga bisa selesai pada hari itu saja. Tidak lupa untuk membawa beberapa dokumen yang telah ditentukan untuk proses pengurusan tersebut. Langsung ambil antrian dan mengikuti beberapa tahapan untuk cara pengaktifannya tersebut dari BPJS perusahaan ke mandiri. 

Syarat-Syarat Pengajuan BPJS Perusahaan ke Mandiri

Ada beberapa syarat-syarat yang harus Anda lakukan dari proses pengajuan BPJS perusahaan ke mandiri tersebut. Berikut ini beberapa syarat yang harus Anda penuhi dan bawa ketika sedang melakukan proses pengurusan, simak ulasannya. 

  • KTP atau Kartu Tanda Penduduk
  • KK atau Kartu Keluarga
  • Formulir Pindah Kepesertaan
  • Buku Tabungan Bank
  • Formulir Persetujuan Auto Debit
  • Surat Keterang Pindah Kerja atau Mengundurkan Diri

Jika semua proses atau persyaratan yang Anda sudah terpenuhi secara menyeluruh, maka tinggal memilih proses perubahannya saja, bisa dilakukan secara online dan offline. Pilihannya tergantung dalam diri Anda untuk memilih yang sesuai dengan ketentuan yang diinginkan. Pastikan Anda mencari yang paling mudah dan cepat dalam melakukan prosesnya tersebut. 

 

Nah, itulah beberapa proses atau tahapan ketika hendak melakukan pindah BPJS perusahaan ke mandiri dengan mudah untuk dilakukan. Jangan sampai Anda tidak mengaktifkan BPJS, karena ketika ada permasalahan dalam kesehatan Anda tidak bisa menggunakannya dan harus mengurusnya dari awal secara menyeluruh.

 

You may also like