Home Pinjaman Cara Pinjam Uang di Lazada, Pinjol Milik Kredit Pintar yang Telah Resmi OJK

Cara Pinjam Uang di Lazada, Pinjol Milik Kredit Pintar yang Telah Resmi OJK

by admin
Syarat Daftar KUR BRI 2023 dan Tabel Angsuran Pinjaman Rp 100 Juta 2023 (PIXABAY/IqbalStock)

EduFinansial – Dikenal sebagai salah satu platform layanan belanja online, Lazada Indonesia juga telah merilis layanan pinjaman online alias pinjol dengan nama LazBon Lazada. LazBon sendiri merupakan produk digital bagi konsumen atau pengguna Lazada yang memenuhi syarat untuk mengajukan pinjaman tunai.

Dewasa ini, produk kredit digital memang digilai oleh masyarakat. Salah satunya yaitu pinjaman-pinjaman online atau yang kerap disebut dengan pinjol. Kemudahan syarat yang diajukan dan cepatnya pencairan dana menjadi dua dari sekian kelebihan produk pinjol. Kendati demikian, dengan dibutuhkannya layanan pinjol yang umumnya muncul dalam bentu platform juga sering digunakan oleh tidak bertanggung jawab. Karena itu, kejelian serta kehati-hatian konsumen wajib diperhatikan.

Apakah LazBon Lazada telah resmi terdaftar di OJK?

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai badan independen merupakan pengawas lingkup keuangan yang berlaku di Indonesia, salah satunya yaitu fintech atau financial technology yang mencakup di dalamnya adalah para pemberi jasa pinjaman online alias pinjol. LazBon Lazada menjadi salah satu fintech pinjol yang dikenal di Indonesia. Terutama mengenai keterlibatan mereka memberikan jasa kredit digital melalui aplikasi Lazada.

Dilansir melalui aplikasi Lazada, LazBon sendiri merupakan jasa kredit berbasis digital yang berada di bawah PT Kredit Pintar Indonesia. Melalui laman OJK dalam pembaruan per tanggal 9 Maret 2023 diketahui bahwa PT Kredit Pintar Indonesia telah terdaftar dalam daftar “Penyelenggara Fintech Lending Berizin di OJK per 9 Maret 2023.”

Tepatnya, PT Kredit Pintar Indonesia telah terdaftar sebagai penyedia layanan pinjaman online dengan Surat Tanda Berizin/Terdaftar KEP-83/D.05/2019 dengan jenis usaha konvensional yang ditetapkan pada 30 September 2019. Artinya, LazBon Lazada yang berada dalam perwakilan PT Kredit Pintar Indonesia juga telah berada di bawah aturan resmi OJK.

Bagaimana cara mengajukan kredit melalui pinjaman online LazBon Lazada?

Tidak hanya disebut sebagai pinjol atau pinjaman online, LazBon Lazada juga termasuk dalam fintech lending atau peer-to-peer lending. Dalam pengertiannya fintech lending sendiri merupakan penyelenggaraan layanan jasa keuangan untuk mempertemukan pemberi pinjaman/lender dengan penerima pinjaman/borrower dalam rangka melakukan perjanjian pinjam meminjam dalam mata uang rupiah secara langsung melalui sistem elektronik. Artinya, para peminjam alias konsumen dapat mengajukan pinjaman kredit melalui layanan online dalam hal ini adalah aplikasi Lazada.

Berikut ini adalah cara mengajukan kredit melalui pinjaman online LazBon Lazada:

  1. Halaman Lazada Wallet (Akun Saya -> Bagian Lazada Wallet -> LazBon -> Aktifkan)
  2. Klik “Ajukan LazBon” untuk melihat pop up syarat ketentuan dan geser/gulir ke bawah sebelum melakukan pendaftaran
  3. Isi formulir KYC dengan cara: masukkan nomor telepon yang kamu gunakan. Nomor telepon akan muncul secara otomatis apabila sebelumnya telah didaftarkan > klik “Ubah” untuk mengubah nomor telepon kemudian tunggu kode verifikasi melalui SMS. Apabila sudah diterima, masukkan kode verifikasi setelah itu klik “Konfirmasi”.
  4. Ikuti panduan untuk melakukan scan foto bagian paling depan KTP untuk memverifikasi identitas dan melindungi akun Lazada kamu. Kemudian, ambil gambar ID (KTP) yang jelas.
  5. Selanjutnya, ambil foto selfie kamu
  6. Isi data informasi KTP, Alamat tempat tinggal dan informasi pekerjaan kemudian klik “Selanjutnya”
  7. Isi informasi data rekening kamu yang sesuai. Kamu bisa mengisi lebih dari 1 data rekening (maksimal 10) dengan cara klik “Tambahkan Rekening Bank Baru“. Mohon pastikan rekening bank yang dicantumkan valid, aktif dan atas nama kamu pribadi.
  8. Setelah itu mohon tunggu pemberitahuan dan pembaruan status dari Sedang ditinjau menjadi disetujui. Hasil berdasarkan pada proses verifikasi dari perusahaan pemberi pinjaman.
  9. Apabila limit kreditmu disetujui, kamu akan mendapatkan notifiasi terkait pembaruan status pengajuan LazBon-mu.

Adakah biaya yang dibebankan kepada konsumen LazBon Lazada?

Dalam proses pinjam meminjam melalui layanan pinjaman online LazBon Lazada, terdapat beberapa biaya yang dibebankan kepada konsumen. Berikut adalah rincian biaya yang dibebankan kepada konsumen LazBon Lazada:

  1. Biaya provisi akan dikenakan pada saat pencairan, tarif yang dikenakan saat ini adalah 5% (jenis biaya yang dibebankan oleh pemberi pinjaman)
  2. Biaya Bunga dan biaya admin dibebankan setiap bulan, kamu dapat melihat angsuran setiap bulan. Akan ada pokok, biaya bunga dan biaya admin. Tarif bulanan keseluruhan (flat), yang mencakup suku bunga dan tarif biaya admin, berkisar antara 1% -6%. Untuk tenor 3/6/9/12 akan dikenakan biaya bunga dan biaya admin yang akan dihitung berdasarkan tenor angsuran yang akan kamu pilih pada saat konfirmasi pesanan.
  3. Biaya Bunga = Angsuran Pokok x Tingkat Bunga Biaya Admin = Angsuran Pokok x Tarif Biaya Admin
  4. Biaya PPN adalah 11% dari total biaya admin dan dibagikan secara merata di setiap siklus penagihan
  5. Biaya Keterlambatan : Kamu akan dikenakan biaya keterlambatan apabila ada tagihan yang belum dibayarkan setelah tanggal jatuh tempo tagihan bulanan. Harap dicatat bahwa kami tidak memiliki mekanisme masa tenggang, mohon pastikan kamu membayar tagihan selambat-lambatnya pada tanggal jatuh tempo yang telah diinformasikan.
  6.  Bunga tunggakan per angsuran = tagihan pokok yang belum dibayar * 5% (diakumulasi per bulan)***

You may also like