Home Tips Cara Perpanjang Paspor Beserta Biaya yang Harus Dikeluarkan

Cara Perpanjang Paspor Beserta Biaya yang Harus Dikeluarkan

by Greg Pascal
Cara perpanjang Paspor

Cara perpanjang Paspor beserta biaya yang harus dikeluarkan – Paspor menjadi perangkat penting bagi yang hendak atau sering berpergian, identitas ini wajib punya bagi siapa saja yang akan pergi keluarga negeri, baik itu untuk urusan bisnis maupun liburan.

Paspor memiliki masa berlaku, jika telah habis masanya maka harus diperpanjang. Syarat perpanjang Paspor cukup mudah, permohonannya bisa memanfaatkan akses layanan online. Tapi tetap saja untuk urusan verifikasi data, wawancara dan sesi foto harus datang ke kantor Imigrasi.

Perpanjang Paspor melalui layanan online sangat membantu bagi anda yang punya kesibukan, prosesnya mudah dan dapat dilakukan dimana saja. Ada baiknya perpanjang paspor dilakukan sebelum masa aktifnya berakhir, atau 6 bulan sebelum masa aktif habis bisa diperpanjang.

Adapun cara perpanjang Paspor melalui online dengan mengakses aplikasi layanan Paspor online, atau bisa melalui offline dengan datang langsung ke kantor Imigrasi, beserta berapa biaya yang harus dikeluarkan pemohon dalam memperpanjang masa aktif paspor. 

Cara Perpanjang Paspor

Perpanjang paspor bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu offline dan online. Untuk cara offline, anda bisa datang ke kantor Imigrasi dengan membawa berkas dokumen gabg diperlukan, kemudian mengisi formulir yang disediakan oleh pihak Imigrasi.

Sementara untuk cara online, anda bisa mengakses aplikasi Layanan Paspor Online yang disediakan oleh pihak Imigrasi sebagai regulator penyedia layanan paspor. Adapun proses perpanjangan Paspor online adalah sebagai berikut.

  1. Download dan Install aplikasi Layanan Paspor Online, layanan ini dirilis oleh Jenderal Imigrasi Kemenkumham RI.
  2. Membuat Akun dan Mengisi formulir, dengan menyiapkan  KTP, Kartu Keluarga (KK), Akta Lahir atau Ijazah, dan paspor lama. Isi form dengan benar sesuai data identias anda.
  3. Pilih kantor Imigrasi, sebaiknya pilih yang terdekat.
  4. Pilih Jumlah Pemohon dan Waktu Kedatangan.
  5. Simpan bukti pendaftaran brrupa QR Code.
  6. Datang ke kantor imigrasi sesuai dengan yang dijadwalkan.
  7. Tunjukan bukti pendaftaran QR Code kepada petugas.
  8. Kemudian tunggu hingga dipanggil untuk sesi foto dan wawancara.
  9. Setelah itu melakukan pembayaran, dan paspor baru tinggal diambil oleh pemohon.

Meskipun pendaftaran perpanjang Paspor bisa dilakukan secara online melalui aplikasi Layanan Paspor Online, tetapi untuk proses wawancara dan foto hingga transaksi pembayaran dilakukan di kantor Imigrasi sesuai dengan jadwal yang ditentukan dalam aplikasi online tersebut.

Cara perpanjang Paspor

Baca Artikel Selanjutnya :

Biaya Perpanjang Paspor

Adapun biaya yang harus dikeluarkan untuk perpanjang paspor tergantung dari jenis paspor dan banyaknya halaman, terdiri dari paspor biasa dan paspor elektronik (e-paspor). Biaya tersebut harus dikeluarkan agar bisa digunakan untuk keperluan mengajukan pinjaman atau ingin pergi ke luar negeri. Untuk lebih detailnya simak uraian berikut ini.

1. Biaya paspor biasa

Paspor biasa biayanya berdasarkan jumlah halaman yaitu

  • Biaya paspor biasa 24 halaman tarifnya Rp 100.000
  • Biaya paspor biasa 24 halaman pengganti yang hilang, tapi masih berlaku masa aktifnya Rp 200.000
  • Biaya paspor biasa 24 halaman pengganti yang rusak dan masih berlaku tarifnya Rp 100.000
  • Biaya paspor biasa 24 halaman pengganti yang hilang atau rusak akibat bencana alam, akan tetapi masih berlaku tarifnya Rp 100.000
  • Biaya paspor biasa 48 halaman tarifnya Rp 300.000
  • Biaya paspor biasa 48 halaman pengganti yang hilang, tapi masih berlaku masa aktifnya Rp 600.000
  • Biaya paspor biasa 48 halaman pengganti yang rusak dan masih berlaku tarifnya Rp 300.000
  • Biaya paspor biasa 48 halaman pengganti yang hilang atau rusak akibat bencana alam, akan tetapi masih berlaku tarifnya Rp 300.000

2. Biaya e-paspor

Biaya e-paspor berdasarkan jumlah halamannya yaitu

  • Biaya e-paspor 24 halaman tarifnya Rp 350.000
  • Biaya e-aspor 24 halaman pengganti yang hilang, tapi masih berlaku masa aktifnya Rp 800.000
  • Biaya e-paspor 24 halaman pengganti yang rusak dan masih berlaku tarifnya Rp 350.000
  • Biaya e-paspor 24 halaman pengganti yang hilang atau rusak akibat bencana alam, akan tetapi masih berlaku tarifnya Rp 350.000
  • Biaya e-paspor 48 halaman tarifnya Rp 600.000
  • Biaya e-paspor 48 halaman pengganti yang hilang, tapi masih berlaku masa aktifnya Rp 1.200.000
  • Biaya e-paspor 48 halaman pengganti yang hilang atau rusak akibat bencana alam, akan tetapi masih berlaku tarifnya Rp 600.000
  • Biaya khusus penerbitan e-paspor, berupa biaya jasa penggunaan teknologi sistem penerbitan paspor berbasis biometrik tarifnya Rp 55.000

Itulah biaya perpanjang paspor yang bisa dijadikan referensi, ada baiknya perpanjang paspor dilakukan sebelum masa aktifnya habis. Biaya yang dikenakan berdasarkan jumlah halaman paspor, serta bentuk jenis paspornya berupa paspor biasa atau e-paspor.

Setelah mengetahui biaya perpanjang paspor, anda tidak perlu ragu lagi untuk memperpanjang paspor sebelum masa aktifnya habis. Tidak perlu menunggu sampai paspor habis, kemudian anda melakukan perpanjangan masa aktif.

Cara perpanjang paspor bisa dilakukan dengan mudah menggunakan teknologi digital berupa layanan paspor online, anda bisa mengaksesnya melalui smartphone, sehingga dalam proses aktivasi perpanjangan paspor bisa dilakukan kapan saja selama masih aktif. Tapi untuk proses validasi maupun foto dan wawancara tetap harus datang ke kantor Imigrasi.

You may also like