Home Perencanaan Cara Mudah Menyisihkan Gaji untuk Orang Tua

Cara Mudah Menyisihkan Gaji untuk Orang Tua

by Mas Abadi

Memberikan uang kepada orang tua merupakan salah satu budaya yang kerap kali kita jumpai di negeri ini. Hal tersebut dianggap menjadi sebuah tindakan balas budi sebab orang tua sudah mendidik dan membesarkan sampai dewasa. 

Biasanya memberikan uang kepada orang tua dilakukan ketika telah bekerja. Bukan hanya pada hari-hari besar seperti Idul Fitri saja, memberi untuk orang tua juga terkadang dilakukan seseorang setiap bulan ketika gajian. Selain itu, menafkahi orang tua juga bisa menjadi pintu rezeki untuk Anda. 

Percayakah, jika dengan menyimpan sebagian gaji Anda untuk diberikan ke orang tua bisa mempermudah semua urusan Anda? Beberapa orang menganggap memberi uang kepada orang tua merupakan keharusan. Tetapi, tidak sedikit juga yang berpikiran untuk memberi bila ada sisa saja. 

Terlebih lagi untuk “generasi sandwich”, mengapa disebut generasi sandwich? Sebab generasi ini dapat dikatakan menjadi kaum terhimpit. Dengan penghasilan pas-pasan tetapi harus bisa bertahan hidup di ibu kota. Pastinya dengan banyak pengeluaran yang tidak sedikit. 

Lalu, bagaimana cara menyisihkan gaji untuk diberikan kepada orang tua? Yuk, cari tahu cara nya di bawah ini! 

Cara Mengelola Gaji Pas-pasan 

Banyak orang yang masih risau dan bingung. Apakah dengan penghasilan pas-pasan masih bisa menabung? Tentu saja bisa! Ini hanyalah masalah pengelolaan saja. Apabila menabung harus menunggu hingga mempunyai gaji yang besar, maka banyak orang yang tidak menabung. 

Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan cara berikut ini agar bisa menyisihkan gaji untuk orang tua. 

  • Tentukan prioritas 

Skala prioritas menjadi salah satu kunci utama untuk mengelola penghasilan. Walaupun penghasilan yang Anda dapatkan besar, tetapi bila tidak dapat mengelola dengan benar, pastinya akan habis tak tersisa. Sebaliknya, sekecil apapun penghasilan yang Anda peroleh, bila dikelola dengan benar, maka akan cukup. 

  • Catat semua pengeluaran 

Catatan pengeluaran ini masih berhubungan dengan skala prioritas. Pada catatan pengeluaran, dapat Anda tulis apa saja yang masuk ke pengeluaran wajib, tidak dibutuhkan dan tidak wajib. Kebutuhan pokok seperti makan, transportasi, alat mandi masuk ke catatan pengeluaran wajib. 

Berikutnya, hiburan masuk ke catatan pengeluaran yang tidak wajib. Nominalnya bisa menyesuaikan. Dan untuk belanja yang tidak dibutuhkan dapat dihilangkan saja ketika kebutuhan Anda sedang banyak. 

Catatan pengeluaran ini berfungsi untuk mengetahui seberapa besar kebutuhan pokok yang tidak dapat ditunda. Dengan memiliki catatan ini Anda juga bisa mengendalikan pengeluaran yang tidak diperlukan. 

  • Sisihkan penghasilan untuk orang tua dan menabung 

Untuk Anda yang belum menikah, menyisihkan penghasilan untuk orang tua mungkin hal yang mudah. Berbeda dengan yang sudah menikah, memberikan uang kepada orang tua pastinya harus dibicarakan dengan pasangan. 

Satu hal yang sudah pasti, memberikan uang kepada orang tua tidak diwajibkan dengan jumlah yang sama setiap bulannya. Lalu, nafkah juga tidak harus berbentuk uang, Anda dapat memberikan sembako seperti beras, minyak dan bahan makanan lainnya. 

Lalu, Anda juga bisa menyisihkan Rp 20 ribu setiap harinya untuk ditabung. Walaupun sedikit tetapi jika dilakukan secara rutin, jumlahnya pasti akan bertambah banyak. Jika sudah terkumpul dalam jumlah yang banyak, maka Anda bisa menggunakan uang tersebut untuk membayar kebutuhan yang lainnya. 

Daftarkan Asuransi Kesehatan untuk Orang Tua 

Anda harus tahu jika kesehatan orang tua pun harus diperhatikan. Di umur yang tidak muda lagi, pastinya orang tua mempunyai kemungkinan untuk terserang penyakit lebih besar. Untuk menghindari hal buruk seperti tidak memiliki biaya ketika beliau sakit dan membutuhkan perawatan medis, maka harus ada asuransi kesehatan. 

Sekarang pemerintah sudah menyiapkan asuransi berbayar yang bisa digunakan oleh semua orang. Setiap orangnya pun bebas menentukan kelas. Masing-masing kelas mempunyai harga yang tidak sama. Hal tersebut dapat Anda sesuaikan dengan kemampuan. 

Asuransi penting sekali untuk orang tua atau Anda sendiri sebab bisa memberikan ketenangan. Seperti yang Anda ketahui jika biaya rumah sakit sekarang sangat mahal. Untuk itu, asuransi dapat dianggap menjadi tabungan yang Anda keluarkan ketika dibutuhkan. 

Hentikan Pemborosan! 

Jangan menggunakan kartu kredit sebab bisa memicu pemborosan. Kemudahan berbelanja memakai kartu kredit dan berbagai diskon yang diberikan menjadikan banyak orang tergiur untuk berbelanja barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. 

Dengan mengelola gaji yang benar, Anda tidak hanya dapat menabung untuk masa depan saja. Namun, juga bisa membagi sedikit kebahagiaan kepada orang tua. Ini tidak tentang jumlahnya, tetapi tentang kebahagiaan. Doa yang dari orang tua yang bahagia bisa mengubah keburukan menjadi kebahagiaan dan kemakmuran. Sebab restunya orang tua merupakan restu dari Tuhan. 

Demikianlah, beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk menyisihkan gaji untuk orang tua. Selagi Anda masih bisa memberikan sesuatu kepada orang tua, lakukanlah hal tersebut. Sebab kita tidak tahu orang tua akan hidup sampai berapa lama. Semoga ulasan ini bisa membantu Anda, ya!

You may also like